Comscore Tracker

5 Tanda dari Orang Sekitar Ini Tunjukkan Kamu Perlu Introspeksi Diri

Mungkin kamu perlu berkaca dan memperbaiki diri!

Terkadang, dalam hidup, kita merasakan ada orang di sekitar kita yang mengganggu dan menyebalkan. Namun, jika kita tidak menemukan orang seperti itu di sekitar kita, jangan keburu bahagia, bisa jadi kamu lah orang yang menyebalkan tersebut.

Apalagi, jika 5 tanda ini sudah mulai ditunjukkan oleh orang sekitarmu nih. Kamu wajib banget untuk mulai mengintrospeksi diri sesegera mungkin.

1. Orang-orang mulai menjauhimu secara perlahan

5 Tanda dari Orang Sekitar Ini Tunjukkan Kamu Perlu Introspeksi Diriunsplash/Roberto Nickson

Tanda pertama yang paling nyata sudah pasti adalah jika sampai orang sekitar mulai menjauhi mu secara perlahan. Mungkin gak akan kentara dan terang-terangan, tapi yang pasti kamu akan merasakan ada yang aneh dengan orang-orang di sekitarmu setiap kali kamu mendekat atau mencoba membaur.

2. Beberapa orang membicarakanmu di belakang

5 Tanda dari Orang Sekitar Ini Tunjukkan Kamu Perlu Introspeksi Diriunsplash/Omar Lopez

Ketika kamu memasuki suatu ruangan, dan kemudian tiba-tiba ruangan yang ramai langsung sunyi senyap, kamu perlu mulai lebih peka nih. Terutama jika ini terjadi lebih dari sekali. Ditambah lagi, beberapa orang jelas-jelas berbisik-bisik soal dirimu.

Coba deh mulai introspeksi dari sekarang. Siapa tau ada sikapmu atau hal-hal lain di dirimu yang gak sesuai sama peraturan atau kebiasaan orang sekitar.

3. Bahkan, ada sahabat dekat yang mulai memberikan saran secara langsung

5 Tanda dari Orang Sekitar Ini Tunjukkan Kamu Perlu Introspeksi Diriunsplash/Trung Thanh

Tanda berikutnya yang paling jelas adalah ketika ada orang terdekat yang memang tulus menyayangimu yang memberitahu dan memberi masukan. Jangan diabaikan apalagi sampai kamu anggap sebagai hinaan, justru masukan seperti ini bisa jadi berasal dari omongan orang sekitar dan kemudian disampaikan dengan cara baik-baik kepadamu.

Kamu wajib banget berterima kasih kepada orang yang peduli padamu dan memilih untuk memberitahumu secara langsung ketimbang ngomongin di belakang seperti ini, lho.

Baca Juga: Yuk Introspeksi! Ini 7 Tanda Kalau Kamulah Orang Toxic di Lingkunganmu

4. Kamu sendiri juga mulai merasa ada yang salah dengan dirimu

5 Tanda dari Orang Sekitar Ini Tunjukkan Kamu Perlu Introspeksi Diriunsplash/Giulia Bertelli

Gak bisa ditampik, setiap dari kita punya hati nurani yang selalu mengarahkan pada kebaikan. Hanya dengan bersedia mendengarkan hati nuranimu, kamu pasti akan tau dan menyadari ketika ada sikap atau perbuatanmu yang salah. Mengintrospeksi diri harus mulai kamu lakukan saat ada hal-hal yang mengganggu hati nuranimu. 

5. Daripada semakin berkepanjangan, coba deh kamu introspeksi diri dari sekarang

5 Tanda dari Orang Sekitar Ini Tunjukkan Kamu Perlu Introspeksi Diriunsplash/Fabrizio Verrecchia

Daripada masalah menjadi semakin runyam dan orang sekitarmu semakin menjauhimu, gak ada salahnya mulai introspeksi diri dari sekarang. Jangan sampai kamu jadi orang yang menyebalkan dan membuat orang lain merasa gak nyaman. Gak mau kan dicap sebagai toxic people?

Ketika merasakan ada yang berubah dari orang sekitar, bukan berarti yang salah adalah mereka, bisa jadi kamulah sumber masalah tersebut. Penting bagi kita untuk sering-sering berkaca dan mengintrospeksi diri agar terhindar dari sifat dan sikap negatif yang tidak disukai orang lain.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Jangan Malas Introspeksi Diri. Yuk, Mulai dari Sekarang!

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You