Comscore Tracker

Ketika Kamu Merasa Gak Cukup Baik, Lakukan 5 Langkah Sederhana Ini!

Berhenti membandingkan diri dengan orang lain!

Kita semua pasti pernah berada di momen terendah dalam hidup. Rasanya seolah apa pun yang kita lakukan gak berarti apa-apa dan kita gak cukup baik untuk siapa pun bahkan untuk diri kita sendiri. Hidup seperti gak berpihak pada kita karena kita gak sehebat si A dalam pekerjaan, atau sebahagia si B dalam hubungan percintaan.

Hayo, jika kamu sedang merasakan hal itu saat ini, coba deh 5 langkah awal ini untuk mengembalikan semangat hidupmu kembali.

1. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain, terutama di media sosial

Ketika Kamu Merasa Gak Cukup Baik, Lakukan 5 Langkah Sederhana Ini!unsplash/freestocks.org

Perasaan tidak cukup baik seringkali datang karena kita membandingkan diri dengan orang lain. Efek buruk dari seringnya kita melihat kebahagiaan orang di media sosial, memang bisa membuat kita menjadi rendah diri dan gak merasa cukup baik bagi siapapun. Yang lebih parah, ketika kita kemudian merasa tidak berguna dan bahkan menyesali kehidupan.

Berhenti sejenak dari media sosial bisa jadi solusi yang cukup ampuh. Fokus lah pada diri sendiri dari sekarang.

2. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Ketika Kamu Merasa Gak Cukup Baik, Lakukan 5 Langkah Sederhana Ini!unsplash/Max Felner

Ketika kita sudab menghentikan kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain, saatnya kita mulai fokus pada diri sendiri. Luangkan waktu me-time dan berdialog lah dengan diri sendiri secara lebih intens. Tanyakan apa keinginanmu, cita-citamu, dan lakukan juga hal-hal yang bisa membuat kamu lebih bahagia.

3. Hargai dirimu sendiri dan apa pun yang sudah kamu lakukan untuk memperbaiki diri

Ketika Kamu Merasa Gak Cukup Baik, Lakukan 5 Langkah Sederhana Ini!unsplash/Giulia Bertelli

Jangan lupa untuk memberikan penghargaan kepada diri sendiri. Gak ada yang tahu perjuangan apa yang sudah kamu lakukan hingga sampai ke titik ini kecuali dirimu sendiri. Jika kamu saja gak bisa menghargai diri, bagaimana orang lain akan menghargaimu?

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Memberikan Self Reward untuk Diri Sendiri

4. Menghindarlah dari toxic people yang sering membuatmu merasa down

Ketika Kamu Merasa Gak Cukup Baik, Lakukan 5 Langkah Sederhana Ini!unsplash/Natalie Grainger

Gak bisa disangkal juga, kita seringkali merasa down karena omongan orang sekitar. Terutama, para toxic people yang kerjaannya tiap hari adalah menjatuhkan kepercayaan diri orang.

Menghindarlah dari orang jenis ini karena gak akan ada keuntungan yang kamu bisa dapatkan dari mereka. Yang ada, kamu hanya akan terpuruk semakin dalam jika membiarkan orang-orang itu tetap ada dalam lingkaran pergaulanmu.

5. Katakan "terima kasih" pada diri sendiri dan juga kepada Tuhan atas semua yang kamu punya

Ketika Kamu Merasa Gak Cukup Baik, Lakukan 5 Langkah Sederhana Ini!unsplash/fifi fauziyah

Memgucap syukur dan berterima kasih kepada Tuhan dan kepada diri sendiri akan membuka matamu kembali dan kamu akan melihat betapa banyak sekali yang sudah Tuhan berikan untukmu. Kamu juga akan sadar bahwa sebenarnya kamu sudah berusaha dan sudah cukup baik kok. Lagipula, semua orang terus berproses untuk memperbaiki diri.

Jadi, gak ada orang yang benar-benar gak cukup baik untuk siapapun kecuali mereka yang gak mau berusaha. Jika kamu selama ini sudah melakukan yang terbaik, gak ada yang perlu kamu khawatirkan. Teruslah berproses dan jadilah pribadi yang mampu menghargai diri sendiri. Setuju?

Baca Juga: 5 Renungan untuk yang Merasa Tak Berdaya Melawan Ego Diri Sendiri  

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You