Comscore Tracker

5 Hal yang Kamu Lakukan Ketika Belum Bisa Mengejar Passion

Gak usah terbebani!

Bekerja sesuai passion adalah keinginan banyak orang. Namun, tentu gak semua orang bisa mendapatkan keberuntungan semacam itu. Berbagai alasan tersebut membuat beberapa orang harus bertahan dengan pekerjaan yang ada dan belum mampu mengejar passion mereka meskipun ingin. Nah, jika kamu berada di posisi ini, ada lima hal yang bisa kamu lakukan sembari menunggu, nih. 

1. Mencintai pekerjaan yang saat ini kamu jalani

5 Hal yang Kamu Lakukan Ketika Belum Bisa Mengejar Passionilustrasi muslimah bekerja (Pexels.com/Cedric Fauntleroy)

Gak punya pilihan lain untuk sementara waktu ini, kamu tentu harus menyukai dan bahkan mencintai pekerjaan yang saat ini dijalani. Dengan cara ini, kamu gak akan merasa berat ketika harus berangkat bekerja. Perasaan ringan itu akan memudahkanmu dalam melakukan pekerjaan tersebut. 

Walaupun hati dan pikiranmu sangat ingin mengejar passion, tapi mungkin untuk sementara, ini bukanlah saatnya. Percayalah bahwa suatu saat nanti kamu akan bisa bekerja sesuai passion

2. Berusaha menemukan pola yang tepat untuk mengatur waktumu

5 Hal yang Kamu Lakukan Ketika Belum Bisa Mengejar Passionilustrasi membuka usaha (Pexels.com/Quang Nguyen Vinh)

Sembari menekuni pekerjaan yang dijalani, cobalah untuk belajar mengatur waktu. Pelan-pelan, temukan pola yang tepat agar kamu bisa melakukan hal lain disela kesibukan. Nantinya, kamu bisa memulai melakukan passion mu di antara waktu yang sudah kamu tentukan. 

Gak usah terburu-buru, gak ada yang mengejarmu juga untuk segera bekerja sesuai passion. Cukup jalani dengan bahagia dan santai, lama-lama ketika polanya sudah ketemu, mulailah untuk konsisten. 

Baca Juga: 5 Renungan untukmu yang Sibuk Mengejar Passion, Sampai Kapan? 

3. Konsisten dan mulai dengan perlahan

5 Hal yang Kamu Lakukan Ketika Belum Bisa Mengejar Passionilustrasi orang bekerja (Pexels.com/cottonbro)

Sesuatu yang dikerjakan dengan tergesa-gesa hanya akan membuat kamu melakukan kecerobohan dan kesalahan. Sebisa mungkin, hindari agar hal ini gak terjadi. Maka, lakukanlah dengan perlahan dan penuh perhitungan. 

Ingat, pekerjaan yang saat ini kamu jalani, harus terus berjalan seperti biasa. Jangan sampai keinginanmu untuk mengejar passion justru mengacaukan segalanya. 

4. Mencari komunitas yang satu passion denganmu

5 Hal yang Kamu Lakukan Ketika Belum Bisa Mengejar Passionilustrasi teman baik (Pexels.com/Gustavo Fring)

Setelah bisa menata waktu dan dirimu, berikutnya adalah mencari circle yang tepat agar kamu terus termotivasi. Memulai sesuatu adalah hal yang sulit, namun lebih sulit lagi untuk konsisten menekuninya. Meski awalnya kamu bersemangat karena akan mengejar passion yang selama ini diimpikan, namun lambat laun semangat itu akan turun dan naik. 

Inilah kenapa penting banget untuk mempertahankan semangat yang ada. Salah satu caranya adalah dengan menemukan teman atau komunitas yang punya ketertarikan yang sama denganmu. 

5. Fokus memperbaiki diri

5 Hal yang Kamu Lakukan Ketika Belum Bisa Mengejar Passionilustrasi orang membaca (Pexels.com/Darina Belonogova)

Selebihnya, fokuslah untuk terus memperbaiki diri. Passion yang mulai kamu geluti harus terus digali agar kamu menjadi semakin mahir dan ahli. Sehingga lama-kelamaan kamu akan bisa menekuninya sebagai sebuah pekerjaan. 

Gak akan instan, proses ini harus dijalani dengan penuh kesabaran. Mungkin butuh beberapa tahun hingga kamu bisa menemukan polanya, tapi itu akan sepadan dengan hasilnya. Jadi, teruslah belajar dan upgrade ilmunya.

Mengejar passion saat kamu sudah punya pekerjaan memang akan cukup menyulitkan. Tapi bukan berarti itu gak mungkin untuk dilakukan. Lima langkah di atas bisa dicoba agar ke depannya kamu bisa mendapatkan penghasilan dari passion mu itu. Semangat, ya. 

Baca Juga: 5 Hal yang Kamu Rasakan Saat Bekerja Sesuai Passion, Super Happy!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya