Comscore Tracker

5 Sikap Insecure dalam Persahabatan yang Harus Segera Kamu Hilangkan!

Bikin persahabatan kalian tetap asyik!

Bersahabat atau menjalin kedekatan dengan satu atau beberapa orang tentu gak bisa sembarangan kita lakukan. Akan ada faktor-faktor tertentu yang membuat kita nyaman dengan suatu orang atau suatu komunitas. Apa pun itu, kita tentunya akan menjadi diri sendiri seutuhnya jika sudah bersama dengan sahabat dekat.

Namun, mau gak mau, terkadang terlintas dalam pikiran kita untuk membandingkan diri dengan sahabat kita. Baik secara akademis, finansial, kehidupan asmara, dan lain sebagainya. Ini nih yang bisa bikin kita merasa rendah dan insecure sendiri. Padahal, sikap insecure dalam persahabatan bisa bikin hubungan kalian jadi gak nyaman. Makanya kamu wajib menghilangkan lima sikap insecure berikut dalam persahabatan.

1. Selalu membandingkan pencapaianmu dan sahabat

5 Sikap Insecure dalam Persahabatan yang Harus Segera Kamu Hilangkan!unsplash/Eliott Reyna

Membandingkan diri dengan sahabat dari segi pencapaian hidup adalah sesuatu yang secara alamiah bisa saja terjadi dan kalian alami. Tapi, jangan sampai terbawa perasaan terlalu dalam ya. Hal ini bisa merugikan diri kalian sendiri, lho. Kamu jadi gampang merasa insecure dan malah menghindari sahabatmu hanya untuk alasan yang satu ini.

2. Merasa berkompetisi dengan sahabat sendiri dalam hal apa pun

5 Sikap Insecure dalam Persahabatan yang Harus Segera Kamu Hilangkan!pexels/Andrea Piacquadio

Dalam persahabatan yang sehat, gak akan ada yang namanya perasaan berkompetisi dengan sahabat sendiri. Ketika dia berhasil mencapai sesuatu dalam hidupnya, sudah sepantasnya kamu ikut merasa senang akan hal tersebut, begitu pun sebaliknya. Perasaan bahwa kamu tengah berlomba dengan sahabatmu hanya akan menimbulkan kegelisahan dalam dirimu yang sebenarnya gak penting dan gak mendatangkan manfaat apa pun.

Baca Juga: 5 Hal Buruk ini Tidak Akan Kamu Alami dalam Persahabatan Sejati

3. Kecewa saat sahabat merasakan kebahagiaan

5 Sikap Insecure dalam Persahabatan yang Harus Segera Kamu Hilangkan!pexels/Matheus Bertelli

Perasaan insecure gak cuma menghalangi kamu dari kesuksesan tapi juga akan mengubah kamu jadi sosok yang penuh rasa iri. Ujung-ujungnya, kamu akan jadi pribadi yang gak bisa bahagia melihat kebahagiaan orang lain apalagi sahabatmu sendiri. Kamu yang harusnya menjadi support system, malah berubah jadi orang yang senang mematahkan semangat sahabatmu jika rasa insecure gak kamu hilangkan dalam diri.

4. Merasa gak pantas bersahabat dengan sosok sahabatmu saat ini

5 Sikap Insecure dalam Persahabatan yang Harus Segera Kamu Hilangkan!unsplash/Luke Porter

Merasa lebih rendah, gak setara, dan berbagai rasa insecure seperti itu akan memunculkan perasaan gak pantas dalam dirimu. Kamu pun jadi menarik diri dan gak ingin lagi bersahabat dengan sahabatmu karena rasa ini. Padahal, sahabatmu sangat mungkin gak merasakan hal yang sama, lho. Dia yang benar-benar tulus padamu, pasti akan bisa menerima kamu apa adanya.

5. Selalu menganggap masalahmu lebih besar dibanding masalah sahabatmu

5 Sikap Insecure dalam Persahabatan yang Harus Segera Kamu Hilangkan!unsplash/Daiga Ellaby

Ada satu jenis insecure yang membuat kamu gak bisa menghargai sahabatmu, yaitu ketika kamu merasa bahwa masalahmu lebih besar dibanding masalah sahabatmu. Ketika kamu memiliki perasaan ini, kamu gak akan bisa menjadi pendengar dan tempat bersandar bagi sahabatmu. Bukan gak mungkin kamu malah menganggap rendah masalah yang menimpa sahabatmu.

Rasa insecure dalam persahabatan sama sekali gak perlu kamu pelihara. Ini hanya akan mendatangkan kecanggungan antara kamu dan sahabat, lho. Belum lagi, kamu akan merasa gak nyaman bertemu dengannya dan ini bisa berujung pada renggangnya ikatan persahabatanmu. Gak mau kan? Hilangkan rasa insecure dengan sahabatmu sendiri.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Persahabatan sejak Kecil Tidak akan Lekang oleh Waktu

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya