Comscore Tracker

5 Faktor Internal yang Bikin Perubahan Suasana Hati secara Tiba-tiba

Jangan biarkan emosi mengendalikanmu!

Siapa yang sampai saat ini suka bingung sama diri sendiri? Di satu waktu kamu bisa tiba-tiba sangat senang dan bersemangat, namun gak berapa lama kemudian kamu jadi emosian dan galau banget. Sampai orang-orang sekitar yang berinteraksi sama kamu pun jadi heran.

Sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan perubahan mood semacam ini. Jika terus dibiarkan dan gak diatasi, bisa-bisa beberapa orang yang gak mau memahami dan mengerti dirimu malah memilih untuk menjauh, lho. Yuk, cari tau penyebab perubahan suasana hatimu dari lima poin berikut.

1. Ekspektasi yang gak sesuai kenyataan

5 Faktor Internal yang Bikin Perubahan Suasana Hati secara Tiba-tibailustrasi orang sedih (pexels.com/Pham Khoai)

Pertama, mungkin kamu sedang berekspektasi terhadap sesuatu. Hatimu awalnya begitu ceria dan gembira karena berharap terlalu tinggi pada sesuatu. Kemudian tiba-tiba kenyataan terpapar jelas di depanmu dan menghancurkan semua ekspektasi tersebut.

Tamparan keras dari ekspektasi yang ternyata gak sesuai kenyataan ini sangat berpotensi bikin mood langsung anjlok. Semua yang terlihat begitu membahagiakan awalnya, bisa jadi langsung bikin kamu sedih luar biasa. 

2. Hormon yang lagi gak stabil

5 Faktor Internal yang Bikin Perubahan Suasana Hati secara Tiba-tibailustrasi orang menangis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Gak terlihat secara kasat mata, nyatanya hormon bisa sangat mempengaruhi hati dan perasaan kita, lho. Hormon yang sedang gak stabil bisa membuat seseorang jadi gampang mood swing. Bukan karena faktor luar, bahkan ketika gak terjadi apa-apa pun, kita bisa langsung marah-marah tanpa alasan jelas.

Bahayanya, serangan hormon ini bisa sangat tiba-tiba dan tanpa peringatan. Kalau sudah begitu, kita langsung mood swing di waktu yang gak terduga dan bikin orang lain kebingungan dengan kondisi perasaan kita yang berubah tiba-tiba. 

3. Sedang overthinking tentang sesuatu

5 Faktor Internal yang Bikin Perubahan Suasana Hati secara Tiba-tibailustrasi wanita bahagia (pexels.com/Min An)

Ternyata memikirkan sesuatu sampai berlarut-larut itu punya banyak dampak buruk. Apalagi kalau sampai gak nyenyak tidur serta gak enak makan karena sangat berpengaruh pada mood kita. Overthinking semacam ini bisa membuat kita yang semula baik-baik aja, tiba-tiba merasa gelisah dan gampang emosi.

Diganggu sedikit aja, apalagi diungkit tentang hal yang sedang kita pikirkan sampai berlebihan, emosi kita bisa langsung meledak tanpa terkendali. Gak cuma orang lain, bahkan dirimu sendiri juga bisa kaget dengan respon berlebihan ini.

Baca Juga: 5 Hal yang Kamu Rasakan saat Punya Teman Sensitif, Lebih Berhati-hati!

4. Prasangka buruk soal suatu hal

5 Faktor Internal yang Bikin Perubahan Suasana Hati secara Tiba-tibailustrasi memegang gadget (pexels.com/Duong Nhan)

Suasana hati juga bisa berubah mendadak ketika kita berprasangka buruk tentang sesuatu atau pada seseorang. Misal, saat kita sedang santai dan rileks, lalu tiba-tiba ada orang mencurigakan yang mendekat, ini bisa mempengaruhi perubahan suasana hati.

Meski gak ada larangan untuk terus waspada, namun alangkah baiknya jika kita lebih bisa mengendalikan emosi. Sebuah kecurigaan pada sesuatu atau seseorang gak semestinya langsung membuat kita jadi orang yang menjengkelkan, lho.

5. Kamu sedang lapar

5 Faktor Internal yang Bikin Perubahan Suasana Hati secara Tiba-tibailustrasi wanita sedih (pexels.com/Philip Justin Mamelic)

Gak bisa dipungkiri, salah satu hal yang paling memberi pengaruh pada suasana hati kita adalah kondisi perut. Ketika lapar, siapapun bisa berubah jadi orang yang berbeda dalam sekejap. Gampang marah, emosi, merasa galau, sedih, dan berbagai emosi negatif lainnya jadi gampang menghampiri ketika perut sedang kosong.

Itulah kenapa kita perlu mengecek kondisi lapar atau gak perut kita sebelum mulai menyalahkan mood swing yang terjadi tiba-tiba. Sebab, saat kita kenyang, hati dan perasaan bisa langsung jadi bahagia, lho.

Suasana hati akan terlihat dari bagaimana kita berinteraksi dan memperlakukan orang lain di sekitar kita. Makanya saat suasana hati dalam kondisi buruk, ada baiknya kita menarik diri sejenak daripada menyakiti hati orang lain. Kalau perubahan mood terjadi, segera cek lima hal di atas, ya. Siap, guys?

Baca Juga: 5 Tips Atasi Suasana Hati yang Buruk, Agar Situasi Gak Semakin Kacau

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya