Comscore Tracker

5 Tanda Bahwa Kamu Sudah Lebih Dewasa dalam Menyikapi Berbagai Hal

Dewasa gak ada hubungannya sama usia!

Kamu pasti udah tau kan bahwa kedewasaan sama sekali gak berkaitan dengan berapa pun usiamu saat ini. Anak remaja berusia 17 tahun bisa aja lebih dewasa dibanding orang tua yang berumur 40 tahun. Dari mana sebenarnya sebuah kedewasaan ini bisa diukur?

Buat kalian yang ingin memperkirakan atau mengukur seberapa dewasa diri kalian, ada beberapa hal nih yang bisa kalian jadikan patokan. Karena, orang yang sudah lebih dewasa, pasti punya 5 hal berikut.

1. Kamu tau mana yang baik dan mana yang buruk

5 Tanda Bahwa Kamu Sudah Lebih Dewasa dalam Menyikapi Berbagai Halunsplash/Bench Accounting

Seseorang yang dewasa pastinya bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Semua kegiatan atau pekerjaan yang dia lakukan sudah melalui seleksi mengenai baik dan buruk ini. Orang dewasa gak akan melakukan hal yang buruk karena tau bahwa hal itu hanya akan mendatangkan keburukan kembali kepadanya suatu saat nanti.

2. Pengambilan keputusan sudah bukan hanya untuk diri sendiri

5 Tanda Bahwa Kamu Sudah Lebih Dewasa dalam Menyikapi Berbagai Halpexels/Retha Ferguson

Saat membuat keputusan, semua itu bukan lagi berdasarkan atas kepentingan diri sendiri. Ini adalah tanda bahwa kamu sudah cukup dewasa. Kamu mulai memikirkan orang-orang terdekatmu dan bahkan mengutamakan kebahagiaan mereka. Hati-hati, jangan sampai melupakan kepentingan pribadi juga, ya.

Baca Juga: 5 Sikap yang Menandakan Kalau Kamu Dewasa dalam Berpikir

3. Lebih mudah mengakui kesalahan jika memang bersalah

5 Tanda Bahwa Kamu Sudah Lebih Dewasa dalam Menyikapi Berbagai Halpexels/mentatdgt

Kamu juga bisa dibilang sudah dewasa secara pemikiran ketika gak takut lagi untuk mengakui kesalahan jika memang bersalah. Kamu akan bersedia mengakuinya dan menanggung risiko yang harus dihadapi. Semua itu bukan untuk mendapat pujian atau apa pun, namun karena kamu tau itulah yang baik bagimu.

4. Alih-alih menghindar, kamu justru memilih untuk menghadapi masalah

5 Tanda Bahwa Kamu Sudah Lebih Dewasa dalam Menyikapi Berbagai Halunsplash/Andrew Neel

Menghindari masalah juga bukan lagi sesuatu yang akan dilakukan orang yang dewasa. Ketika masalah datang, mereka mungkin akan pusing, panik, gelisah, namun mereka gak akan menghindar. Mereka tau  bahwa masalah adalah tempat untuk belajar pengalaman baru dan mereka akan menghadapinya.

5. Secara emosi kamu juga lebih stabil dan mampu mengendalikannya

5 Tanda Bahwa Kamu Sudah Lebih Dewasa dalam Menyikapi Berbagai Halpexels/Andrea Piacquadio

Orang yang dewasa gak lagi gampang meledak marah atau mendadak menangis histeris. Itu sih cuma dilakukan oleh mereka yang labil ya. Sementara, orang dewasa akan bisa mengenali sebuah emosi yang datang dalam dirinya dan mampu mengendalikannya dengan baik. Ini juga berkat pengenalan diri yang baik yang mereka lakukan selama ini.

Kedewasaan akan membuat kita lebih bisa mengatasi kehidupan yang berat ini. Semakin cepat kita belajar untuk dewasa, semakin banyak hikmah kehidupan yang bisa kita ambil juga lho. Seberapa dewasa dirimu saat ini?

Baca Juga: Kamu Jauh Lebih Dewasa saat Berani Meninggalkan 7 Kebiasaan Ini

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya