Comscore Tracker

Selain Kendalikan Emosi, 5 Hal Ini Perlu Kamu Lakukan Saat Bad Mood

Jangan biarkan moodmu mempengaruhimu!

Suasana hati memang tentu gak selalu stabil dan begitu-begitu saja. Kadang ada fase naik turun di mana kita merasa begitu bahagia, sedih, kesal, dan emosi-emosi lainnya yang kemudian mempengaruhi mood kita. Jika sedang gak senang, rasa bad mood mungkin saja muncul dan membuat apa pun atau bahkan siapa pun terasa menjengkelkan.

Nah, saat bad mood sedang melanda, ada beberapa hal nih yang harus kamu sadari dan lakukan.

1. Gak membiarkan diri terjebak terlalu lama dalam perasaan bad mood

Selain Kendalikan Emosi, 5 Hal Ini Perlu Kamu Lakukan Saat Bad Moodunsplash/Alex Mihai C

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat diserang bad mood adalah membiarkannya. Iya, biarkan dan nikmati saja, guys. Karena perasaan negatif sudah semestinya menghampiri kita dalam saat-saat tertentu. Namun, yang terpenting adalah untuk selalu ingat bahwa mood satu ini jangan sampai menjebak kita untuk waktu yang lama. 

2. Menyadari sepenuhnya bahwa kamu yang memiliki kendali atas rasa bad mood itu, bukan sebaliknya

Selain Kendalikan Emosi, 5 Hal Ini Perlu Kamu Lakukan Saat Bad Moodunsplash/Nine Kopfer

Selanjutnya, jika kamu sudah menerima kondisi dirimu yang tengah gak mood ini, kamu perlu untuk menyadari bahwa dirimulah yang memegang kendali. Kamu adalah satu-satunya orang yang bisa mengendalikan perasaanmu menjadi kembali bahagia. Kamu gak perlu menggantungkan kendali kepada orang lain atau benda apa pun, semuanya ada di tanganmu. 

Baca Juga: 5 Pose Yoga Mudah untuk Meningkatkan Mood, Bye-bye Bad Mood!

3. Gak gampang terpancing omongan orang lain dan melakukan tindakan yang gak pantas

Selain Kendalikan Emosi, 5 Hal Ini Perlu Kamu Lakukan Saat Bad Moodcanva.com

Saat bad mood, kita juga wajib menahan diri dari segala pancingan perkataan atau tindakan orang lain. Segala hal memang jadi begitu menyebalkan jika suasana hati kita sedang gak bagus. Namun, jangan sekali-kali melakukan tindakan yang mungkin akan kamu sesali nantinya. 

4. Gak membiarkan diri membenarkan segala tindakan berdasarkan rasa bad mood

Selain Kendalikan Emosi, 5 Hal Ini Perlu Kamu Lakukan Saat Bad Moodwisebread.com

Selanjutnya, kita juga gak bisa dengan mudahnya menyalahkan suasana hati yang sedang buruk dan kemudian melakukan sesuatu yang gak pantas dengan dalih bad mood tersebut. Siapa pun gak akan respect sama kamu jika begini. Jadilah orang yang tetap bertanggung jawab dan gak sembrono meskipun suasana hatimu sedang gak baik. 

5. Carilah udara segar dan segera ganti suasana agar rasa bad moodmu gak berlarut-larut

Selain Kendalikan Emosi, 5 Hal Ini Perlu Kamu Lakukan Saat Bad Moodunsplash/Fabrizio Verrecchia

Jika kamu sudah belajar menerima, memahami, dan menetralisir rasa bad mood ini, selanjutnya kamu perlu menyalurkannya untuk hal lain yang bermanfaat. Misal, dengan menghasilkan suatu karya, tulisan, atau lukisan. Selebihnya, hentikan rasa bad moodmu dengan mencari udara segar untuk mengganti suasana hatimu agar segera membaik.

Suasana hati yang buruk memang selalu berhasil merusak hari kita. Tapi, bukan berarti kita gak bisa mengendalikannya. Mau mencoba mengembalikan suasana hati yang buruk?

Baca Juga: Sering Bad Mood? Lakukan 5 Olahraga Ini untuk Membangkitkan Semangatmu

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya