Comscore Tracker

5 Kebiasaan Sederhana Ini Bikin Ibadah Puasa Gak Diterima, Hindari Ya

#RamadanMasaKini Ubah kebiasaan buruk mulai bulan suci ini

Melakukan ibadah seperti shalat, puasa, berzakat, dan lain sebagainya adalah kewajiban kita sebagai umat muslim. Kita tentu tidak mau kalau sampai semua ibadah yang kita lakukan ternyata tidak diterima dan menjadi sebuah amalan yang sia-sia belaka. Memang sih, kita tidak bisa mengetahui dengan pasti apakah ibadah kita diterima oleh Allah swt.

Namun, untuk urusan puasa, ada beberapa kebiasaan nih yang perlu kita hindari agar ibadah kita bisa diterima dan pahala bisa kita dapatkan.

1. Pamer atau riya' dalam beribadah

5 Kebiasaan Sederhana Ini Bikin Ibadah Puasa Gak Diterima, Hindari Yaunsplash/Hermes Rivera

Kebiasaan pertama yang seringkali kita lakukan baik disengaja maupun tidak adalah kebiasaan pamer. Untuk urusan pamer ini sendiri, sebenarnya gak semua orang yang update status atau blak-blakan bilang dia sedang puasa adalah tanda bahwa dia riya'. Karena, riya' atau pamer ini sangat erat kaitannya dengan niat di dalam hati orang yang bersangkutan. Makanya, setiap kali melakukan apapun, niat merupakan hal yang harus terus kita perbaiki agar terhindar dari sifat pamer.

2. Lalai ketika melaksanakan suatu ibadah

5 Kebiasaan Sederhana Ini Bikin Ibadah Puasa Gak Diterima, Hindari Yaunsplash/Tim Gouw

Lalai di sini maksudnya adalah beribadah tapi tidak sepenuh hati. Misal, ketika puasa, kita memang tidak makan dan tidak minum. Tapi jika ternyata kita juga tidak melaksanakan shalat wajib, sibuk dengan urusan dunia, maka sama aja puasa kita gak akan diterima.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Ini Harus Dihindari Selama Kalian Puasa

3. Berlebih-lebihan, baik saat sahur, berbuka, atau bahkan dalam berpuasa

5 Kebiasaan Sederhana Ini Bikin Ibadah Puasa Gak Diterima, Hindari Yaaboutislam.net

Segala hal yang berlebihan itu gak dianjurkan oleh Allah dan RasulNya. Berlebihan saat sahur, misal dengan makanan yang sangat banyak hingga sakit perut, ini bisa membuat puasa kita menjadi berkurang nilai pahalanya. Atau, saat berpuasa kita perpanjang hingga waktu isya adalah tanda kita berlebihan dalam berpuasa. Padahal, sudah jelas bahwa anjuran untuk berbuka adalah di waktu maghrib. Wah, gak perlu sampai begini juga lho, ya.

4. Melakukan hal yang dilarang saat berpuasa

5 Kebiasaan Sederhana Ini Bikin Ibadah Puasa Gak Diterima, Hindari Yaunsplash/NordWood Themes

Hal yang dilarang saat berpuasa di luar makan dan minum adalah mengikuti hawa nafsu. Contohnya seperti berbohong, berduaan dengan yang bukan mahram, bergosip, dan masih banyak lainnya. Ini nih yang bisa bikin ibadah puasa kita gak diterima. Biasanya sih, hal-hal seperti ini seringkali luput dari perhatian kita. Yuk lebih mendekatkan diri kepada Allah di bulan suci ini.

5. Banyak mengeluh

5 Kebiasaan Sederhana Ini Bikin Ibadah Puasa Gak Diterima, Hindari Yaunsplash/Muhammad Ruqiyaddin

Terakhir, tapi cukup sering kita lakukan adalah mengeluh. "Duh, lapar" atau "Duh, haus" adalah bentuk keluhan yang paling sering diucapkan ketika puasa nih. Hayo, siapa yang suka begini. Coba deh mulai sekarang kalimat keluhannya diganti dengan ucapan-ucapan baik seperti "alhamdulillah" atau "masya Allah". Mengandung nilai pahala lho.

Kebiasaan buruk tadi, bukan cuma harus kita hentikan di bulan Ramadan aja, tapi juga harus kita pelihara untuk seterusnya. Setuju gengs?

Baca Juga: 10 Kebiasaan Buruk yang Tidak Baik untuk Kesehatan Saat Berpuasa 

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You