Comscore Tracker

5 Cara Sederhana Agar Gak Grogi Memulai Percakapan dengan Orang Baru

Kamu pun akan punya banyak kenalan

Membuka pembicaraan dengan orang baru sebenarnya akan memberikan manfaat kepada kita. Menambah kenalan, sudah tentu, selain itu kita juga jadi punya pengalaman baru dengan mendengarkan pengalaman orang lain.

Ada beberapa cara sederhana dan gak ribet agar memulai percakapan gak lagi menjadi momok yang menakutkan. Yuk dicoba langkah-langkah berikut.

1. Buang jauh-jauh perasaan gengsimu

5 Cara Sederhana Agar Gak Grogi Memulai Percakapan dengan Orang Baruunsplash/Andrea Tummons

Selama ini, disadari untuk gak, kamu yang malas membuka obrolan dengan orang lain sering kali adalah karena rasa gengsi yang cukup tinggi. Merasa kita lebih baik dibanding orang lain sehingga enggan untuk memulai percakapan.

Coba deh mulai sekarang buang jauh-jauh perasaan ini agar kamu bisa merasa lebih santai untuk bercakap-cakap dengan orang yang baru dikenal.

2. Kamu bisa mulai dengan menanyakan tentang diri orang tersebut

5 Cara Sederhana Agar Gak Grogi Memulai Percakapan dengan Orang Baruthisisaustralia.com

Alih-alih menceritakan tentang dirimu, mulailah percakapan dengan menanyakan diri orang tersebut. Semua orang punya cerita yang selalu layak untuk didengar. Jadi, jangan sungkan dan ragu untuk memulai bertanya tentang orang tersebut secara umum aja. Gak boleh langsung menanyakan hal yang bersifat pribadi ya. Yang ada kamu akan dicap gak sopan, lo.

3. Jadilah pendengar yang bijak

5 Cara Sederhana Agar Gak Grogi Memulai Percakapan dengan Orang Baruunsplash/Edvin Johansson

Pendengar yang bijak adalah mereka yang gak melakukan hal-hal yang akan menyinggung lawan bicaranya. Kita harus mampu menjadi pendengar yang menyimak dengan sepenuh hati agar siapa pun yang kita ajak bicara merasa nyaman. Jadi, gak ada lagi deh yang namanya grogi.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Kurang Baik Saat Ngobrol dengan Pasangan yang Harus Diubah

4. Hilangkan rasa takut bahwa kamu akan diacuhkan

5 Cara Sederhana Agar Gak Grogi Memulai Percakapan dengan Orang Baruunsplash/Christin Hume

Hal lain yang menyebabkan kita enggan membuka percakapan dengan orang baru adalah rasa takut bahwa kita akan diabaikan atau diacuhkan. Singkirkan jauh-jauh perasaan ini. Semua orang selalu bersedia untuk memulai percakapan kok. Yang penting, kamu harus santai dan gak bertele-tele ketika bercakap-cakap.

5. Jadilah dirimu sendiri dan biarkan percakapan mengalir

5 Cara Sederhana Agar Gak Grogi Memulai Percakapan dengan Orang Baruunsplash/CoWoman

Agar membuka obrolan gak membuat kamu nervous, jadilah dirimu sendiri dan gak perlu berpura-pura jadi orang lain. Gak usah pura-pura menjadi periang jika kamu aslinya pemalu. Atau, gak perlu sok asyik jika memang kamu belum bisa menemukan kecocokan dengan lawan bicaramu.

Jadilah dirimu yang apa adanya dan gak dibuat-buat, maka percakapan akan mengalir dengan sendirinya. Semua rasa grogi pun akan lenyap kalau kamu sudah bisa berinteraksi dengan baik dengan orang lain. 

Perlu diingat juga bahwa memang gak semua orang menyenangkan untuk diajak bicara. Jika kamu sudah merasakan gesture tubuhnya yang tidak nyaman dan ingin segera menghentikan percakapan, maka kamu perlu menyudahi obrolanmu.

Mulai sekarang jangan takut untuk memulai pembicaraan dengan orang baru ya, karena hal itu bisa jadi peluang untuk mendapatkan relasi, lho,

Baca Juga: 6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Orang Malas buat Ngobrol Sama Kamu

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya