Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Tengah Meminta Dukungan

Jangan bagai kacang yang lupa kulitnya, ya!

Saat sedang berada dalam suatu masalah atau saat kita sedang berusaha untuk menggapai sesuatu dalam hidup, tentu kita butuh dukungan dan bantuan dari orang lain. Entah itu secara moril, ataupun materil. Kita gak akan bisa terus-terusan hanya bergantung pada diri sendiri selama-lamanya.

Meski sudah menyadari fakta tersebut, sayangnya masih banyak dari kita yang bersikap atau mengambil tindakan keliru saat membutuhkan dukungan dari orang lain. Biar gak melakukan kesalahan yang sama, yuk kita cari tahu kekeliruan macam apa sih yang harus kita hindari saat membutuhkan dukungan dari orang lain berikut ini.

1. Gak menjelaskan dengan detil dukungan seperti apa yang dibutuhkan

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Tengah Meminta Dukunganpexels/nappy

Kekeliruan pertama yang cukup sepele namun bisa menimbulkan kesalahpahaman luar biasa adalah ketika kita gak menjelaskan dengan detil dukungan seperti apa yang dibutuhkan. Sejatinya, orang lain gak bisa membaca pikiran kita dengan mudah. Makanya mereka perlu kita beri tahu dengan jelas. Apakah dukungan yang kita perlukan bersifat moril, materil, atau yang lainnya.

2. Menolak saran dan masukan yang diberikan

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Tengah Meminta Dukunganunsplash/Ryan Loughlin

Jika dukungan yang kamu butuhkan adalah berupa saran dan kata-kata motivasi, maka sudah sepantasnya kamu mendengar masukan yang diberikan. Saran dan masukan tersebut adalah untuk kebaikan kamu juga. Jangan malah ngotot dan bersitegang dengan mereka yang memberi masukan padamu.

Baca Juga: Deretan Alasan Simpel Mengapa Kesalahan Orang Gak Bisa Kamu Maafkan

3. Malah terkesan pamer dan bertujuan meninggikan diri sendiri

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Tengah Meminta Dukunganunsplash/@wocintechchat

Saat meminta dukungan kamu gak perlu jadi pamer, lho. Sebagai contoh, saat kamu meminta dukungan karena ingin mengikuti kompetisi nasional, jangan malah merasa begitu hebat bahkan sebelum bertanding. Ujung-ujungnya jadi gak ada yang mau memberi dukungan, lho.

4. Cara yang dilakukan juga gak baik dan gak sopan

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Tengah Meminta Dukunganunsplash/Alexis Mora Angelo

Sudah sepantasnya, kita tetap mengedepankan etika dan bersikap baik saat meminta dukungan. Bukan malah sombong, berkata kasar, dan bikin orang lain kesal. Kalau begini, kamu bukannya dapat dukungan tapi malah didoakan biar gagal, lho. Gak mau kan?

5. Saat berhasil, kita malah lupa sama orang tersebut

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Tengah Meminta Dukunganunsplash/Nghia Le

Jika saat berhasil kamu malah lupa sama orang yang kamu mintai dukungan tersebut, maka ini adalah tanda bahwa kamu harus segera mengoreksi diri. Kesalahan satu ini juga masih sering terjadi nih. Entah itu sadar atau gak, keberhasilan memang bisa bikin seseorang tiba-tiba lupa sama jasa orang sekitarnya.

Kita hidup di dunia ini gak sendiri. Akan selalu ada beberapa hal yang gak bisa dikerjakan sendiri. Bahkan ketika kita sedang memperjuangkan sesuatu pun, sebuah dukungan bisa jadi besar maknanya.

Makanya, jangan sampai kita merugikan diri sendiri dengan melakukan lima kesalahan di atas saat sedang meminta dukungan, ya. Setuju?

Baca Juga: Wajib Dihindari, Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Para Freelancer

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya