Comscore Tracker

Saat Menghadapi Perilaku Tak Menyenangkan, Lakukan 5 Hal Ini

Terserah orang bagaimana, yang penting caramu menyikapinya

Ketika menghadapi perilaku tidak menyenangkan, yang mungkin belum mengarah pada kekerasan fisik, tapi hanya berupa komentar negatif atau omongan pedas, kamu tidak bisa sepenuhnya mengharapkan orang tersebut sadar tentang perilakunya. Dalam hidup ini, ada banyak hal yang tidak bisa kita atur sesuka hati, termasuk cara orang memperlakukan kita. Saat berhadapan dengan orang yang rese dan terkesan menjengkelkan, salah satu hal yang bisa kita kendalikan adalah diri kita sendiri.

Semenjengkelkan apapun sikap orang lain terhadap kita, respon atau cara kita menanggapinya lah yang akan merubah pola pikir kita terhadap orang tersebut. Bagaimana respon yang bisa membuat kita menjadi orang yang gak mudah emosi menanggapi perilaku tidak menyenangkan orang lain? Ini nih beberapa di antaranya.

1. Selalu berpikir positif

Saat Menghadapi Perilaku Tak Menyenangkan, Lakukan 5 Hal Iniunsplash/Ethan Hoover

Semua berasal dari pikiran kita. Emosi apapun yang nantinya kita tunjukkan selalu berasal dari hati dan pikiran si empunya rasa. Sehingga, dengan selalu menanamkan pikiran positif, kita jadi mampu menunjukkan emosi atau respon yang positif pula. Misal, ketika ada yang rese bilang bahwa kita suka pamer, tanamkan dalam pikiranmu bahwa maksud orang tersebut adalah demi kebaikan kita juga.

Mungkin dia tidak tahu alasan di balik sifat kita yang dia bilang pamer, mungkin dia hanya tidak memandang dari sudut pandang yang berbeda, dan pikiran positif lainnya yang membuat kita lebih bisa menyikapinya dengan kedewasaan.

2. Tidak mengharapkan apa-apa dari orang lain

Saat Menghadapi Perilaku Tak Menyenangkan, Lakukan 5 Hal Iniunsplash/Ev BLNK

Berharap sesuatu kepada manusia pasti akan berakhir kecewa. Kenapa? Karena manusia adalah tempatnya salah dan khilaf. Misal, ketika kita disakiti secara lisan oleh seseorang, jangan pernah menaruh harapan bahwa orang tersebut akan menyadari kesalahannya dan meminta maaf. Dari harapan seperti inilah kita akan jadi semakin kecewa karena belum tentu orang tersebut akan melakukan sesuatu sesuai dengan yang kita harapkan, lho.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Menjauhi Diri dari Perilaku Buruk Selama Bulan Puasa

3. Memahami bahwa semua orang punya alasannya masing-masing dalam melakukan suatu hal

Saat Menghadapi Perilaku Tak Menyenangkan, Lakukan 5 Hal Iniunsplash/Eliott Reyna

Memahami konsep bahwa setiap individu memiliki alasan atasan sikapnya masing-masing adalah satu pemikiran yang juga harus kita tanamkan. Sehingga ketika seseorang bertindak menyebalkan kita tidak dengan mudah menghakiminya begitu saja. Kita akan lebih mampu memandang sesuatu dari sudut pandang yang berbeda.

4. Tidak pernah merasa selalu benar dan orang selalu salah

Saat Menghadapi Perilaku Tak Menyenangkan, Lakukan 5 Hal Iniunsplash/Amy Hirschi

Urusan kehidupan gak melulu berakhir pada siapa yang benar dan siapa yang salah. Bisa jadi semuanya benar hanya saja jika dilihat dari perspektif yang sedikit berbeda. Sikap menyebalkan orang lain mungkin memang menyakiti kita, tapi bukan berarti dia sepenuhnya salah. Mungkin saja sebelumnya ada kesalahan yang kita perbuat yang menjadikan dia semenyebalkan itu.

5. Menarik diri dari orang tersebut

Saat Menghadapi Perilaku Tak Menyenangkan, Lakukan 5 Hal Iniunsplash/Masjid Pogung Dalangan

Langkah paling akhir yang bisa diambil ketika sudah tidak bisa mentolerir sikap menyebalkan seseorang adalah menarik diri darinya. Orang seperti ini sudah termasuk toxic people yang gak akan membuat kita menjadi lebih baik dan justru akan menjadi sebaliknya. Jadi, daripada terus-terusan dimaklumi, sudah sewajarnya jika kita menghindar dan memilih untuk gak berurusan dengan orang tersebut.

Memang, akan selalu ada saja yang tidak mengenakkan dari sikap orang ke kita. Tapi, kitalah pengendali utama dari emosi dalam diri. Jangan sampai sikap menyebalkan orang lain membuat kita juga jadi sama menyebalkannya dengan orang tersebut. Setuju, gengs?

Baca Juga: 5 Perilaku yang Bikin Kamu Dinilai Sombong oleh Orang Lain

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, full time daughter..,, you can kindly email me: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You