Comscore Tracker

5 Kekeliruan Mengelola Pola Pikir Ini Bikin Kamu Selalu Takut Gagal

Hati-hati dengan pikiranmu sendiri!

Pikiran kita memiliki peranan penting dalam menentukan dan melakukan tindakan yang ingin kita lakukan. Termasuk di dalamnya adalah keputusan kita untuk meraih kesuksesan atau malah tenggelam dalam rasa takut terhadap kegagalan. Sehingga, banyak sekali kalimat motivasi yang mengarahkan kita untuk mengelola pikiran dengan baik.

Karena, jika sampai salah dalam mengelola pola pikir ini, kita bisa terjebak dalam kegagalan di masa depan. Gak mau kan kalau hal ini sampai kejadian? Makanya, kamu perlu untuk menghindari lima kekeliruan dalam mengatur pola pikir berikut nih.

1. Kamu gak mau mengambil risiko atas pilihan hidupmu sendiri

5 Kekeliruan Mengelola Pola Pikir Ini Bikin Kamu Selalu Takut Gagalpexels/Ariel Paredes

Pola pikir keliru yang pertama adalah ketika kamu gak mau mengambil risiko atas pilihan yang sudah kamu ambil. Alih-alih menikmati proses menuju kesuksesan, kamu malah lebih memilih lari dari tanggung jawab dan enggan mengakui bahwa selalu ada risiko atas setiap keputusan yang kamu buat. Hayo, jangan pelihara pola pikir seperti ini ya.

2. Bagimu lebih baik bermain aman ketimbang meraih keberhasilan

5 Kekeliruan Mengelola Pola Pikir Ini Bikin Kamu Selalu Takut Gagalpexels/Christina Morillo

Pola pikir yang kedua ini juga cukup sering menjebak kita dan membuat kita berada pada skala standar dalam kehidupan. Yaitu lebih baik bermain aman ketimbang meraih keberhasilan. Membiarkan pikiran seperti ini berkembang dalam benakmu, hanya akan membuat kamu diam di tempat dan gak melangkah kemana-mana. Sehingga, hasil yang kamu dapatkan pun tergolong biasa-biasa saja.

Baca Juga: 5 Pola Pikir yang Harus Kamu Tanamkan Agar Gak Susah Dinasehati

3. Kamu ragu bahwa hidupmu akan menjadi lebih baik bahkan jika melakukan perubahan

5 Kekeliruan Mengelola Pola Pikir Ini Bikin Kamu Selalu Takut Gagalpexels/Marcelo Chagas

Ketidakpercayaanmu pada sebuah perubahan juga perlu dikoreksi lagi nih. Pasalnya, kamu akan terus meragu dalam hidupmu dan malah gak mau mengambil kesempatan untuk mengubah masa depanmu sendiri. Jangan salahkan siapa-siapa jika akhirnya kamu gak bisa meraih impianmu jika keadaannya begini ya.

4. Kamu juga mengarang banyak alasan hanya agar terus berada di zona nyaman

5 Kekeliruan Mengelola Pola Pikir Ini Bikin Kamu Selalu Takut Gagalunsplash/Ethan Sykes

Pola pikir berikutnya yang membuat kamu gak akan bisa sukses adalah kebiasaanmu membenarkan berbagai alasan hanya agar bisa berada di zona nyaman untuk selamanya. Kamu merasa gak pantas disalahkan atas keputusan yang kamu ambil ini. Memang sih, gak ada yang salah. Tapi, kamu sebenarnya mau sukses gak sih?

5. Kamu juga selalu bersikap skeptis pada motivasi yang diberikan orang lain

5 Kekeliruan Mengelola Pola Pikir Ini Bikin Kamu Selalu Takut Gagalunsplash/Icons8 team

Tanpa disadari, kita seringkali memandang skeptis pada motivasi yang diberikan orang lain. Dengan mudahnya kita menyepelekan perkataan orang lain dan beranggapan bahwa mereka hanya bisa berkata-kata tanpa tau kesulitan yang sebenarnya. Padahal, apa yang dikatakan para motivator itu tentu ada benarnya, selama kita mau menerapkannya dengan disiplin dan pantang menyerah.

Cara kita berpikir akan mempengaruhi tindakan kita dalam keseharian. Jika kamu sudah memandang kesuksesan dengan pola pikir yang salah, bukan gak mungkin kegagalan siap menghampirimu. Gak mau kan?

Baca Juga: 7 Sikap dan Pola Pikir yang Bisa Membunuh Kreativitasmu

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya