Comscore Tracker

Duh, Ini Kerugian yang Akan Dialami Jika Lakukan Sesuatu dengan Emosi

Akan berujung penyesalan, lho

Sebagai manusia, sangat normal jika kita merasakan emosi. Tapi, alangkah baiknya jika kita gak menuruti keinginan kita saat emosi sedang meledak-ledak. Emosi marah yang tidak dapat dikendalikan akan menghasilkan sesuatu yang bersifat buruk.

Pasalnya, saat marah, kita gak bisa berpikir dengan jernih dan cenderung untuk berbuat sesuatu yang sifatnya merusak. Makanya guys, jangan turuti nafsu setan yang ada dalam diri ketika sedang marah sebab beberapa dampak negatif berikut akan kamu rasakan nantinya.

1. Menyesali hasil perbuatan kita

Duh, Ini Kerugian yang Akan Dialami Jika Lakukan Sesuatu dengan Emosiunsplash/Samridhhi Sondhi

Gak ada yang bisa disalahkan selain diri sendiri saat kita sudah melakukan sesuatu disertai emosi. Ujung-ujungnya kita hanya akan bisa menyesali semuanya dan berharap bisa mengulang kembali waktu.

Jika kamu gak ingin hidup dalam penyesalan, cobalah untuk menahan diri mengikuti apapun yang otakmu perintahkan saat amarahmu sedang memuncak.

2. Akan ada kerusakan yang terjadi

Duh, Ini Kerugian yang Akan Dialami Jika Lakukan Sesuatu dengan Emosipexels/Snapwire

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, emosi yang kamu rasakan hanya akan mengarahkanmu untuk berbuat kerusakan, baik itu bersifat kecil maupun besar. Karena amarah memang salah satu emosi buruk yang gak seharusnya kita turuti.

Baca Juga: Mudah Kepancing Emosi, 6 Zodiak Ini Dikenal Paling Sensitif Abis

3. Merugikan diri sendiri dan orang lain

Duh, Ini Kerugian yang Akan Dialami Jika Lakukan Sesuatu dengan Emosiunsplash/Warren Wong

Ketika melakukan sesuatu dengan penuh emosi, dampak negatif yang paling jelas adalah kerugian. Gak cuma buat diri sendiri, kamu juga kemungkinan akan merugikan orang lain. Bahkan, bisa jadi kamu melukai orang lain lho. Duh, serem kan?

4. Bahkan bisa berimbas pada orang-orang yang tidak bersalah

Duh, Ini Kerugian yang Akan Dialami Jika Lakukan Sesuatu dengan Emosiunsplash/'Ricardo Mancia

Lebih parah lagi jika efek dari perilaku penuh emosi kita malah berimbas pada orang yang gak bersalah. Jika sudah begini, bukan gak mungkin kalau kamu juga akan berurusan dengan hukum kan. Emosi memang bikin kita gak bisa berpikir jernih.

5. Bukan mustahil kamu mendapat cap sebagai orang yang emosian

Duh, Ini Kerugian yang Akan Dialami Jika Lakukan Sesuatu dengan Emosipexels.com/Pixabay

Masyarakat kita terbiasa memberi cap kepada seseorang meski dia hanya baru sekali melakukan hal itu. Apalagi jika hal itu adalah sesuatu yang negatif. Termasuk masalah emosi ini. Jika kamu pernah satu kali bertindak berdasarkan emosi, maka bisa jadi cap sebagai "orang yang emosian" akan melekat di dirimu selamanya.Kamu gak pengin kan dianggap begini?

Memiliki kendali atas emosi diri sangat wajib untuk dilakukan guys. Oleh karena itu, yuk cerdaskan emosimu!

Baca Juga: 5 Emosi Negatif yang Harus Dihindari Agar Hidup Lebih Bahagia

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You