Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini saat Gak Suka Unggahan Seseorang di Medsos

Hindari memberi hate comment!

Medsos memang sangat menjamur penggunaannya belakangan ini. Bisa dibilang, hampir semua orang punya akun medsosnya masing-masing. Selain sisi positif, seperti menjadikan kita lebih tau kabar keluarga dan kerabat yang berjauhan tempat tinggal, tentu ada pula sisi negatif dari medsos ini. 

Salah satunya adalah setiap orang punya kebebasan untuk mengunggah apa pun yang ingin mereka bagikan. Bahkan, hal-hal yang sifatnya gak pantas atau membuat kita gak senang melihatnya. Jika hal gak menyenangkan seperti ini terjadi, kamu bisa melakukan lima hal berikut, nih. 

1. Hindari memberikan komentar negatif yang memancing emosi

Lakukan 5 Hal Ini saat Gak Suka Unggahan Seseorang di Medsosilustrasi orang main gadget (Pexels.com/cottonbro)

Jangan sampai hanya karena kita gak menyukai unggahan seseorang, kita lalu merasa berhak dan wajar jika memberikan komentar yang gak enak dibaca. Apalagi jika komentar tersebut bisa memancing emosi yang bersangkutan. Hati-hati, urusan seperti ini bisa dianggap sebagai tindakan kriminal, lho. 

Terutama jika yang punya akun merasa kamu sudah melanggar batas dan menjatuhkan nama baik atau membuat dia merasa terhina. Jempolmu adalah sesuatu yang harus dijaga karena bisa menyakiti perasaan orang lain, lho. 

2. Jika memang orang tersebut mengunggah sesuatu yang salah, tegurlah lewat pesan pribadi

Lakukan 5 Hal Ini saat Gak Suka Unggahan Seseorang di Medsosilustrasi orang sedih (Pexels.com/cottonbro)

Tetap dengan menggunakan bahasa yang sopan, tegurlah orang tersebut lewat pesan pribadi jika memang ada yang salah dalam unggahannya. Gak perlu berekspektasi kalau kamu bakal digubris, juga. Soalnya itu bisa mendatangkan perasaan kecewa. 

Jika memang berniat memberi tahu, yang terpenting adalah kamu sudah melakukan tugasmu itu. Masalah apakah nanti dia akan menerima saranmu atau gak, itu gak perlu diambil pusing, ya. 

Baca Juga: 5 Solusi Cerdas Jawab Komentar Negatif Orang, Beri Ketegasan

3. Jika itu hanya sesuatu yang gak penting namun kamu gak suka, cukup skip aja

Lakukan 5 Hal Ini saat Gak Suka Unggahan Seseorang di Medsosilustrasi pasangan sibuk (Pexels.com/cottonbro)

Jika bukan sesuatu yang krusial dan kamu hanya gak suka, cukup lewati aja unggahan tersebut dan gak perlu kamu pikirkan secara berlebihan. Ada banyak orang yang mengunggah tanpa memikirkan perasaan orang lain. Mereka hanya sedang membagikan apa yang menurutnya membuat mereka lebih bahagia. 

Jadi, kamu juga gak perlu repot-repot menghabiskan waktu memikirkan ketidaksukaan mu pada hal tersebut. Anggaplah itu sebagai penambah warna dalam dunia media sosial mu. 

4. Sembunyikan post berikutnya jika memang itu mengganggumu secara pribadi

Lakukan 5 Hal Ini saat Gak Suka Unggahan Seseorang di Medsosilustrasi orang bersahabat (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Memang akan selalu ada orang yang mengunggah sesuatu yang gak sesuai dengan nilai yang kita anut. Atau mungkin unggahannya membuat kita merasa iri. Bisa jadi juga, apapun yang dia bagikan di medsos selalu membuat kita ingin bergosip.

Di berbagai media sosial, sudah ada pengaturan yang membuat kamu bisa menyembunyikan unggahan orang tertentu yang gak ingin kamu lihat. Kamu bisa menggunakan fitur ini jika memang merasa terganggu. Atau, kamu juga berhak berhenti mengikuti orang tersebut agar unggahannya gak lagi kamu lihat. 

5. Bijaklah dalam bermedia sosial

Lakukan 5 Hal Ini saat Gak Suka Unggahan Seseorang di Medsosilustrasi orang sedih (Pexels.com/Polina Tankilevitch)

Perlu banget untuk terus mengingat bahwa dalam bermedia sosial kita harus bijak dan sadar sepenuhnya. Anggaplah kita sedang berinteraksi secara langsung seperti di dunia nyata. Ini akan membuat kita gak terlalu blak-blakan memberi komentar negatif pada orang lain. 

Seperti halnya semua orang yang punya kebebasan dalam membagikan apapun di media sosialnya, kamu juga berhak memilah dan memilih mana yang ingin dilihat dan mana yang gak. 

Berbagai respons dari diri kita juga sering kali muncul setiap kali melihat unggahan orang lain. Ada rasa suka, senang, ikut bahagia, namun ada pula perasaan negatif, iri, gak setuju, dan lain sebagainya. Jika kamu gak senang dengan unggahan seseorang, di medsos, lakukan lima hal di atas demi kesehatan mentalmu, ya. Siap? 

Baca Juga: 5 Tips agar Tidak Kecanduan Medsos, Buat Batasan Waktu!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya