Comscore Tracker

5 Hal Sepele yang Bikin Puasa Terasa Lebih Berat, Jangan Diteruskan!

#RamadanMasaKini Tetap semangat menuju hari kemenangan

Menahan diri dari makan dan minum selama lebih dari 12 jam memang pastilah cukup melelahkan. Tapi, kenapa ada orang yang seolah sangat berat menjalani puasa, dan adapula yang ketika puasa justru wajahnya tetap berseri-seri dan tidak kelihatan lelah atau lapar sama sekali? Kuncinya, tentu ada pada kebiasaan dan pola pikir kita guys.

Ini nih beberapa hal sepele yang bikin puasa kita terasa sangat berat. Mulai sekarang coba untuk dihentikan ya.

1. Terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur

5 Hal Sepele yang Bikin Puasa Terasa Lebih Berat, Jangan Diteruskan!unsplash/Kinga Cichewicz

Waktu istirahat adalah waktu yang sangat penting dan tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan hal ini saat bulan puasa. Ada sebagian yang justru malah selalu tidur sepanjang puasa dan mengira hal itu akan membuat dia tetap kuat menjalani puasa.

Padahal, kelebihan tidur justru akan membuat kita lebih lesu. Begitu pula jika kita kekurangan waktu tidur. Tidur harus tetap cukup biar kesehatan terjaga ya, gengs.

2. Terlalu fokus pada keadaan kamu yang sedang berpuasa

5 Hal Sepele yang Bikin Puasa Terasa Lebih Berat, Jangan Diteruskan!unsplash/Josefa nDiaz

Selalu mengingat kondisi diri yang sedang berpuasa dan kemudian menjadikannya beban hanya akan membuat kamu tambah lesu dan gak bersemangat, lho. Jalani aja harimu seperti biasa dengan perasaan riang gembira. Ketika kamu lupa bahwa kamu sedang puasa, maka gak terasa waktu berbuka pun sudah di depan mata.

Baca Juga: Kami Bisa Tebak Godaan Puasa Apa yang Sulit Kamu Tahan Lho, Cek Deh!

3. Melewatkan sahur

5 Hal Sepele yang Bikin Puasa Terasa Lebih Berat, Jangan Diteruskan!unsplash/Kipras streimikis

Ada cukup banyak orang yang melewatkan sahur dengan sengaja. Berbagai macam alasan dibuat untuk membenarkan sikapnya satu ini. Meskipun hanya sunnah, tapi sahur memiliki peran penting lho. Gak cuma soal fakta bahwa kamu sudah mengisi energi untuk mulai berpuasa esok harinya. Tapi juga dengan sahur, dalam mindset mu, tanpa disadari kamu akan merasa lebih kuat saat berpuasa.

4. Gak melakukan aktivitas apapun disaat puasa

5 Hal Sepele yang Bikin Puasa Terasa Lebih Berat, Jangan Diteruskan!unsplash/Claudio Pecci

Kebiasaan sepele lainnya yang membuat puasamu terasa semakin berat adalah kamu menjadikan puasa sebagai alasan untuk gak melakukan apa-apa. Duh, kalau dibiasakan begini, sepanjang bulan puasa kamu hanya akan tiduran dan bersantai ria. Tahu gak? Kebiasaan seperti ini justru membuat puasamu terasa lebih lama dibanding jika kamu beraktivitas, lho.

5. Makan dan minum berlebihan saat sahur dan berbuka

5 Hal Sepele yang Bikin Puasa Terasa Lebih Berat, Jangan Diteruskan!tripadvisor.ca

Apapun yang berlebihan memang gak ada manfaatnya sama sekali. Termasuk makan dan minum baik saat buka puasa, atau saat sahur. Badanmu akan terasa lebih berat untuk melakukan kegiatan dan aktivitas di siang harinya jika makan dan minum mu gak kamu perhitungkan dengan baik. Gak mau kan kalau habis Ramadan berat badanmu juga jadi lebaran?

Sepele banget tapi bisa bikin puasamu jadi goyah nih. Hentikan ya mulai sekarang.

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, full time daughter..,, you can kindly email me: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You