Comscore Tracker

5 Hal Negatif yang akan Kamu Dapatkan Jika Berdebat di Media Sosial

Debat online sama dengan debat kusir!

Media sosial di zaman sekarang sudah menjadi semacam hal wajib bagi semua orang. Entah untuk berkomunikasi, untuk mengupdate kegiatan terbaru, sebagai ajang promosi, atau bahkan sebagai tempat untuk berdebat dengan orang lain. Kenal gak kenal, tahu atau gak tahu, kita bisa dengan mudahnya terlibat perdebatan di media sosial.

Salah satunya tentu di kolom komentar pada sebuah unggahan. Ini adalah sebuah kebiasaan buruk yang sejatinya harus kita hentikan. Pasalnya, kita akan merasakan lima dampak negatif berikut, nih jika terus terbiasa berdebat via media sosial.

1. Waktumu bakal terbuang percuma

5 Hal Negatif yang akan Kamu Dapatkan Jika Berdebat di Media Sosialpexels/JESHOOTS

Pertama, tentunya adalah waktu yang bakal terbuang percuma. Tanpa terasa, kamu bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya dengan berdebat di media sosial. Padahal, belum tentu apa yang diperdebatkan itu adalah sesuatu yang bermanfaat dan menghasilkan sesuatu. Malahan, perdebatan di media sosial itu lebih sering berisi tentang hal-hal yang gak jelas juntrungannya.

2. Kamu akan menyimpan energi negatif seorang diri

5 Hal Negatif yang akan Kamu Dapatkan Jika Berdebat di Media Sosialunsplash/Mike Von

Karena gak bertemu langsung dan mendengar nada bicara dari lawan debat secara langsung, kita bisa salah mengartikan maksudnya dan jadi kesal sendiri. Rasa benci dan emosi ini menimbulkan energi negatif yang susah hilang. Ujung-ujungnya, kita jadi orang yang susah sekali menebar energi positif.

Baca Juga: Pahami dan Hargai, 5 Alasan Orang Gak Suka Berdebat

3. Kamu juga menimbulkan perpecahan dan permusuhan yang sebenarnya bisa dihindari

5 Hal Negatif yang akan Kamu Dapatkan Jika Berdebat di Media Sosialunsplash/rawpixel

Dari perdebatan di media sosial, pasti deh akan berujung pada pihak yang saling gak sependapat. Alhasil, hal ini menimbulkan perpecahan dan permusuhan yang bisa banget berujung hingga ke dunia nyata. Padahal, tentunya ini bisa dihindari dengan benar-benar mau saling memahami dan menoleransi cara pandang orang lain terhadap suatu masalah.

4. Tanpa sadar, kamu tengah menambah daftar orang yang gak menyukaimu

5 Hal Negatif yang akan Kamu Dapatkan Jika Berdebat di Media Sosialunsplash/Charlz Gutiérrez De Piñeres

Semakin kita sering berdebat dengan orang lain di media sosial, semakin banyak juga lawan bicara yang kita hadapi, dong. Dari sini, mereka sangat mungkin untuk gak suka sama kamu. Jumlah orang yang gak menyukaimu pun semakin banyak. Lama-kelamaan kamu jumlah ini akan semakin menggunung dan gak bisa kamu atasi lagi, lho.

5. Gak menutup kemungkinan kamu akan menyesali tindakan tersebut suatu saat nanti

5 Hal Negatif yang akan Kamu Dapatkan Jika Berdebat di Media Sosialpexels/Ariel Paredes

Seperti yang kita tau, jejak digital itu susah banget dihilangkan. Sebuah perdebatan yang terasa sepele bisa membekas di hati orang lain dan dia abadikan dalam bentuk screenshoot. Hal ini bisa dia gunakan untuk membalasmu secara hukum, lho. Makanya, bukan gak mungkin kamu akan menyesali tindakan mu dalam berbedat di media sosial. Apalagi yang sifatnya sampai melanggar hukum. Hati-hati, guys!

Sebenarnya, berdebat di media sosial gak perlu kita lakukan apalagi sampai jadi kebiasaan. Sebaik apapun tujuanmu, berdebat jika hanya lewat teks singkat itu gak akan cukup menjelaskan maksudmu secara jelas. Setuju?

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Dilakukan agar Kamu Tak Mudah Kalah dalam Berdebat

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya