Comscore Tracker

5 Dampak Fisik yang Kamu Alami Jika Sering Menahan Gejolak Emosi 

Jadi banyak jerawat di wajah?

Manusia memang dibekali dengan kemampuan untuk merasakan emosi tertentu tergantung dengan situasi atau kondisi yang dialami. Emosi yang datang tersebut pastinya memerlukan penyaluran yang tepat dan jangan dipendam begitu saja. Memendam emosi sendirian untuk waktu yang lama akan berdampak pada kita secara fisik, lho.

Karena, bagaimanapun juga apa yang kita rasakan dan pikirkan akan memberi pengaruh pada diri kita. Orang sekitar pun lambat laun akan menyadari ada perubahan dalam fisik kita jika kita selalu menyimpan emosi yang ada seorang diri. Ini nih beberapa dampak negatif yang terlihat secara fisik tersebut.

1. Sering merasa sakit kepala

5 Dampak Fisik yang Kamu Alami Jika Sering Menahan Gejolak Emosi pexels/Andrea Piacquadio

Akibat menyimpan emosi, tentu kita jadi sering kepikiran perasaan negatif tersebut. Perlakuan orang yang gak menyenangkan atau kejadian yang membuat emosi itu secara otomatis akan terus berputar di benak kita. Alhasil, kita jadi sering merasa sakit kepala atau bahkan migrain. Hayo, kamu sering begini gak?

2. Gampang merasa lelah

5 Dampak Fisik yang Kamu Alami Jika Sering Menahan Gejolak Emosi pexels.com/John-Mark Smith

Menyimpan emosi negatif itu memerlukan energi yang gak sedikit lho. Tanpa kita sadari, kita telah membuang tenaga dengan sia-sia hanya untuk memendam sebuah rasa yang gak memberi manfaat apapun. Alhasil, saat melakukan aktivitas fisik meski hanya sedikit, kita jadi gampang merasa kelelahan. 

Baca Juga: Tak Selalu Baik, 6 Efek Samping Jika Kamu Sering Menahan Emosi Negatif

3. Susah fokus pada apa yang sedang dikerjakan

5 Dampak Fisik yang Kamu Alami Jika Sering Menahan Gejolak Emosi pexels/Gaby K

Kepikiran terus sama emosi yang bergejolak dalam dada, pastinya hidup kita gak akan tenang. Ada aja yang membuat kita kembali memikirkan perasaan itu meski sudah berusaha mengalihkan pikiran. Jadi, ketika harus fokus pada suatu pekerjaan, kita pun jadi mengalami kesulitan. 

4. Hormon yang gak seimbang

5 Dampak Fisik yang Kamu Alami Jika Sering Menahan Gejolak Emosi shefinds.com

Emosi tentu erat hubungannya dengan hormon yang diproduksi oleh tubuh kita. Jangan heran kalau tiba-tiba siklus menstruasimu jadi gak teratur, atau wajahmu jadi muncul jerawat ketika kamu memendam emosi negatif seorang diri. Gak mau kan kalau ujung-ujungnya jadi begini?

5. Susah mendapatkan tidur yang berkualitas

5 Dampak Fisik yang Kamu Alami Jika Sering Menahan Gejolak Emosi pexels/Pixabay

Orang yang senang memendam emosi juga gampang banget overthinking terutama saat malam hari menjelang tidur. Bonusnya, tentu aja jadi susah banget memejamkan mata dan bahkan ketika berhasil terlelap pun tidurnya gak berkualitas. Makanya, keesokan harinya dia terlihat kurang tidur dan gak bersemangat. Efek domino banget, kan?

Kalau memang kita sedang merasakan sebuah emosi yang negatif, ada baiknya untuk menyalurkan dengan cara yang tepat. Menceritakan perasaanmu pada orang terdekat juga bisa jadi salah satu solusinya, ya. Setelah tau dampaknya pada fisik, apa kamu masih mau menyimpan emosi sendirian?

Baca Juga: 5 Bahasa Tubuh Wanita yang Sedang Menahan Emosi

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya