Comscore Tracker

5 Momen Kamu Gak Perlu Memikirkan Komentar Orang Lain, Catat!

Hidupmu adalah pilihanmu!

Hidup bersosial memang sudah sewajarnya kita lakoni sebagai manusia biasa. Seindividualis apapun, terkadang, kita memang membutuhkan orang lain. Begitu juga dengan masukan, pendapat, dan kritik yang membangun. Semua itu tentu kita perlukan demi bisa memacu diri untuk menjadi lebih baik. 

Namun, pastinya ada juga momen-momen dimana kita perlu menutup mata dan telinga dari apapun komentar yang diberikan orang lain. Apalagi, jika komentar tersebut hanya membuat kita down dan kehilangan semangat. Gak cuma itu saja, ada deretan momen lain di mana kita perlu lebih fokus pada diri sendiri daripada komentar orang lain, nih. Yuk simak! 

1. Saat hatimu yakin pada keputusanmu

5 Momen Kamu Gak Perlu Memikirkan Komentar Orang Lain, Catat!ilustrasi orang travelling (Pexels.com/Steven Putong)

Apapun keputusan yang kamu buat, baik itu besar ataupun kecil, selama kamu yakin dan hatimu sudah mantap, maka gak ada alasan untuk mendengarkan pendapat orang lain. Akan ada banyak orang yang berusaha menjatuhkanmu. Ketakutan perlahan akan menggerogoti jika kamu membiarkan komentar negatif dari orang-orang ini.

Makanya, lebih baik kamu terus maju dengan keputusan tersebut, dan jangan menyerah. Suatu saat nanti hasilnya pasti akan mampu membungkam mereka yang meremehkanmu. 

2. Selama yang kamu lakukan gak melanggar aturan dan norma yang berlaku

5 Momen Kamu Gak Perlu Memikirkan Komentar Orang Lain, Catat!ilustrasi orang ngobrol (Pexels.com/George Milton)

Pastinya, ada aturan dan norma yang berlaku di masyarakat. Nah, selama apa yang kamu lakukan gak melanggar hal-hal tersebut, mendengar komentar orang lain gak akan ada gunanya. Kemungkinan yang terjadi justru kamu akan lebih banyak memikirkan kegagalan karena terlalu memasukan ke hati apa yang diucapkan orang lain.

Jarang banget kamu akan mendapat dukungan kecuali dari mereka yang benar-benar menyayangimu dan menginginkan yang terbaik bagimu. Jadi, mending fokus aja, ya. 

3. Ketika kamu sudah mempertimbangkan dan mempersiapkan segalanya dengan matang

5 Momen Kamu Gak Perlu Memikirkan Komentar Orang Lain, Catat!ilustrasi orang bercermin (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Saat kamu sudah memutuskan sesuatu dan hal itu sudah melalui pertimbangan dan persiapan yang lama, segeralah tutup mata dan telinga dari komentar negatif yang berdatangan. Kamu sudah sampai sejauh ini dan hanya perlu memulai semuanya. Mendengarkan komentar negatif akan membuat kamu mengurungkan niat dan jadi gagal menjemput kesuksesan.

Lagipula, orang-orang itu hanya berkomentar sesuka hati mereka tanpa memikirkan perasaanmu. Lalu, kenapa kamu harus berlarut-larut memikirkannya? 

Baca Juga: 5 Cara Elegan Hadapi Komentar Negatif Orang Lain pada Pencapaianmu

4. Saat kamu tahu itu adalah hal terbaik yang bisa kamu lakukan

5 Momen Kamu Gak Perlu Memikirkan Komentar Orang Lain, Catat!ilustrasi orang ngobrol (Pexels.com/SHVETS production)

Segala perbuatan kita juga biasanya gak pernah luput dari komentar nyinyir orang sekitar. Entah itu orang yang gak begitu mengenal kita, hingga mereka yang sebenarnya dekat banget sama kita. Seolah-olah apapun yang kita lakukan itu selalu cacat di mata orang lain. 

Nah, jika kamu sebenarnya sudah melakukan yang terbaik menurut versimu, gak ada gunanya untuk mendengar komentar yang berdatangan. Mereka gak paham perjuanganmu hingga sampai ke titik ini, jadi lebih baik abaikan aja. 

5. Komentar yang menjatuhkan semangat dan buatmu jauh dari kesuksesan

5 Momen Kamu Gak Perlu Memikirkan Komentar Orang Lain, Catat!ilustrasi orang ngobrol (Pexels.com/Evelina Zhu)

Saat ingin memulai sesuatu yang di luar kebiasaan orang lain, kamu mungkin akan mengalami kendala besar. Salah satunya adalah munculnya komentar negatif yang selalu ingin menjatuhkan. Ini adalah momen yang tepat bagimu untuk menutup telinga rapat-rapat dan teruslah berjalan di jalan yang telah kamu putuskan. 

Gak perlu ragu, gak perlu takut, sebuah usaha dan perjuangan yang keras, gak akan membuat kamu kecewa. Pasti akan ada hasil akhir yang memuaskan menantimu di depan sana.

Komentar orang lain terkadang memang perlu didengar, namun itu hanya berlaku untuk komentar yang membangun dan berisi percikan semangat. Jika yang datang justru komentar negatif dan kamu berada pada lima momen di atas, mengabaikan komentar julid adalah pilihan yang paling tepat. Setuju? 

Baca Juga: 5 Fase sampai Kamu Bisa Santai Menghadapi Komentar Negatif Orang

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya