Comscore Tracker

Jangan Mengeluh, Raih 5 Keuntungan Ini Saat Teman Sering Minta Saran

Artinya kamu dipercaya banyak orang, lho

Selama ini, apakah kamu sering menjadi tempat teman-temanmu meminta saran? Entah karena kamu dianggap lebih dewasa, lebih bijak, atau lebih handal dalam memberi solusi atas permasalahan hidup mereka. Eits, gak usah mengeluh ya. Justru kamu punya banyak hal untuk disyukuri jika teman-temanmu sering curhat ke kamu, lho.

Apalagi nih, di zaman sekarang, mencari seseorang yang benar-benar dapat dipercaya itu agak susah. Habisnya, kebanyakan orang tiba-tiba berubah jadi netizen nyinyir jika tahu masalah orang lain.

Nah, jika kamu sering dijadikan tempat curhat dan dimintai saran ini itu, ini dia beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

1. Membuat kamu lebih bersyukur dengan hidupmu

Jangan Mengeluh, Raih 5 Keuntungan Ini Saat Teman Sering Minta Saranunsplash/Eliott Reyna

Melihat berbagai permasalahan orang lain membuat kamu menjadi lebih bersyukur dalam menjalani hidup. Gimana gak, orang-orang yang datang padamu dengan permasalahan hidup mereka dari yang ringan hingga berat tentu akan otomatis kamu bandingkan dengan permasalahanmu sendiri yang mungkin belum ada apa-apanya.

Hal inilah yang kemudian membuat kamu mampu melihat dengan jelas betapa Tuhan selama ini sangat menyayangimu. Iya kan?

2. Otakmu akan terasah untuk mencari solusi

Jangan Mengeluh, Raih 5 Keuntungan Ini Saat Teman Sering Minta Saranunsplash/rawpixel.com

Sadar gak sih, permasalahan hidup orang lain selalu lebih mudah untuk kita pecahkan dibanding permasalahan hidup kita sendiri. Biasanya sih ini karena kita gak merasakan langsung kendala tersebut, sehingga otak kita lebih encer dalam mencari solusinya.

Nah, lama-kelamaan, kemampuan mencari solusi ini akan semakin tajam jika selalu diasah. Kamu jadi bisa memberi saran yang bermutu tanpa merugikan pihak manapun.

Baca Juga: Sering Jadi Tempat Curhat? 5 Manfaat ini Bakal Kamu Dapat

3. Kamu akan dianggap berjasa oleh yang bersangkutan

Jangan Mengeluh, Raih 5 Keuntungan Ini Saat Teman Sering Minta Saranunsplash/Mimi Thian

Membantu teman yang sedang kesulitan dengan memberikan saran pada permasalahannya merupakan salah satu tindakan sosial yang memang gak mendapat keuntungan secara materi. Tapi, kepuasan psikis akan kamu dapatkan baik disadari atau gak.

Bagi orang yang bersangkutan pun, kamu amat berjasa dalam hidupnya. Bukan gak mungkin suatu saat nanti dia akan memberikanmu bantuan yang gak kamu duga-duga bentuknya.

4. Berarti orang-orang menaruh kepercayaan padamu, kepercayaan itu harganya mahal lho

Jangan Mengeluh, Raih 5 Keuntungan Ini Saat Teman Sering Minta Saranunsplash.com/Ben Duchac

Sering menjadi tempat meminta saran juga merupakan tanda bahwa kamu mengantongi kepercayaan dari banyak orang. Kepercayaan ini suatu saat pastilah akan berguna. Gak usah mengeluh dan merasa kesusahan dengan hal ini. Yakinlah bahwa suatu saat nanti, kebaikan yang kamu lakukan sekarang akan menuai hasil yang baik pula.

5. Kamu jadi punya orang yang juga bisa diandalkan saat ada masalah

Jangan Mengeluh, Raih 5 Keuntungan Ini Saat Teman Sering Minta Saranunsplash/rawpixel

Sebagai orang yang didatangi ketika ada masalah, teman-temanmu pasti sangat mempercayai dan juga menghargai keberadaanmu. Mereka akan merasa berhutang jasa padamu tanpa kamu sadari. Sebagai makhluk sosial yang suatu saat juga pasti akan memerlukan bantuan orang lain. Disinilah kamu bisa mengandalkan teman-temanmu tersebut saat kamu punya masalah. Meskipun mungkin tidak semua, tapi beberapa dari mereka pasti akan dengan senang hati menolongmu.

Sudah gak ngeluh lagi kan karena sering dijadikan pelampiasan dan tempat dimintai saran?

Baca Juga: 5 Keuntungan Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Sering Curhat Sama Teman

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya