Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini Biar Gak Ragu untuk Berdonasi Online

Donasi online, jangan ragu! #4GPlusKuat #MakinKuatInternetan

Membantu orang lain merupakan hal yang tentu wajib bagi semua orang yang mampu. Terutama secara materi. Karena, ada banyak sekali orang yang hidupnya gak seberuntung kita.

Sayangnya, di zaman sekarang, banyak orang yang cukup kesulitan untuk memberikan bantuan kepada orang lain, karena banyaknya orang-orang yang curang dan tidak jujur dalam menyalurkan bantuan yang kita berikan.

Seiring berkembangnya zaman,  berdonasi pun sekarang bisa dilakukan secara online. Namun, donasi secara langsung aja masih banyak ketakutan dan keraguan yang dirasakan, gak heran kalau secara online tentu perasaan ragu dan takut ini lebih kuat, dong.

Nah, buat kamu yang ingin melakukan donasi secara online, 5 tips berikut bisa kamu aplikasikasikan lho, guys.

1. Ikuti akun-akun donasi online yang memiliki banyak testimoni

Lakukan 5 Hal Ini Biar Gak Ragu untuk Berdonasi Onlineunsplash/Rodion Kutsaev

Salah satu wadah bagi para penyedia layanan donasi online adalah Instagram. Nah, kamu perlu banget memfollow akun-akun seperti ini sebelum mulai memberikan donasi. Gak cuma satu, kamu perlu beberapa akun untuk perbandingan. Sehingga nanti kamu bisa memutuskan mana yang ingin kamu jadikan tempat untuk berdonasi.

2. Lihat juga ulasan mereka tentang sejauh mana donasi tersebut sudah disalurkan

Lakukan 5 Hal Ini Biar Gak Ragu untuk Berdonasi Onlineunsplash/Gilles Lambert

Akun donasi online yang lebih terpercaya tentu yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia tersebut. Gak cuma follow saja, kamu juga perlu melihat postingan mereka tentang sejauh mana donasi tersebut sudah dilakukan. Jika memang jujur, mereka pasti akan selalu meng-update informasi tentang penyaluran donasi tersebut.

Baca Juga: Geng Millennial Mama Donasikan Barang Preloved untuk Amal

3. Jika memungkinkan, carilah yang berada satu kota denganmu sehingga kamu bisa memeriksa kebenarannya

Lakukan 5 Hal Ini Biar Gak Ragu untuk Berdonasi Onlineunsplash/Annie Spratt

Jika memang kamu orang yang sulit percaya, maka gak ada salahnya untuk mencoba mencari tempat donasi yang berada satu kota denganmu. Sehingga kamu bisa memeriksa kebenarannya secara langsung dan merasa lebih aman berdonasi di tempat itu. Tapi, jika dirasa agak sulit, tips nomor 4 bisa kamu lakukan nih.

4. Jika tidak, maka kamu harus aktif mengecek postingan atau story yang di-update pemilik akun tersebut

Lakukan 5 Hal Ini Biar Gak Ragu untuk Berdonasi Onlineunsplash/NeONBRAND

Karena gak mungkin untuk turun langsung menelusuri jejak penyaluran donasi tersebut,  maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan aktif memeriksa postingan atau story yang di-update pemilik akun tersebut. Apakah mereka benar-benar memberikan donasi kepada pihak yang membutuhkan atau tidak.

Biar semakin yakin bahwa tempat kamu berdonasi itu bukan abal-abal, kamu tentu memerlukan jaringan yang lancar dan gak putus-putus untuk aktif mengecek akun donasi online tersebut.

Untuk itu, kamu perlu banget nih update ke jaringan #4GPlusKuat milik IM3 Ooredoo yang bisa membuatmu #MakinKuatInternetan jadi makin yakin juga untuk berdonasi online. Cek juga info lengkap soal IM3 Ooredoo ini di https://indosatooredoo.com/4gplus.

5. Niatkan semuanya untuk kebaikan, sehingga kemana pun donasimu nanti akhirnya, kamu gak akan cemas

Lakukan 5 Hal Ini Biar Gak Ragu untuk Berdonasi Onlineunsplash/Bayu

Last but not least, niat dari hati diperlukan untuk membuat donasimu jadi ladang pahala buatmu. Tanamkan niat untuk membantu orang lain, yakinkan dirimu bahwa donasi itu akan sampai ke orang yang tepat. Jadi, udah gak ada lagi tuh yang namanya ragu dan takut dalam melakukan donasi baik secara online maupun offline.

Berdonasi merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk ikut membantu orang yang berada dalam kesulitan dan kekurangan. Berdonasi juga adalah salah satu bentuk syukur kita terhadap rezeki yang sudah kita dapatkan selama ini. Jadi, gak usah takut lagi untuk melakukan donasi online ya.

Baca Juga: Bukan Cuma Beri Donasi, 10 Idol KPop Ini Pernah Jadi Relawan Lho

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya