Comscore Tracker

5 Kesalahan Menyikapi Orang Lain yang Bikin Kamu Insecure Sendiri

Negative thinking terus sih, jadi insecure kan?

Merasa insecure adalah sebuah perasaan yang sangat gak menyenangkan. Siapa pun pasti gak mau mengalami hal ini. Sayangnya, banyak orang yang yang justru membiarkan dirinya merasa insecure sendiri. 

Bisa jadi disebabkan karena dia menyikapi orang lain dengan cara cara yang keliru. Beberapa poin di bawah ini jadi contohnya nih. Apa kamu pernah begini? 

1. Kamu hanya melihat kelebihan orang lain tanpa melihat perjuangannya

5 Kesalahan Menyikapi Orang Lain yang Bikin Kamu Insecure Sendiriunsplash/Yanapi Senaud

Ketika ada orang yang lebih sukses dan terlihat bahagia apa kamu pernah hanya melihat proses akhir tersebut? Kalau iya, pasti deh kamu akan merasa insecure setelahnya. Apalagi jika pada kenyataannya Kamu sendiri sedang berjuang. Rasanya perjuanganmu pasti terlihat dan terasa lebih susah dan berat. Iya gak?

2. Merasa semua orang menghina kamu padahal sebenarnya gak

5 Kesalahan Menyikapi Orang Lain yang Bikin Kamu Insecure Sendiriunsplash/Cynthia Magana

Zaman sekarang memang agak susah membedakan antara kepedulian dan dan keingintahuan yang hanya bertujuan untuk menghina. Ujung-ujungnya, kita bisa jadi salah mengartikan maksud dari orang tersebut. Selalu berpikiran negatif akan membuat kita merasa orang tersebut hanya ingin menghina kita aja. Makanya pikiran seperti ini jangan dipelihara. Lebih baik ganti deh dengan pikiran positif yang membangun. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Boleh Membandingkan Diri dengan Orang Lain

3. Senang membandingkan dirimu dengan orang lain

5 Kesalahan Menyikapi Orang Lain yang Bikin Kamu Insecure Sendiriunsplash/Les Anderson

Sudah nggak diragukan lagi, kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain akan membuat kamu mudah merasa insecure. Apalagi, membandingkan diri dengan orang lain di zaman sekarang seakan sudah difasilitasi yaitu melalui media sosial. Hidup orang lain yang mereka post di media sosial belum tentu seindah kenyataannya, lho. Jadi jangan pernah merasa minder karena hal itu. 

4. Menganggap dunia ini sebagai ajang kompetisi

5 Kesalahan Menyikapi Orang Lain yang Bikin Kamu Insecure Sendiriunsplash/Anastasi Vityukova

Selanjutnya, kamu juga gampang merasa insecure apabila selalu menganggap dunia ini sebagai ajang kompetisi. Setiap kali ada orang lain yang meraih pencapaian lebih daripada kamu, kamu merasa tersaingi dan gagal. Ini nih yang bikin kamu terus-menerus merasa tertekan sendiri.

5. Membiarkan orang lain mengendalikan pikiranmu dan membuatmu down

5 Kesalahan Menyikapi Orang Lain yang Bikin Kamu Insecure Sendiriunsplash/Priscilla Du Preez

Rasa insecure juga gampang menyerang ketika kamu membiarkan orang lain mengendalikan pikiran dan menjatuhkan semangatmu. Ingat, kamu punya kendali tentang bagaimana harus menyikapi kalimat negatif dari orang lain. Tentukan apakah itu akan kamu jadikan sebagai motivasi atau kamu akan membiarkan diri termakan dengan semua omongan itu dan menyerah. 

Siapa pun akan sangat mungkin merasa insecure karena berbagai sebab. Namun, jangan sampai kita jadi orang yang insecure akibat salah menyikapi tindakan orang lain ya. Karena, untuk menyembuhkannya akan cukup sulit kalau bukan dari kesadaran dan keinginanmu sendiri, bener gak? 

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Teman yang Sering Membuatmu Insecure

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya