Comscore Tracker

Ini 5 Cara Agar Gak Jadi Orang yang Over-Confident, Wajib Tahu!

Gak mau kan dijauhi orang sekitar?

Berlebihan dalam hal apapun gak ada baiknya. Sikap dan sifat yang berlebihan ini cenderung membuat kita lupa pada porsi yang sesuai dan menjadikan kita pribadi yang tidak disukai. Bahkan, sikap ini bisa menjebak kita dalam situasi yang tidak mengenakkan.

Gak terkecuali dengan berlebihan pada sikap percaya diri. Sejatinya, percaya diri adalah hal yang wajib untuk kita miliki. Namun jika sudah berlebihan, kamu perlu melakukan 5 hal berikut nih agar terhindar dari label over-confident.

1. Membuka wawasan dan pergaulan

Ini 5 Cara Agar Gak Jadi Orang yang Over-Confident, Wajib Tahu!unsplash/Trung Thanh

Belajarlah membuka diri dan wawasan agar kita gak jadi orang yang over-confident. Karena, sikap negatif ini biasanya lahir akibat kecilnya lingkaran pergaulan kita dan kita merasa sudah berada di atas angin. Rasanya, gak ada yang bisa lebih baik dari kita dalam hal apapun.

Dengan membuka wawasan, kita jadi mengerti bahwa gak semua hal berpusat di kita. Sehingga, berlebihan dalam kepercayaan diri gak mudah menyerang.

2. Gak sombong dan terlalu bangga pada pencapaian diri

Ini 5 Cara Agar Gak Jadi Orang yang Over-Confident, Wajib Tahu!unsplash/Alex Alvarez

Beberapa orang mungkin pernah berhasil dalam suatu hal, atau bahkan saat ini tengah berada di puncak kesuksesan. Biasanya, di sinilah lahir benih-benih kepercayaan diri yang berlebihan.

Makanya, jika gak ingin menjadi seorang yang over-confident, cobalah untuk meredam perasaan sombong dalam diri terhadap apa yang sudah diraih. Ingat, kita berada di posisi tersebut juga karena bantuan orang lain.

Baca Juga: 5 Sikap Dasar dalam Menghadapi Krisis Percaya Diri

3. Menyadari bahwa gak banyak yang suka pada orang yang terlalu percaya diri

Ini 5 Cara Agar Gak Jadi Orang yang Over-Confident, Wajib Tahu!unsplash/Nijwam Swargiary

Salah satu cara agar rasa percaya diri berlebihan itu bisa hilang dari kita adalah dengan menyadari bahwa sikap satu itu sangat tidak disukai siapa pun. Kamu pun akan eneg sama orang yang bertingkah serupa. Ya gak?

Makanya daripada dijauhi orang-orang karena over-confident, lebih baik kurangi dari sekarang ya.

4. Memahami pepatah "di atas langit masih ada langit"

Ini 5 Cara Agar Gak Jadi Orang yang Over-Confident, Wajib Tahu!unsplash/KAL VISUALS

Seseorang yang bijak dan dewasa gak akan bersikap over-confident karena dia tahu bahwa di atas langit masih ada langit. Maksudnya adalah sebaik apapun kita, sesukses apapun diri kita saat ini, ada banyak orang yang lebih sukses dan lebih baik dari kita dalam banyak hal. Dengan kesadaran mengenai hal ini, sikap over-confident pasti akan berkurang dan mampu kita kontrol dengan baik.

5. Over-confident sangat erat hubungannya dengan kesombongan

Ini 5 Cara Agar Gak Jadi Orang yang Over-Confident, Wajib Tahu!unsplash/Anna Vander Stel

Orang yang over-confident juga pasti dikaitkan dengan sifat sombong. Siapa pun pasti gak ingin dicap sombong oleh orang lain kan? Jadi, lebih baik kurangi kepercayaan diri yang berlebihan itu agar gak menjadi orang sombong yang menyebalkan.

Percaya diri tentu baik sekali dan sangat dianjurkan untuk dimiliki semua orang. Tapi, jika sampai berlebihan dan membuat orang lain enggan mendekat, ada baiknya introspeksi diri dan coba kurangi dengan langkah yang tadi disebutkan. Siap?

Baca Juga: 7 Tipe Orang Toksik yang Bisa Meruntuhkan Rasa Percaya Dirimu

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You