Comscore Tracker

Sering Tergesa dalam Melakukan Sesuatu? Ini 5 Kerugian yang Menghadang

Merasa terus diburu waktu

Tergesa-gesa adalah sebuah kebiasaan buruk yang harusnya bisa dikurangi atau bahkan hilangkan. Dalam melakukan apa pun, tergesa-gesa hanya akan bikin kekacauan yang gak perlu dan bahkan menambah ribet segalanya. 

Sebenarnya, tergesa-gesa bisa dihindari dengan cara mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang dari jauh-jauh hari. Dengan begitu, kamu jadi gak merasa terus diburu waktu dan kelimpungan sendiri. Selain itu, ada lima kerugian lain yang akan siap terjadi jika kam sering tergesa-gesa

1. Sering melakukan kekeliruan dan kesalahan

Sering Tergesa dalam Melakukan Sesuatu? Ini 5 Kerugian yang Menghadangilustrasi stres (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Namanya tergesa-gesa, kamu pasti akan asal-asalan dalam melakukan suatu hal. Sesuatu yang dilakukan dengan sembrono, seperti asal jadi atau asal selesai pasti akan memberikan hasil yang sepadan.

Jadi, bukan salah siapa-siapa kalau apa pun yang kamu lakukan itu hasilnya malah gak memuaskan. Ingat, apa yang kamu tanam itulah yang akan dituai. 

2. Melewatkan banyak hal terutama detil kecil yang bisa berakibat fatal

Sering Tergesa dalam Melakukan Sesuatu? Ini 5 Kerugian yang Menghadangilustrasi protes (pexels.com/Karolina Grabowska)

Jangan sepelekan hal-hal kecil. Melakukan sesuatu dengan tergesa bisa banget bikin kamu melewatkan detik kecil ini. Padahal, bisa jadi itu adalah bagian penting yang kalau tertinggal akan berakibat fatal. 

Sebisa mungkin, lakukanlah sesuatu jauh hari sebelum deadline. Apa pun yang kamu lakukan, itu semua perlu ketelitian dan ketenangan dalam melakukannya. 

Baca Juga: 5 Alasan Konyol Pacar Marah-marah ke Kamu, Dewasa Butuh Proses

3. Malah melakukan hal konyol dan jadi becandaan

Sering Tergesa dalam Melakukan Sesuatu? Ini 5 Kerugian yang Menghadangilustrasi tertawa (pexels.com/Kindel Media)

Terjatuh, tercebur, terperosok, dan kejadian-kejadian konyol yang sering kamu tertawakan di media sosial, semua itu terjadi biasanya diakibatkan oleh kurang hati-hati dan terlalu tergesa-gesa.

Gak mau, kan, jadi bahan ledekan semacam ini? Makanya, hindari bersikap tergesa-gesa. Kalau sudah kejadian, siapa yang akan malu coba? Tergesa-gesa itu hanya mendatangkan kerugian belaka, lho. 

4. Menyesali keputusan atau tindakan yang dilakukan

Sering Tergesa dalam Melakukan Sesuatu? Ini 5 Kerugian yang Menghadangilustrasi sedih (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bahkan dalam momen-momen penting di hidup kamu, jangan pernah mengambil risiko dengan memutuskan segalanya secara tergesa-gesa. Bisa-bisa, kamu akan menyesal seumur hidup.

Apa pun yang bersifat krusial dan mempengaruhi masa depanmu, semuanya harus dipikirkan masak-masak. Begitu pula dengan pilihan hidup yang mungkin terasa sepele. Tergesa dalam memutuskan akan menuntun kamu ke jalan yang salah, lho. Jadi jangan main-main, ya. 

5. Sering terserang kepanikan yang sebenarnya gak perlu

Sering Tergesa dalam Melakukan Sesuatu? Ini 5 Kerugian yang Menghadangilustrasi marah (pexels.com/Alex Green)

Namanya tergesa-gesa, kamu akan sangat mungkin jadi terserang rasa panik. Contohnya tergesa karena deadline yang sudah di depan mata. Hal tersebut tentu akan membuatmu panik dan gampang emosi.

Padahal, jika dikerjakan jauh-jauh hari, kamu bisa lebih santai dan enjoy dalam mengerjakannya, kan? Kecuali memang terdesak dan bukan karena kesalahan kamu dalam me-manage waktu, tergesa sama sekali bukan kebiasaan yang baik. Sangat dianjurkan bagi siapa pun untuk berhenti menerapkan hal satu ini. 

Sering tergesa-gesa dalam melakukan apa pun sangat merugikan diri sendiri. Lakukanlah semuanya dengan lebih teliti dan hati-hati. Supaya hasil yang didapat juga bisa maksimal.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Jelas sebelum Putuskan Menikah, Jangan Buru-buru!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya