Comscore Tracker

5 Kerugian yang Dirasakan Jika Kamu Terus Menghindari Tanggung Jawab

Kapan mau jadi dewasa?

Menginjak usia tertentu dalam kehidupan, semua sudah gak berjalan semudah masa kanak-kanak. Semua sudah berada dalam kapasitas tanggung jawab kita dan mau gak mau kita harus menanggung risiko atas segala keputusan yang diambil. Sayangnya, gak semua orang juga bersedia mengambil tanggung jawab dan malah berusaha menghindarinya sebisa mungkin.

Meski terdengar seperti pelarian hidup yang menyenangkan, enggan mengambil tanggung jawab atas segala hal dalam hidup hanya akan membuat kamu merasakan lima kerugian berikut nih.

1. Kamu akan jadi seorang yang pengecut

5 Kerugian yang Dirasakan Jika Kamu Terus Menghindari Tanggung Jawabunsplash/Eutah Mizushima

Gak diragukan lagi, seorang yang terus menghindar dari tanggung jawab hanya akan tumbuh menjadi seorang pengecut. Bukan menghina, namun begitulah kenyataannya. Apa lagi sih istilah yang tepat untuk mereka yang takut menerima resiko dalam kehidupan jika bukan pengecut? Gak mau kan dicap begini?

2. Penyesalan akan sering menyerang karena kamu gak pernah mau mencoba

5 Kerugian yang Dirasakan Jika Kamu Terus Menghindari Tanggung Jawabunsplash.com/Francisco Gonzalez

Menghindar dari tanggung jawab juga pantas disematkan pada kamu yang gak pernah mengambil kesempatan yang tersedia di depan mata. Peluang gak datang begitu sering dalam hidup, lho. Sekali kamu melewatkannya, maka sangat mungkin kamu akan kehilangan dan menyesalinya di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Kerugian Bila Kamu Memelihara Sifat Sombong, Hati-hati Bikin Gerah!

3. Banyak hal-hal baik dalam hidupmu menjadi tertunda

5 Kerugian yang Dirasakan Jika Kamu Terus Menghindari Tanggung Jawabunsplash/Tamara Bellis

Hal-hal baik dalam hidup, akan datang pada mereka yang mau bersusah-susah sebelumnya. Jika sampai saat ini kamu merasa kebahagiaan begitu jauh darimu, maka bisa jadi sebenarnya penyebab itu semua adalah keenggananmu untuk mengambil sebuah tanggung jawab atas beban hidup yang harusnya kamu hadapi. 

4. Kamu pun akan susah merasa bangga pada diri sendiri

5 Kerugian yang Dirasakan Jika Kamu Terus Menghindari Tanggung Jawabunsplash/Clem Onojeghuo

Seseorang juga gak akan bisa merasa bangga pada dirinya jika gak ada pencapaian yang dia lakukan. Sementara, gak akan ada pencapaian yang bisa diraih jika kamu selalu menghindari tanggung jawab. Jadi, seiring dengan seringnya kamu menghindari tanggung jawab, berkurang pula lah rasa banggamu pada diri sendiri. 

5. Selamanya kamu gak akan pernah berkembang dan maju

5 Kerugian yang Dirasakan Jika Kamu Terus Menghindari Tanggung Jawabunsplash/Priscilla Du Preez

Kemajuan dan kesuksesan hanya akan menghampiri mereka yang mau berjuang keras dalam hidupnya. Meraih apa yang kamu cita-citakan dalam hidup bukanlah perkara gampang. Dan tentunya, semua itu akan diiringi oleh sebuah tanggung jawab besar yang gak main-main. 

Lari menghindari sebuah tanggung jawab gak akan membawa kita kemana-mana. Hidup mungkin terasa menyenangkan dan tanpa beban, namun suatu saat nanti akan ada banyak penyesalan yang kamu rasakan. Gak mau kan?

Baca Juga: 5 Kerugian kalau Kamu Ngotot Bela Diri padahal Jelas Salah

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya