Comscore Tracker

5 Keuntungan yang Didapat jika Kamu Mampu Kritis Terhadap Diri Sendiri

Gak gampang menyerah!

Bersikap kritis dalam kehidupan sehari-hari mendatangkan keuntungan buat kita. Kita jadi lebih bisa melihat segala hal dari sudut pandang yang berbeda. Kita juga gak mudah termakan berita bohong yang ada. Serta masih banyak keuntungan lainnya juga.

Tapi, pernah gak sih kalian mencoba bersikap kritis terhadap diri sendiri? Ternyata kita bisa banget lho untuk menjadi kritis pada diri sendiri dengan cara yang sewajarnya dan gak berlebihan. Pastinya, ini juga mendatangkan keuntungan bagi diri kita. Apa aja sih? Yuk simak.

1. Kamu akan lebih mudah melihat kekuranganmu dan meminimalisirnya

5 Keuntungan yang Didapat jika Kamu Mampu Kritis Terhadap Diri Sendiriunsplash/Mike Von

Dengan bersikap kritis pada diri sendiri, kamu akan lebih mudah melihat kekuranganmu. Sebelum orang lain memberi tahumu, kamu sudah menyadarinya terlebih dahulu. Lambat laun, kamu juga akan bisa meminimalisir dan mencari solusi yang tepat untuk menutupi kekurangan tersebut.

2. Kritis juga memunculkan rasa ingin berubah jadi lebih baik

5 Keuntungan yang Didapat jika Kamu Mampu Kritis Terhadap Diri Sendiripexels/Moose Photos

Buat kalian yang selama ini merasa nyaman dengan diri kalian apa adanya. Coba deh untuk mulai kritis pada diri sendiri. Lama-kelamaan, rasa ingin berubah dan memperbaiki diri pasti akan muncul. Ini baik banget bagi kita karena akan membawa kita pada kebaikan.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dilakukan agar Kamu Bisa Terbiasa Berpikir Kritis

3. Kritis pada diri sendiri juga memudahkan kamu dalam menerima kritik

5 Keuntungan yang Didapat jika Kamu Mampu Kritis Terhadap Diri Sendiripexels/Andrea Piacquadio

Karena sudah terbiasa mengkritik diri sendiri, maka bukan hal yang susah saat kita harus menerima kritik dari orang lain. Kita akan melihat kritik orang lain sebagai bentuk perhatian dan bentuk kepedulian yang langka dan berharga. Menjadi kritis pada diri sendiri juga menjadikan kita tangguh dan memandang segalanya dari sudut pandang orang lain.

4. Kamu pun terbiasa berusaha lebih keras dan lebih maksimal

5 Keuntungan yang Didapat jika Kamu Mampu Kritis Terhadap Diri Sendiripexels/ShotPot

Karena merasa selalu kurang dan jauh dari sempurna, kita tentu akan berusaha lebih keras dan lebih maksimal dibanding kebanyakan orang. Hal ini mendatangkan kebaikan selama kita melakukannya dalam kadar yang pas dan sesuai dengan kemampuan kita. Pekerjaan apapun yang kita lakukan jadi menghasilkan sesuatu yang lebih dibanding orang kebanyakan.

5. Selama gak berlebihan, sikap ini baik buat masa depanmu

5 Keuntungan yang Didapat jika Kamu Mampu Kritis Terhadap Diri Sendiriunsplash/Nghia Le

Kritis pada diri sendiri akan mendatangkan keuntungan selama gak berlebihan. Karena bagaimanapun juga segala yang berlebihan itu gak baik, kan? Jadi tetaplah pada kadar yang sesuai dan gak memaksakan diri dengan cara yang gak wajar. Tetaplah kritis pada diri sendiri dan iringi dengan apresiasi atas segala usaha kita tersebut.

Keinginan untuk menjadi lebih baik, berusaha lebih keras, menerima kritik sebagai sebuah kepedulian, dan berbagai keuntungan lainnya akan kita dapat jika kita mampu kritis pada diri sendiri. Kritis dalam melihat segala hal juga membuat wawasan kita lebih luas dan gak melulu berpatokan pada satu pemikiran dangkal aja. Siap mencoba jadi pribadi yang kritis?

Baca Juga: 6 Jenis Kritik Ini Sebaiknya Gak Perlu Terlalu Kamu Pedulikan

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya