Comscore Tracker

Suka Mengobrol? Ini 5 Jurus Jitu Agar Menjadi Lawan Bicara yang Asyik

Percakapan jadi mengalir tanpa henti!

Setiap orang memiliki hobi yang berbeda-beda. Berbicara dan bertukar cerita dengan orang lain juga termasuk dalam hobi, lho. Buat kamu yang suka bercerita namun sering kali merasa lawan bicaramu gak nyaman saat bicara denganmu, sepertinya ada beberapa hal yang harus kamu tingkatkan nih, seperti misalnya memperluas wawasan.

Hal-hal sepele berikut ini juga perlu kamu lakukan agar percakapan terus mengalir dan lawan bicara akan menganggapmu mengasyikkan. 

1. Memperhatikan sepenuhnya saat ada yang berbicara

Suka Mengobrol? Ini 5 Jurus Jitu Agar Menjadi Lawan Bicara yang Asyikunsplash/Priscilla Du Preez

Jika kamu ingin jadi lawan bicara yang asyik, pastinya kamu juga harus menjadi pendengar yang fokus. Kamu gak akan bisa nyambung dengan jalan cerita yang sedang dibicarakan jika gak mendengarkan dengan sepenuh hati. Belum lagi, lawan bicaramu juga akan merasa diabaikan dan dia jadi males bercerita deh.

2. Mudah mengalir dan menyatu dengan tema pembicaraan

Suka Mengobrol? Ini 5 Jurus Jitu Agar Menjadi Lawan Bicara yang Asyikunsplash/Priscilla Du Preez

Salah satu cara untuk menjadi lawan bicara yang asyik, kamu juga wajib menyatu dengan tema pembicaraan. Tapi ingat, jangan terlalu dipaksakan dan gak perlu sampai mengarang cerita hanya untuk bisa terlibat di percakapan. Jika memang gak nyambung denganmu, kamu hanya perlu menjadi pendengar yang fokus sepenuhnya. 

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Kamu Pahami Agar Didengar Orang Saat Berbicara

3. Gak memotong orang lain saat dia sedang bicara

Suka Mengobrol? Ini 5 Jurus Jitu Agar Menjadi Lawan Bicara yang Asyikunsplash/Omar Lopez

Siapapun sangat gak suka ketika omongannya dipotong. Kamu pun juga pasti sama kan? Makanya, jika ingin jadi teman bicara yang mengasyikan bagi siapapun, hindari deh kebiasaan memotong ucapan orang lain. Namun, jika memang terpaksa, kamu bisa kok menyela dengan cara yang sopan dan baik. 

4. Responsif dan ekspresif juga bisa jadi nilai tambahan buatmu

Suka Mengobrol? Ini 5 Jurus Jitu Agar Menjadi Lawan Bicara yang Asyikunsplash/Priscilla Du Preez

Memiliki keahlian untuk terlihat responsif dan ekspresif tentu juga jadi nilai tambahan yang membuat kamu semakin disukai sebagai lawan bicara. Orang-orang akan senang berbagi cerita denganmu karena pembawaanmu yang satu ini. Menjadi lawan bicara yang menyenangkan memang gak mudah, tapi bukan berarti itu hal yang mustahil untuk dilakukan.

5. Yang pasti, gak terkesan memojokkan lawan bicara

Suka Mengobrol? Ini 5 Jurus Jitu Agar Menjadi Lawan Bicara yang Asyikunsplash/Priscilla Du Preez

Hal wajib untuk diingat ketika jadi lawan bicara seseorang adalah kamu gak boleh memberi kesan memojokkan lawan bicaramu. Bersikap sok tau dan gak mau kalah juga perlu dihindari. Karena, ketika sedang bertukar cerita, kita bukannya ingin berkompetisi, tapi hanya ingin sekadar berbagi.

Ketika kita mampu jadi teman bicara dan berbagi cerita yang menyenangkan, maka akan banyak teman baru yang bisa kamu miliki. Menjadi seorang teman curhat yang asyik juga akan membuat kita bahagia, lho. Gak percaya? Buktikan aja.

Baca Juga: 5 Keuntungan yang Didapat Jika Kita Mampu Jadi Pendengar yang Baik

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya