Comscore Tracker

Buang Waktu Aja, Ini 5 Kerugian dari Melakukan Hal Setengah-setengah

Harus maksimal dalam segala hal dong

Ketika melakukan sesuatu, gak sedikit dari kita yang melakukannya dengan setengah-setengah. Misal, saat ingin menghadapi ujian besok harinya, kita belajar hanya 1 jam sebelumnya. Padahal, saat melakukan sesuatu dengan setengah hati seperti ini, kita gak akan mendapat hasil yang maksimal juga, lho. 

Selain itu, beberapa kerugian juga akan kita rasakan jika gak melakukan suatu hal dengan sepenuh hati. Ini dia nih beberapa di antaranya.

1. Memperlambat kesuksesan

Buang Waktu Aja, Ini 5 Kerugian dari Melakukan Hal Setengah-setengahpexels/Nathan Cowley

Kesuksesan bisa tertunda karena kamu melakukan hal setengah-setengah lho. Misal, saat sedang menempuh pendidikan sarjana, tapi kamu hanya setengah hati, kelulusanmu bisa tertunda dibanding teman-temanmu yang lain yang memiliki tekad lebih kuat. Begitu juga di dunia kerja, jika setengah-setengah kamu akan tertinggal dibanding orang lain yang lebih giat berusaha. 

2. Membuat kita jadi gak berusaha secara maksimal

Buang Waktu Aja, Ini 5 Kerugian dari Melakukan Hal Setengah-setengahpexels/Burst

Ketika menekuni suatu dengan setengah hati, semangat yang dimiliki pun gak akan bisa maksimal. Jika semangat sudah gak maksimal, bagaimana bisa usaha kita jadi maksimal juga? Sementara, ada banyak orang yang berjuang hingga titik darah penghabisan. Kamu akan kalah jauh dibanding mereka, lho. Jalan menuju sukses pun jadi semakin lambat.

Baca Juga: 5 Tips Agar Kamu Bisa Tetap Semangat Sepanjang Hari

3. Ketika usaha hanya setengah, maka hasilnya pun akan setengah, bukankah usaha gak pernah mengkhianati hasil?

Buang Waktu Aja, Ini 5 Kerugian dari Melakukan Hal Setengah-setengahpexels/Pixabay

Tau kan dengan istilah "usaha gak pernah mengkhianati hasil"? Usaha kamu yang cuma setengah-setengah, akan menghasilkan sesuatu yang juga cuma setengah-setengah. Gak pernah ada ceritanya orang yang berusaha seadanya tapi mampu menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Kecuali jika dia memiliki nasib yang sangat beruntung. Kamu yakin mau mengandalkan keberuntungan aja?

4. Gak fokus dan mudah teralihkan oleh hal lain

Buang Waktu Aja, Ini 5 Kerugian dari Melakukan Hal Setengah-setengahpexels/Skitterphoto

Orang yang melakukan sesuatu dengan setengah hati pastilah gak akan fokus 100%. Jika sudah gak fokus, pasti deh gampang buat dialihkan pikirannya. Alhasil, kesuksesan akan semakin jauh.

Analoginya, saat kamu membuka toko roti misalnya. Tapi karena hanya setengah hati, saat melihat temanmu yang pedagang bakso lebih sukses, kamu jadi beralih ke bisnis bakso. Begitu terus hingga akhirnya kamu gak menemukan suatu hal yang ingin kamu tekuni dengan sungguh-sungguh. Gimana bisa sukses cepat kalau begini kan? 

5. Kecenderungan untuk merasa gagal lebih besar

Buang Waktu Aja, Ini 5 Kerugian dari Melakukan Hal Setengah-setengahpexels/Min An

Akibat hanya berusaha setengah-setengah, kamu gampang sekali merasa gagal dan ingin menyerah. Gak ada keinginan untuk bangkit dan berusaha berinovasi atau mencari tau penyebab kegagalanmu. Yakin mau merasakan kegagalan dengan cara ini? Gak kan.

Makanya, jika kamu sudah memilih untuk terjun di suatu hal, tekunilah dengan sepenuh hati. Apapun yang terjadi, harus mampu kamu hadapi. Yakin deh, hasil yang akan didapat sepadan dengan usaha yang sudah kamu lakukan.

Baca Juga: 5 Manfaat Ibadah yang Sering Orang Lupakan, Makanya yang Rajin Ya!

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, full time daughter..,, you can kindly email me: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

25
MEI
2019
20 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You