Comscore Tracker

Ini 5 Cara Mudah Agar Bisa Introspeksi Diri Sendiri

#ANGPOIN Sudah sering introspeksi diri, belum?

Banyak sekali artikel, video, dan lainnya yang menyarankan untuk melakukan introspeksi diri. Namun, pada praktiknya, perlu diakui bahwa kegiatan menilai diri sendiri adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Terutama jika kita adalah orang dengan ego yang cukup tinggi.

Meski sulit, tapi hal ini bukanlah sesuatu yang tidak mungkin untuk dilakukan. Selain mengesampingkan ego dan rasa bangga kita terhadap diri sendiri, kamu juga perlu melakukan beberapa langkah berikut nih.

1. Menyadari titik lemah diri sendiri

Ini 5 Cara Mudah Agar Bisa Introspeksi Diri Sendiriunsplash/Gregory Hayes

Ketika ego sudah dikesampingkan, tentu lebih mudah bagi kita untuk melihat diri kita dari sudut pandang orang lain. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menyadari titik lemah atau kekurangan kita sendiri. Jangan menyangkalnya, justru kita harus mampu menerima segala kekurangan tersebut dan mengakuinya pada diri sendiri.

Agak susah ya? Sering-seringlah berdialog dengan diri sendiri dan kamu akan lebih mudah menyadari kekurangan yang kita miliki.

2. Terbuka terhadap berbagai kritik yang membangun

Ini 5 Cara Mudah Agar Bisa Introspeksi Diri Sendiriunsplash/Mimi Thian

Introspeksi diri tentu gak akan bisa kita lakukan seorang diri. Justru, penilaian dari orang lain adalah hal yang akan sangat menolong kita dalam proses ini. Tapi perlu diingat, jangan langsung emosi dan melakukan penolakan terhadap kritik dari orang lain. Karena yang namanya kritik tentu sifatnya tertuju pada kekurangan kita di mata orang yang bersangkutan.

3. Memiliki keinginan yang kuat untuk menjadi lebih baik

Ini 5 Cara Mudah Agar Bisa Introspeksi Diri Sendiriunsplash/Clem Onojeghuo

Langkah berikutnya yang juga sangat kita perlukan dalam proses introspeksi diri adalah tekad yang kuat untuk berubah. Berubah menjadi seseorang yang lebih baik akan memberikan dorongan bagi kita untuk bisa melihat dengan lebih jelas letak kekurangan kita yang sebenarnya. Selain itu, tanpa adanya keinginan dari dalam diri kita, bagaimana kita bisa melakukan proses introspeksi itu sendiri?

Baca Juga: 5 Tanda Ini Bukti Kamu Kurang Menghargai Hidup, Introspeksi Diri Ya!

4. Mengakui kesalahan jika memang bersalah

Ini 5 Cara Mudah Agar Bisa Introspeksi Diri Sendiriunsplash/Finn Hackshaw

Melakukan penilaian terhadap diri sendiri akan mustahil berhasil jika kita selalu merasa benar. Penolakan untuk mengakui kesalahan bisa jadi sebab mengapa selama ini kita sulit sekali berintrospeksi. Makanya, jika memang bersalah, jangan segan untuk meminta maaf dan mengakuinya. Oke, guys?

5. Setiap kali melihat orang lain melakukan kesalahan, tanyakan pada diri sendiri pernahkan kamu melakukannya juga

Ini 5 Cara Mudah Agar Bisa Introspeksi Diri Sendiriunsplash/Julia Caesar

Memang sih, yang namanya kesalahan orang lain tentu lebih mudah terlihat di mata kita dibanding kesalahan diri sendiri. Nah, ini bisa kamu manfaatkan untuk membantu proses introspeksi mu. Saat orang lain melakukan tindakan, aksi, atau perbuatan yang kamu rasa tidak bisa dibenarkan, kamu bisa berkaca dari hal itu. Tanyakan pada dirimu sendiri apakah kamu juga pernah melakukan kesalahan yang sama? Jika iya, solusi apa yang paling tepat untuk dilakukan?

Manusia memang tidak ada yang sempurna. Pasti setiap orang memiliki kekurangan. Namun, bukan suatu kemustahilan jika kita mau berubah menjadi orang yang lebih baik. Introspeksi bisa jadi cara ampuh untuk hal tersebut. Seberapa sering kamu menilai dirimu sendiri?

Baca Juga: 5 Cara Introspeksi Diri Buat Kamu yang Sering Khilaf 

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya