Comscore Tracker

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Terlalu Mengkhawatirkan Masa Depan

Takut masa depanmu suram?

Hidup ini memang penuh misteri. Terutama jika kita bicara tentang masa depan. Gak ada yang pasti di depan sana. Semuanya bisa terjadi dan bisa aja kita berada di situasi yang gak mengenakkan. 

Saking misteriusnya, banyak orang yang pergi ke peramal hanya untuk memastikan bahwa masa depan mereka akan baik-baik aja. Ada juga, yang sibuk berlama-lama memikirkan masa depan hingga pusing dan overthinking. Tanpa kamu sadari, kamu bisa termasuk dalam golongan ini jika memenuhi lima tanda berikut, nih.

1. Hidupmu saat ini jadi gak tenang

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Terlalu Mengkhawatirkan Masa Depanilustrasi orang sedih (Pexels.com/Polina Tankilevitch)

Terlalu memusingkan masa depan akan membuat kamu gak tenang. Kamu gak benar-benar bisa menjalani hari ini dengan perasaan tanpa beban. Seolah selalu ada yang menghantuimu dan membuat tidurmu gak nyenyak makanpun tak enak.

Jika terus begini kamu akan hidup dalam kekhawatiran terus menerus, lho. Cobalah untuk sedikit lebih santai dan gak melulu memikirkan sesuatu yang belum pasti. Jalani juga hari ini dengan penuh rasa syukur agar kamu bisa menikmati setiap hal dalam hidupmu.

2. Kamu jadi menghabiskan waktu dengan sia-sia

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Terlalu Mengkhawatirkan Masa Depanilustrasi orang berpikir (Pexels.com/Vlada Karpovich)

Merenung, memikirkan, dan terus merancang serta merencanakan masa depan dalam benakmu, tapi gak benar-benar melakukan apa-apa, akan membuat waktumu terbuang dengan sia-sia. Pikiran soal masa depan itu gak akan ada habisnya. Akan selalu ada ketakutan lain yang menyerangmu, lho.

Takut soal pekerjaan, khawatir soal jodoh, anak, pendidikan anak, dan seterusnya. Bukan tanpa alasan semua itu dijadikan sebuah rahasia oleh Tuhan. Agar kita bisa mengusahakan yang terbaik. Bukan hanya sekedar memikirkannya, aja. 

3. Banyak kesempatan yang terlewat begitu aja

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Terlalu Mengkhawatirkan Masa Depanilustrasi orang berpikir (pexels.com/EKATERINA)

Hanya menyibukkan diri dengan mengkhawatirkan bagaimana masa depanmu kelak, akan membuat banyak kesempatan jadi terlewat begitu aja. Kamu jadi gak fokus dan gampang menolak peluang serta tawaran yang datang. 

Alhasil, bukannya masa depan yang cerah yang siap menyambutmu, kamu malah akan jalan di tempat dan gak melakukan perubahan yang berarti dari hari ke hari. Hati-hati, terjebak dalam masa depan suram yang kamu ciptakan sendiri.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Rasa Khawatir Milenial tentang Masa Depan

4. Gak punya semangat untuk mengambil tantangan dan risiko

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Terlalu Mengkhawatirkan Masa Depanilustrasi orang berpikir (pexels.com/Masha Raymers)

Karena memiliki banyak sekali daftar hal-hal yang kamu takuti di masa yang akan datang. Seperti takut terjebak dalam hubungan yang salah, takut keliru dalam memilih pekerjaan, takut gak bisa mengubah perekonomian keluarga, dan lain sebagainya. Ketakutan ini malah bikin kamu jadi enggan mengambil risiko dan menghadapi tantangan. 

Kamu ngotot di satu-satunya rencana yang kamu buat untuk masa depanmu dan gak mau mengubahnya. Padahal, mengambil beberapa risiko justru bisa membuatmu maju beberapa langkah lebih awal, lho. 

5. Melakukan persiapan berlebihan untuk masa depan yang belum pasti

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Terlalu Mengkhawatirkan Masa Depanilustrasi orang menulis (pexels.com/lilartsy)

Melakukan persiapan berlebihan juga akan terjadi jika kamu selalu memikirkan masa depan. Ingat, apa pun yang berlebihan itu gak baik. Gak ada yang bisa menjamin masa depannya bahkan ketika sudah melakukan persiapan sematang apa pun.

Berusahalah sebisanya, menabung, berinvestasi, banyak membaca, memakan makanan sehat, berolahraga dan melakukan kebiasaan baik lainnya dengan sewajarnya. Namun, jangan sampai kamu berlebihan dan gak menikmati hari ini.

Masa depan adalah misteri. Gak perlu mencari taunya saat ini. Gak perlu pula memusingkannya sekarang. Persiapkan sebaik mungkin tanpa lupa untuk bersyukur dan berdoa semoga masa depan yang cerah menanti kita semua. Setuju? 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Terlalu Khawatir dengan Pikiran Orang Lain

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya