Comscore Tracker

5 Kesalahan dalam Memberikan Dukungan yang Malah Bisa Berdampak Buruk

Mendukung sesuatu yang salah juga gak baik, lho!

Kedekatan kita dengan seseorang pastinya akan memberikan kecenderungan bagi kita untuk selalu berada di pihak orang tersebut. Memberinya semangat saat dia sedang berjuang, membelanya saat dia terlibat konflik dengan orang lain, mencari solusi saat dia punya masalah, dan berbagai bentuk dukungan lainnya yang tentu akan dengan sukarela kita berikan.

Masalahnya, memberi dukungan ini ternyata gak melulu mendatangkan efek positif pada diri seseorang. Dukungan itu sendiri juga gak selalu bisa dibenarkan. Ada beberapa bentuk dukungan yang justru patut untuk dianggap salah dan perlu segera dibenahi. Yuk simak poinnya berikut ini.

1. Tebang pilih saat memberi dukungan

5 Kesalahan dalam Memberikan Dukungan yang Malah Bisa Berdampak Burukunsplash/Gemma Chua-Tran

Misal nih, ketika adikmu menyontek pekerjaan temannya, kamu malah memberikan pembenaran dan memperbolehkan dia melanjutkan tindakannya itu. Namun, ketika kamu melihat orang yang gak kamu sukai melakukan tindakan serupa, kamu malah menyalahkannya, menuduh dia curang, dan lain sebagainya.

Bentuk dukungan seperti ini hanya akan membuat orang terdekat kita merasa bahwa perbuatannya benar. Lama-kelamaan, bisa-bisa kamu merusak cara berpikirnya dan mengubah kepribadiannya menjadi gak baik. Duh, jangan sampai deh!

2. Dukungan yang gak diikuti aksi serupa

5 Kesalahan dalam Memberikan Dukungan yang Malah Bisa Berdampak Burukpexels.com/cottonbro

Dukungan yang bisa masuk kategori keliru berikutnya adalah ketika kita memberikan dukungan namun gak diikuti aksi. Misal, ketika kita bilang bahwa kita mendukung pasangan yang sedang berusaha menyelesaikan studinya. Tapi nyatanya, kita malah sering ngajak dia jalan-jalan, menghabiskan waktu untuk bersantai, dan membuat dia lupa pada tugas-tugas serta kewajibannya tersebut. Hayo, kamu gak begini kan?

Baca Juga: Berikan Perhatian, 5 Ciri Sahabat Tengah Kesepian dan Butuh Dukungan

3. Dukungan yang hanya mengharap imbalan

5 Kesalahan dalam Memberikan Dukungan yang Malah Bisa Berdampak Burukpexels/nappy

Dukungan lain yang juga keliru adalah ketika kita mengharapkan imbalan atas dukungan tersebut. Kita jadi orang yang begitu kikir dan selalu memikirkan soal apa yang akan kita dapat jika mendukung seseorang. Gak semua hal bisa diukur dengan uang, lho.

4. Di depan mendukung, tapi di belakang menjatuhkan

5 Kesalahan dalam Memberikan Dukungan yang Malah Bisa Berdampak Burukunsplash/Becca Tapert

Saat sahabatmu memulai suatu pekerjaan baru yang sebenarnya sangat dia sukai dan dia berharap bisa sukses di bidang tersebut. Kamu yang tau hal itu tentu akan mengatakan kata-kata semangat, dan lain sebagainya.

Tapi, ternyata diam-diam di belakangnya, kamu malah mencibir apa yang dia lakukan, berusaha menunjukkan bahwa pilihannya untuk memilih bidang pekerjaan itu adalah salah, dan lebih parah lagi jika kamu malah menghasut orang-orang untuk gak mendukung dia. Wah, siapa pun pasti sakit hati kalau diperlakukan begini.

5. Dukungan yang hanya separuh hati

5 Kesalahan dalam Memberikan Dukungan yang Malah Bisa Berdampak Burukunsplash/Toa Heftiba

Dukungan yang gak sepenuh hati juga bisa dibilang keliru. Kalau kamu memang ingin mendukung, maka tunjukkan lah dukungan yang sepenuhnya. Jangan setengah-setengah. Kalau memang ada yang gak sreg di hatimu, sebelum memberi dukungan berikanlah masukan dari sudut pandangmu pada orang yang bersangkutan. Jangan sampai ketika sudah separuh jalan, dia malah kamu tinggalkan hanya karena masih ragu.

Dukungan dalam bentuk apa pun bisa jadi sebuah pemacu semangat yang begitu berharga bagi seseorang, lho. Tentunya, kita mau dukungan yang kita berikan bisa sampai dan membuat orang tersebut merasa senang dan bukan malah sebaliknya, kan?

Makanya, lima kesalahan dalam memberikan dukungan yang disebutkan di atas perlu dihindari, ya!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya