Comscore Tracker

5 Hal yang Bikin Seseorang Lebih Nyaman Jadi Pendengar saat Curhat

Suka mendengar daripada bicara!

Kamu pasti pernah kan berada dalam situasi dimana kamu sedang curhat sama temanmu? Tapi, pernah gak sih kamu tiba-tiba menyadari bahwa selama ini kamu lebih suka jadi pendengar ketimbang bicara banyak saat curhat? Jika iya, mungkin selama ini kamu gak terlalu ambil pusing dan memikirkan penyebabnya.

Tapi, kali ini IDN Times akan mengungkapkan sama kamu 5 alasan yang paling mungkin soal kenapa kamu lebih suka jadi pendengar dibanding jadi pembicara saat sedang curhat. Yuk cari tahu alasan yang paling cocok sama kamu yang mana.

1. Gak gampang percaya sama sembarang orang

5 Hal yang Bikin Seseorang Lebih Nyaman Jadi Pendengar saat Curhatunsplash.com/Priscilla Du Preez

Jika selama curhat kamu lebih suka mendengar, mungkin alasan pertama adalah kamu termasuk orang yang susah percaya sama sembarang orang. Kamu merasa gak nyaman jika harus menceritakan masalah hidupmu sama orang lain bahkan jika itu adalah sahabatmu sendiri. Penyebabnya bisa karena pengalaman buruk yang pernah kamu alami, atau bisa juga karena kamu punya kekhawatiran tersendiri.

2. Merasa insecure dan malu sama masalah yang kamu punya

5 Hal yang Bikin Seseorang Lebih Nyaman Jadi Pendengar saat Curhatunsplash.com/Cynthia Magana

Merasa insecure bahkan dengan masalah yang kamu alami, juga bisa jadi penyebab kenapa selama ini kamu lebih suka mendengarkan masalah orang lain. Kamu merasa apa yang kamu alami bukanlah sesuatu yang bisa dibanggakan atau dimintai pendapat pada orang lain. Ada perasaan malu yang membuatmu lebih suka memendam semuanya sendirian.

3. Menganggap masalah itu gak untuk diumbar

5 Hal yang Bikin Seseorang Lebih Nyaman Jadi Pendengar saat Curhatunsplash.com/Priscilla Du Preez

Jika kamu sudah berpikiran sangat dewasa, alasan satu ini mungkin penyebabnya. Bagimu, masalah yang menghampiri berarti kamu pasti sanggup mengatasinya bahkan tanpa harus menceritakannya pada siapapun. Makanya kamu menganggap masalah itu gak untuk dibahas atau diumbar kemana-mana.

Baca Juga: 10 Meme Adu Nasib Ini Kocak tapi Bikin Emosi, Batal Curhat Deh!

4. Gak suka merepotkan orang lain

5 Hal yang Bikin Seseorang Lebih Nyaman Jadi Pendengar saat Curhatunsplash.com/Jack Sharp

Saat curhat, kamu hanya jadi pendengar, mungkin juga karena kamu suka menolong orang lain dan gak suka merepotkan mereka. Menurut pendapatmu, berbagi masalah dengan orang lain sama aja kamu meminta mereka membantu menyelesaikan masalah tersebut dan itu hanya akan bikin mereka kerepotan. Ini yang membuat kamu lebih suka menjadi orang yang memecahkan masalah orang lain aja.

5. Kamu gak bisa merangkai kalimat dengan benar

5 Hal yang Bikin Seseorang Lebih Nyaman Jadi Pendengar saat Curhatpexels.com/fauxels

Alasan terakhir yang sebenarnya cukup banyak dimiliki orang-orang adalah karena kemampuan mengatur kalimat yang terbatas. Kamu yang punya alasan satu ini pasti deh merasa gak percaya diri jika harus menceritakan masalahmu secara runtut dan sesuai dengan apa yang sebenarnya ingin kamu ungkapkan. Hayo, ada yang begini juga?

Apa pun alasanmu, itu semua merupakan sesuatu yang wajar dan bisa diterima. Gak usah merasa aneh atau semakin minder hanya karena kamu lebih suka jadi pendengar. Justru, orang-orang seperti ini wajib mendapat apresiasi, lho. Setuju gak?

Baca Juga: Suka Curhat? Yuk Cek 5 Ciri Curhat yang Sehat Berikut!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya