Comscore Tracker

5 Langkah Awal untuk Mempelajari Bakat Baru, Yuk Coba Sekarang!

Mau berkembang dan maju, kan?

Bakat adalah sebuah kemampuan yang bukan bawaan dari lahir namun bisa kita latih seiring berjalannya waktu. Sejak dulu hingga sekarang, bakat terus menerus berkembang dan juga terus diperbaharui mengikuti perkembangan zaman.

Apalagi di era digital seperti sekarang, bakat bukan hanya bisa membuat kita bahagia, tapi juga bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah. Jika saat ini kamu punya suatu bakat atau keahlian yang sudah dikuasai, maka jangan cepat berpuas diri.

Ada banyak sekali ragam dan jenis dari bakat yang bisa terus kamu eksplor, lho. Nah, biar kamu bisa cepat menguasai suatu keahlian baru, ada lima langkah yang bisa diterapkan nih.

1. Tentukan bakat apa yang ingin kamu kuasai

5 Langkah Awal untuk Mempelajari Bakat Baru, Yuk Coba Sekarang!makeupandbeauty.com

Sebelum memulai, tentu kita wajib untuk menetapkan tujuan dan goal. Pastikan kamu tahu betul bakat apa yang ingin dikuasai. Tentukan alasan kenapa kamu memilih bakat tersebut.

Jangan sampai di tengah jalan nantinya kamu malah meragukan dirimu sendiri. Ingat, ini adalah sesuatu yang harus kamu sukai atau paling gak membuat kamu tertarik serta bisa berkelanjutan di kemudian hari.

2. Mulailah perlahan-lahan dan jangan langsung berekspektasi tinggi

5 Langkah Awal untuk Mempelajari Bakat Baru, Yuk Coba Sekarang!unsplash/Kristina Tripkovic

Ketika bakat yang ingin dikuasai sudah ditentukan, saatnya memulai. Jangan terlalu lama memikirkan semuanya hingga akhirnya minatmu hilang. Segera tekuni dan mulailah perlahan-lahan.

Penting juga nih untuk gak langsung berekspektasi terlalu tinggi bahwa kamu akan bisa menguasai bakat tersebut dengan cepat. Karena, harapan yang gak sesuai kenyataan bisa membuat kamu kecewa nantinya.

Baca Juga: Gak Usah Pusing Mencarinya, 10 Bakat Ini Diturunkan Secara Genetik

3. Teruslah mencari tahu soal hal yang ingin kamu tekuni, jika perlu lakukan riset

5 Langkah Awal untuk Mempelajari Bakat Baru, Yuk Coba Sekarang!pexels/Andrea Piacquadio

Seiring kamu menekuni hal tersebut, jangan berhenti mempelajari dan mencari tahu lebih dalam. Lakukan riset, bacalah lebih banyak referensi dan temukan keunikan dalam keahlian tersebut. Dijamin, semua hal baru akan selalu punya kejutan menarik buat kita selama kita mau mencari tahu.

4. Fokuslah dan jangan mudah teralihkan oleh hal lain

5 Langkah Awal untuk Mempelajari Bakat Baru, Yuk Coba Sekarang!unsplash/Thought Catalog

Saat sudah memutuskan ingin menguasai suatu bakat, berusahalah untuk fokus. Jangan mudah teralihkan dengan bakat-bakat lainnya.

Lakukan semuanya satu per satu. Ketika kamu mampu menepiskan berbagai gangguan, maka kamupun akan bisa semakin mendalami bakat tersebut.

5. Konsisten dan lakukan terus secara berulang-ulang hingga kamu menguasai hal itu

5 Langkah Awal untuk Mempelajari Bakat Baru, Yuk Coba Sekarang!pexels.com/pixabay

Langkah terakhir namun merupakan kunci utama dari segalanya adalah konsistensi. Luangkan waktumu selama satu atau dua jam sehari untuk menekuni keahlian tersebut secara konsisten.

Teruslah berusaha untuk bisa konsisten. Awalnya mungkin kamu akan mulai merasa bosan, tapi jika diteruskan hingga jadi kebiasaan, dijamin semuanya akan terasa menyenangkan.

 

Menekuni sebuah bakat baru bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti gak mungkin. Karena, manusia sebenarnya dibekali dengan berbagai kelebihan agar bisa menguasai berbagai keahlian selama kita mau mencoba.

Terapkan lima cara di atas jika kamu ingin benar-benar bisa ahli dalam suatu hal, ya. Sudah siap?

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Berusaha Ekstra untuk Mengembangkan Diri

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya