Comscore Tracker

Merasa Terjebak Dalam Hidup, Lakukan 5 Hal Ini untuk Memperbaikinya

Kamulah yang justru membuat jebakan itu sendiri!

Beberapa orang yang beruntung, mungkin bisa merasakan kebebasan dalam segala hal di hidupnya. Bebas untuk memilih pekerjaan yang diinginkan, bebas untuk tinggal di mana pun tempat yang dia sukai, bebas dalam menentukan segala hal tanpa campur tangan orang lain. Sayangnya, gak semua orang merasakan kebebasan seperti ini.

Kamu mungkin salah satu di antara jutaan orang yang merasa masih terjebak dengan hidupmu sendiri dan seolah gak punya kebebasan. Jika iya, lima langkah berikut patut kamu coba agar hidupmu terasa lebih bebas.

1. Buka matamu lebih lebar dan lihat betapa lebarnya dunia ini

Merasa Terjebak Dalam Hidup, Lakukan 5 Hal Ini untuk Memperbaikinyaunsplash/Roberto Nickson

Seringkali, kita merasa diri ini terjebak dalam sangkar. Merasa begitu penat dengan keseharian yang begitu-begitu saja dan rasanya gak ada kebebasan apapun yang kita punya. Pertama-tama, kamu harus berhenti sejenak dari kegiatanmu, apapun itu.

Pandanglah langit dan rasakan betapa sebenarnya dunia ini begitu luas dan gak ada jebakan apapun yang menghalangi hidupmu.

2. Bahwa kamu hidup bersama miliaran orang lain di dunia ini dan banyak yang hidupnya bahkan lebih berat

Merasa Terjebak Dalam Hidup, Lakukan 5 Hal Ini untuk Memperbaikinyaunsplash/Priscilla Du Preez

Seringkali, perasaan terjebak ini ada karena kamu kurang bersyukur. Maka, sadarilah bahwa hidupmu sudah cukup beruntung dibanding kebanyakan orang lain di luar sana. Apa yang kamu rasakan sebagai jebakan selama ini, entah itu orangtua yang terlalu mengatur, pekerjaan yang terlalu mengekang, atau apapun itu, semuanya mungkin adalah hal yang diinginkan orang lain namun gak bisa mereka miliki.

Baca Juga: 7 Reaksi yang Akan Kamu Rasakan Saat Terkubur Hidup-hidup, Panik!

3. Buatlah daftar tentang apa-apa saja yang selama ini membuatmu merasa terjebak

Merasa Terjebak Dalam Hidup, Lakukan 5 Hal Ini untuk Memperbaikinyaunsplash/NeONBRAND

Keluarkan alat tulismu dan mulailah membuat daftar tentang hal-hal yang membuatmu merasa terjebak. Dengan menuliskan semua hal ini, akan ada rasa lebih lega karena kamu bisa mulai mengakui dan menerima apapun yang menjebak hidupmu. 

4. Kemudian lihat betapa mudahnya semuanya itu terselesaikan jika kamu mau mengambil satu langkah berani

Merasa Terjebak Dalam Hidup, Lakukan 5 Hal Ini untuk Memperbaikinyaunsplash/Sandy Milla

Selanjutnya, dengan melihat daftar tersebut, kamu pasti akan mulai menyadari betapa mudahnya keluar dari jebakan tersebut hanya dengan mengambil satu langkah berani. Misal, untuk keluar dari pekerjaan yang terasa menjebak, kamu mungkin perlu mulai mengambil satu langkah berani untuk berhenti dari pekerjaan tersebut.

Tapi ingat, tetap ke depan kan akal sehat dan jangan sembarangan berhenti dari satu pekerjaan tanpa persiapan apa pun.

5. Ketahuilah bahwa gak ada yang menjebakmu selain pikiranmu sendiri

Merasa Terjebak Dalam Hidup, Lakukan 5 Hal Ini untuk Memperbaikinyaunsplash/Siavash Ganbari

Semua jebakan kehidupan yang ada dalam daftar yang telah kamu buat, pastilah sebenarnya berasal dari pikiranmu sendiri. Kamu yang membuat rumahmu terasa gak nyaman untuk didiami, pasanganmu terasa begitu mengekang, dan segala hal lainnya yang begitu menyesakkan.

Karena sebenarnya, kamu selalu punya pilihan. Kamu selalu punya kebebasan. Hanya saja kamu menahan diri dari kebebasan tersebut.

Jebakan yang kita rasa menjadi penghalang diri kita dalam meraih kesuksesan, harusnya bisa kita atasi. Semua jebakan itu, gak sepatutnya kita jadikan alasan untuk malas melangkah meraih impian yang kita cita-citakan. Mau mencoba mengatasi jebakan yang ada?

Baca Juga: 10 Pelajaran Hidup Tentang Cinta dari Serial "YOU" Netflix

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya