Comscore Tracker

Waspada, Ini 5 Kebiasaan Kecil yang bisa Mempersulit Hidupmu Sendiri!

#IDNTimesLife Kecil tapi bisa merusak masa depan!

Apa yang kita lakukan hari ini, akan menjadi gambaran soal bagaimana kehidupan kita di masa mendatang. Bukan tanpa alasan, jika kita terus melakukan hal yang sama selama berulang-ulang, pasti itu akan menjadi sebuah kebiasaan yang membentuk kepribadian dan karakter kita. Makanya, jangan pernah meremehkan sebuah kebiasaan kecil.

Kebiasaan kecil yang baik seperti senang berhemat, akan menjadikan kita sosok yang rajin menabung dan pandai mengelola keuangan. Begitupun sebaliknya. Gak cuma itu aja, ada beberapa kebiasaan kecil yang harusnya bisa kita hindari sejak sekarang nih. Pasalnya, jika dibiarkan begitu saja, kebiasaan kecil ini bisa menjadi bumerang bagi kita di masa depan. Ini nih beberapa di antaranya! 

1. Terlalu gampang mengeluh 

Waspada, Ini 5 Kebiasaan Kecil yang bisa Mempersulit Hidupmu Sendiri!ilustrasi orang merenung (pexels.com/ Juan Pablo Serrano Arenas)

Kesulitan, masalah, dan rintangan merupakan hal yang lumrah adanya dalam hidup ini. Sebagai manusia, tugas kita adalah mencari cara dan berusaha untuk keluar dari masalah dan kesulitan tersebut agar kemudian bisa berproses menjadi pribadi yang lebih baik. Namun faktanya, banyak banget yang lebih suka mengeluh dan duduk diam merenung tanpa berusaha mencari jalan keluar.

Hati-hati, jika hal ini sudah menjadi kebiasaan, kamu akan sulit mengubahnya lho. Gampang mengeluh nyatanya hanya akan menjadikan kamu sosok yang lemah, gak bertanggung jawab, dan terlihat sangat gak dewasa. Mau jadi begitu selamanya?

2. Terus membandingkan diri dengan orang lain

Waspada, Ini 5 Kebiasaan Kecil yang bisa Mempersulit Hidupmu Sendiri!ilustrasi orang bercermin (pexels.com/Ismael Sanchez)

Kebiasaan berikutnya yang mungkin bagi kita terasa sepele adalah sering membandingkan diri dengan orang lain. Sesekali mungkin kita gak bisa mengelak atau menghindar dari keinginan untuk membandingkan diri ini. Namun, jika sampai kita sendiri gak berusaha menghentikannya, keinginan satu ini akan melekat dan menjadi kebiasaan yang bisa membuat mental kita down. 

3. Sering berandai-andai jika mengambil keputusan yang berbeda di masa lalu

Waspada, Ini 5 Kebiasaan Kecil yang bisa Mempersulit Hidupmu Sendiri!pexels/Liza Summer

Menyesali keputusan yang diambil di masa lalu mungkin pernah dirasakan semua orang dan ini wajar terjadi. Namun, yang menjadi masalah adalah ketika kita jadi terbiasa berandai-andai jika saja pada masa itu kita membuat keputusan yang berbeda. Nah, kebiasaan satu ini harusnya bisa kita minimalisir.

Membiasakan diri untuk melakukan hal satu ini hanya akan menimbulkan rasa gak semangat untuk melangkah menyambut masa depan. Alhasil, kita pun jadi enggan merajut mimpi dan malas-malasan untuk melakukan usaha demi masa depan yang cerah. 

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup Drama True Beauty, Hidup Gak Melulu Soal Penampilan

4. Terbiasa menunda hingga deadline

Waspada, Ini 5 Kebiasaan Kecil yang bisa Mempersulit Hidupmu Sendiri!ilustrasi orang tertidur (pexels/Andrea Piacquadio)

Kebiasaan kecil lainnya yang masih sering melekat pada anak muda di zaman sekarang adalah kebiasaan menunda. Entah itu tugas sekolah, tugas kuliah, bahkan hingga pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah, semua ditumpuk menjadi satu dan menunggu akhir batas waktu untuk kemudian baru diselesaikan.

Kebayang gak betapa paniknya kita jika semua pekerjaan tersebut memilik deadline yang berdekatan? Pasti hasil pekerjaan pun jadi gak maksimal. Segera ubah kebiasaan satu ini sebelum mendarah daging ya, guys.

5. Kepikiran terus sama kesalahan di masa lalu

Waspada, Ini 5 Kebiasaan Kecil yang bisa Mempersulit Hidupmu Sendiri!ilustrasi orang sedih (pexels.com/Pixabay)

Tiba-tiba terpikir soal masa lalu memang jadi kegiatan yang terkadang susah untuk ditahan atau dikendalikan. Namun, kita pasti punya andil dong untuk membiarkan kelebatan kenangan masa lalu itu mengganggu masa kini kita atau untuk mengikhlaskan semuanya. Sebab, terbiasa mengingat masa lalu dan menyesali kesalahan kita pada saat itu gak akan bisa mengubah apapun. 

Memiliki kebiasaan baik akan mengantarkan kita jadi pribadi yang lebih baik, begitupun sebaliknya. Jadi, sebelum semua itu menjadi penyesalan yang semakin menjadi-jadi di masa mendatang, bukankah ada baiknya kita mengubah kebiasaan itu mulai sekarang? Lebih baik lakukan hal-hal yang produktif dan positif agar masa depan kita pun bisa cerah. Setuju?

Baca Juga: 5 Makna Dibalik Ajaran Makan untuk Hidup, Bukan Hidup untuk Makan

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya