Comscore Tracker

5 Keuntungan yang Didapat Saat Pergi Merantau ke Negeri Orang

Pengalaman baru, teman baru!

Meninggalkan kampung halaman dan tinggal di tempat lain adalah sebuah keputusan besar yang gak semua orang bisa melakukannya, lho. Gak semua orang berani mengambil keputusan satu ini. Sebab, tinggal jauh dari rumah dan sendirian tanpa siapa-siapa adalah pertaruhan yang cukup besar.

Merantau bisa bertujuan untuk mencari pekerjaan, menuntut ilmu, atau untuk mengikuti suami atau istri, juga berbagai alasan lainnya. Untuk alasan apapun itu, merantau akan memberikanmu banyak hal menarik yang akan mengubah cara pandangmu terhadap dunia.

Ini nih beberapa keuntungan merantau yang bisa kamu rasakan. 

1. Pengalaman yang gak terlupakan

5 Keuntungan yang Didapat Saat Pergi Merantau ke Negeri Orangilustrasi pengalaman (Pexels.com/Git Stephen Githau)

Gak akan ada pengalaman yang bisa menggantikan kenangan tak terlupakan saat pertama kali merantau. Kebingungan namun juga disanding dengan rasa excited yang bikin jantung berdegup kencang. Feel seperti ini hanya akan terjadi sekali seumur hidup, lho. 

Setiap hal pertama yang terjadi di tempat rantauan dijamin akan bikin kamu kangen saat sudah melaluinya. Bisa banget untuk bahan cerita buat anak cucu kelak. 

2. Punya teman baru di tempat baru

5 Keuntungan yang Didapat Saat Pergi Merantau ke Negeri Orangilustrasi orang berteman (pexels.com/Kamaji Ogino)

Sebagai makhluk sosial, kamu akan otomatis mencari teman saat berada di tempat baru. Sehingga saat merantau, kamu pasti akan punya teman baru. Bahkan, bisa jadi teman-teman di tempatmu merantau ini jauh lebih sefrekuensi ketimbang teman-temanmu sebelumnya. 

Jangan pernah takut akan sendirian di tempat rantau. Kamu pasti akan bertemu dengan orang-orang yang terasa seperti saudara sendiri nantinya. 

Baca Juga: 5 Tips Sukses Merantau, Makin Mandiri dan Bermental Kuat

3. Kemampuan memecahkan masalah yang lebih terasah

5 Keuntungan yang Didapat Saat Pergi Merantau ke Negeri Orangilustrasi orang menulis (Pexels.com/Kaboompics. com)

Berada di tempat rantauan, berarti kamu sudah keluar dari zona nyaman. Jika sebelumnya di rumah kamu selalu punya orang yang bisa diandalkan, entah itu orangtua ataupun saudara, ini gak berlaku ketika merantau. 

Disebabkan gak ada orang yang bisa kamu andalkan selain diri sendiri, kamu pun jadi dipaksa untuk mandiri. Lama kelamaan, kemampuan memecahkan masalah akan terbentuk dengan sendirinya. 

4. Lebih menghargai waktu bersama keluarga saat pulang

5 Keuntungan yang Didapat Saat Pergi Merantau ke Negeri Orangilustrasi keluarga (pexels.com/Askar Abayev)

Kelebihan lain dari merantau adalah kamu jadi sangat menghargai waktu bersama keluarga saat pulang ke rumah.

Jika sebelumnya kamu bersikap cuek dan cenderung malas berada di rumah dan lebih suka keluyuran, beda halnya saat sudah merantau. Betah deh berlama-lama di rumah walaupun gak ngapa-ngapain. 

Makanan di rumah jadi terasa lebih enak, kasur terasa lebih nyaman, dan lain sebagainya. Itu karena kamu jarang merasakannya. 

5. Wawasan yang lebih terbuka lebar

5 Keuntungan yang Didapat Saat Pergi Merantau ke Negeri Orangilustrasi orang travelling (Pexels.com/Anna Shvets)

Gak cuma berada di tempat kelahiran yang membuat wawasanmu terbuka lebih lebar.

Bertemu dengan orang-orang yang memiliki latar belakang budaya berbeda atau hidup di tempat di mana tradisinya berbeda dengan tempat tinggal kamu selama ini, semua itu akan mengajarkan banyak hal baru sehingga kamu jadi tahu bahwa ada banyak perbedaan di dunia ini.

Semuanya gak selalu begitu-begitu aja. Kamu harus bisa berbaur serta menerima berbagai keragaman tersebut. Dengan begini, kamu pun jadi orang yang gak gampang menghakimi atau mengkotak-kotakan orang lain. 

Berbagai kelebihan tersebut membuat siapapun dijamin akan ketagihan untuk merantau dan mencari pengalaman baru. Tapi ingat, apapun tujuanmu dalam merantau, sesekali pulanglah. Di sana ada orang-orang yang merindukanmu dan mengkhawatirkanmu. Setuju guys

Baca Juga: 5 Kiat Memilih Kos Tepat bagi Kamu yang Hendak Merantau

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya