Comscore Tracker

Gak Selalu Negatif, Ini 5 Keuntungan dari Lakukan Pencitraan

Selama gak merugikan orang lain, boleh-boleh aja kok

Selama ini kita selalu merasa bahwa pencitraan adalah tindakan yang sejatinya bersifat negatif. Saking negatifnya, kita seringkali membenci orang yang menurut kita sering melakukan tindakan satu ini. Padahal, bukan gak mungkin kita juga pernah melakukannya, lho.

Disadari atau gak, melakukan pencitraan memang merupakan salah satu karakter khas manusia yang memang lebih cenderung untuk melakukan sesuatu yang memberi keuntungan pada dirinya. Daripada fokus pada negatifnya saja, yuk kita telusuri beberapa manfaat dibalik alasan orang-orang yang gemar atau bahkan sangat pandai dalam melakukan pencitraan ini.

1. Mampu dekat dengan orang yang bahkan terasa tidak mungkin

Gak Selalu Negatif, Ini 5 Keuntungan dari Lakukan Pencitraanunsplash/rawpixel

Seseorang yang ahli dalam melakukan pencitraan bisa banget dekat dengan siapapun, lho. Bahkan dengan para pejabat atau atasan yang bagi orang kebanyakan sulit dijangkau. Level yang berbeda, atau link yang gak memungkinkan seringkali menjadi alasan banyak orang gak bisa terhubung dengan beberapa orang tertentu.

Tapi, ini gak berlaku bagi siapapun yang pandai mengambil hati dan mendekatkan diri dengan orang lain melalui cara pencitraan. Makanya jangan heran kalau si ahli pencitraan selalu punya teman dari kalangan manapun. Jika gak merugikan siapa-siapa, kamu juga boleh kok melakukan cara ini untuk menambah relasi.

2. Keuntungan materi berupa uang atau barang

Gak Selalu Negatif, Ini 5 Keuntungan dari Lakukan Pencitraanunsplash/Daria Shevtsova

Jika relasi sudah banyak, kenalan sudah dimana-mana, punya teman dari berbagai kalangan, tentu kesuksesan juga gak akan jauh darimu. Bisnis atau pekerjaan yang kamu tekuni, dipastikan bisa berjalan dengan lebih mulus dibanding jika kamu gak punya relasi. Makanya, jangan heran kalau orang yang pandai melakukan pencitraan terlihat lebih sukses dibanding yang lain.

Baca Juga: 1 dari 8 Pencitraan di Media Sosial ini Pasti Pernah Kamu Lakukan

3. Membangun imege yang baik di mata orang lain

Gak Selalu Negatif, Ini 5 Keuntungan dari Lakukan Pencitraanunsplash/Mimi Thian

Keuntungan lain dari melakukan pencitraan adalah terciptanya imej kita yang baik dimata orang lain. Tapi perlu diingat, jangan sampai imej yang sudah diciptakan tersebut dirusak karena kelakuan atau tindakan kita sendiri. Jika imej kita sudah baik, harusnya itu bisa menjadi motivasi bagi kita agar gak cuma sekedar pencitraan, tapi aslinya pun kita baik hati dan gak sombong. Oke, guys?

4. Jarang terlihat kesusahan dan gak suka dikasihani, sehingga menjadikan kita orang yang tangguh

Gak Selalu Negatif, Ini 5 Keuntungan dari Lakukan Pencitraanpexels/Matthias Cooper

Orang yang suka membuat pencitraan tentu gak suka jika harus menunjukkan permasalahan hidupnya. Baginya, orang lain gak perlu tahu penderitaan yang dia alami dan hanya perlu menyaksikan pencapaian yang dia raih. Memiliki mental seperti ini lama kelamaan akan membuat kita menjadi orang yang tangguh dan gak suka terlihat lemah. Alhasil, kita bisa menjadi pribadi yang mandiri dan gak mudah bergantung pada orang lain.

5. Dianggap beruntung oleh orang lain

Gak Selalu Negatif, Ini 5 Keuntungan dari Lakukan Pencitraanunsplash/Anthony Ginsbrook

Meskipun penilaian orang lain sebenarnya gak penting, tapi bagi orang yang rajin membuat pencitraan hal ini sangat penting lho. Sehingga, yang dia bagikan kepada orang lain baik di media sosial maupun di dunia nyata adalah hal-hal menyenangkan saja. Pada akhirnya, tindakan ini akan membuat orang lain merasa kita adalah orang yang selalu beruntung. Tanpa disadari, ini juga bisa jadi doa dan motivasi bagi kita lho.

Pencitraan jika hanya berupa kebohongan belaka memang gak ada baik-baiknya, guys. Tapi, jika pencitraan itu sebenarnya merupakan hal yang benar dan membawa manfaat, kenapa gak? Perlu dicatat, jangan berlebihan ya. Nanti yang ada kamu malah dibilang suka pamer.

Baca Juga: Serem, Ini 7 Dampak Negatif Jika Terlalu Sering Membuat Pencitraan

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You