Comscore Tracker

5 Cara Mudah Agar Terhindar dari Kebiasaan Overthinking, Yuk Dicoba!

Jangan banyak melamun gak jelas, guys!

Overthinking alias berlebihan dalam berpikir tentang hal-hal yang belum jelas dan belum pasti bisa berbahaya bagi kesehatan, lho. Pasalnya, kita jadi gak makan dengan lahap, gak tidur dengan nyenyak, dan gak fokus dalam melakukan apa pun. Gak cuma kesehatan yang terganggu, pekerjaan pun bisa jadi gak memberi hasil yang maksimal. 

Makanya, kebiasaan overthinking ini harus segera dihilangkan dan diganti dengan kebiasaan lain yang lebih bermanfaat. Ini nih beberapa cara yang bisa kamu coba, gengs.

1. Menyibukkan diri pada hal-hal yang bermanfaat

5 Cara Mudah Agar Terhindar dari Kebiasaan Overthinking, Yuk Dicoba!pexels/ShotPot

Menyibukkan diri memang biasanya masih membuat pikiran kita melayang kemana-mana. Namun, menyibukkan diri yang seutuhnya, hingga sampai membuat kita gak memikirkan hal lain juga bisa dicoba, lho. Misalnya, dengan mulai melakukan hobi yang gak cuma bikin pikiranmu bahagia, tapi hatimu juga. Yang penting, gak banyak waktu luang yang tersisa bagimu untuk memikirkan hal yang gak-gak.

2. Belajar untuk menerima diri sendiri dan merelakan yang sudah lewat

5 Cara Mudah Agar Terhindar dari Kebiasaan Overthinking, Yuk Dicoba!pexels/Min An

Menerima diri sendiri juga jadi kunci yang bisa kamu aplikasikan demi menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk termasuk overthinking. Menumbuhkan rasa penerimaan terhadap diri sendiri membuat kita lebih mampu merelakan yang sudah lewat dan mengusahakan yang terbaik untuk yang akan datang. Gak cuma kebiasaan overthinking yang hilang, berbagai emosi negatif pun akan bisa kamu kendalikan.

Baca Juga: Jangan Langsung Emosi! Ini 5 Cara Elegan untuk Hadapi Opini Negatif

3. Berhenti mendengarkan komentar negatif dari orang lain

5 Cara Mudah Agar Terhindar dari Kebiasaan Overthinking, Yuk Dicoba!unsplash/Priscilla Du Preez

Yang paling berbahaya di dunia ini sejatinya adalah komentar negatif orang lain yang gak suka melihat kita meraih kesuksesan. Lingkungan yang toxic dan pergaulan yang gak jelas bisa banget membuat kita semakin kesusahan untuk bangkit dan berhenti overthinking. Jangan ragu untuk menjauh dari orang-orang seperti ini dan menutup telinga dari komentar negatif yang cuma bersifat menjatuhkan.

4. Menenangkan diri dengan me-time yang berkualitas

5 Cara Mudah Agar Terhindar dari Kebiasaan Overthinking, Yuk Dicoba!pexels/Andrea Piacquadio

Kebiasaan buruk dengan berpikir hal-hal negatif secara berlebihan juga akan bisa diredam dengan lebih banyak meluangkan waktu untuk diri sendiri. Mungkin aja selama ini kamu terlalu mementingkan orang lain, terlalu ingin membahagiakan orang lain hingga lupa akan kebahagiaanmu sendiri. Iya gak?

5. Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani

5 Cara Mudah Agar Terhindar dari Kebiasaan Overthinking, Yuk Dicoba!pexels.com/Pixabay

Jiwa dan raga yang sehat akan mengarahkan kita pada berbagai hal positif. Makanya, kesehatan jasmani dan rohani juga perlu diutamakan. Beribadah adalah satu hal yang akan bikin kita tenang, dan rajin berolahraga akan membuat kita merasa lebih bisa menyambut hari dengan riang. 

Terbiasa memikirkan berbagai macam hal tanpa benar-benar melakukan suatu tindakan untuk mengatasi kebiasaan tersebut bisa bikin kita rugi sendiri. Waktu yang terbuang, pekerjaan yang terbengkalai, keluarga yang terabaikan, hanya akan bikin kita semakin merana. Yuk dihilangkan dengan 5 cara di atas ya!

Baca Juga: 5 Tips Mengendalikan Pikiranmu Supaya Gak Overthinking Melulu

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya