Comscore Tracker

5 Dampak Negatif apabila Terlalu Sering Mengkritik Diri Sendiri

#IDNTimesLife Dirimu perlu disayang, bukan dikritik!

Pasti kita semua pernah berada di posisi dimana rasanya diri ini selalu melakukan kesalahan. Karena menyadari hal itu, kemudian tanpa pikir panjang kita bisa dengan semaunya memberi kritik dan menyalahkan diri sendiri tanpa akhir. Ujung-ujungnya, kita pun jadi down dan gak punya semangat. 

Makanya, meski bersalah, gak semestinya kita jadi orang yang senang mengkritik diri sendiri. Sesekali boleh, tapi cukup sebagai alat untuk memotivasi diri sendiri agar gak lagi mengulang kesalahan yang sama. Karena, ada beberapa dampak negatif nih yang akan kita rasakan jika terlalu sering mengkritik diri sendiri.

1. Takut mengambil risiko

5 Dampak Negatif apabila Terlalu Sering Mengkritik Diri Sendiripexels.com/William Fortunato

Akibat terlalu sering mengkritik apa yang kita lakukan dan keputusan diambil, kita bisa jadi pribadi yang takut mengambil risiko. Kita jadi enggan keluar dari zona nyaman dan mencoba berbagai tantangan baru. Alhasil, kita pun jadi sulit berkembang dan maju. Memangnya mau jadi orang yang begitu-begitu aja selamanya?

2. Selalu menyalahkan diri sendiri 

5 Dampak Negatif apabila Terlalu Sering Mengkritik Diri Sendiripexels.com/Andrea Piacquadio

Sudah pasti, ketika kita sering memberi kritik kasar dan pedas pada diri sendiri, apapun yang dilakukan jadi terlihat selalu salah. Padahal, beberapa kesalahan bisa membimbing kita untuk melakukan hal yang benar di masa depan. Kesalahan juga wajar banget kok terjadi karena kita bukanlah manusia sempurna. 

3. Takut menyatakan pendapat

5 Dampak Negatif apabila Terlalu Sering Mengkritik Diri Sendiripexels.com/@zhuhehuai

Orang yang senang mengkritik dan menjatuhkan dirinya sendiri akan gampang merasa insecure. Makanya, susah banget bagi mereka untuk bersuara dan menyatakan pendapat atau apa yang mereka rasakan. Dampaknya, mereka bisa jadi orang yang gampang dimanfaatkan dan selalu berada di belakang orang lain.

Baca Juga: 6 Cara Memberikan Kritikan dengan Santun agar Tak Melukai Perasaan

4. Selalu membandingkan diri dan merasa rendah

5 Dampak Negatif apabila Terlalu Sering Mengkritik Diri Sendiripexels.com/Andrea Piacquadio

Gak cuma itu aja, perasaan rendah diri juga akan semakin membesar dari waktu ke waktu jika kita terbiasa memberi kritik pada diri kita. Orang-orang di sekitar pun terasa terlalu hebat dan kita bukanlah siapa-siapa. Semakin hari, kita akan jadi orang yang kehilangan kepercayaan diri dan malah terpuruk. Gak mau kan kalau begini?

5. Takut meminta tolong

5 Dampak Negatif apabila Terlalu Sering Mengkritik Diri Sendiripexels. com/RODNAE Production

Parahnya, kebiasaan mengkritik diri sendiri bikin kita jadi orang yang lemah namun takut meminta pertolongan. Apa pun masalah yang dimiliki, jadi kita pendam seorang diri dan gak bisa kita utarakan pada siapa-siapa. Kalau sudah begini, kita juga kan yang merugi?

Mengkritik diri sendiri bisa jadi bumerang yang siap menyerang balik ketika kita terlalu berlebihan dalam melakukannya. Makanya, daripada mengkritik bukankah lebih baik kita memberi afirmasi positif setiap kali ada kesempatan? Sehingga, apa yang kita ucapkan itu bisa sekaligus jadi doa yang baik untuk diri sendiri juga. Setuju?

Baca Juga: 5 Cara Santai Menerima Kritikan dari Orang Lain, Gak Perlu Baper

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya