Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kita Perlu Belajar Memaafkan Diri Sendiri Sedari Awal

Lebih bisa menerima apa yang telah terjadi!

Menjalani kehidupan di dunia ini memang gak semudah yang kita kira. Setiap hari, ada aja kejadian yang bisa dengan mudahnya mendatangkan penyesalan di masa yang akan datang. Salah memilih jalan menuju rumah hingga terjadi kecelakaan, salah menggunakan baju hingga kita merasa canggung di suatu acara, hingga kesalahan sepele seperti salah memilih kata yang menyebabkan luka di hati orang lain. 

Kesalahan yang datang dari diri sendiri semacam ini membuat kita tanpa sadar membenci diri sendiri secara perlahan. Semakin lama, kebencian ini bisa menumpuk dan menjadi bumerang bagi kita di masa yang akan datang. Makanya, kita perlu banget untuk mulai belajar memaafkan diri sendiri, lho. Selain itu, ada lima alasan lain juga nih kenapa kita perlu memaafkan kesalahan yang pernah dilakukan.  

1. Satu-satunya orang yang bisa diandalkan dalam segala situasi adalah diri sendiri

5 Alasan Kenapa Kita Perlu Belajar Memaafkan Diri Sendiri Sedari Awalunsplash/Isabell Winter

Seberapa pun kita bisa mengandalkan orang lain dalam keseharian, satu-satunya orang yang paling bisa diandalkan di antara mereka semua tetaplah diri kita sendiri. Makanya, memaafkan diri sendiri dan berbaikan dengannya akan sangat membantu kita dalam segala macam yang kita lakukan sehari-hari. Kita jadi bisa melakukan apa pun tanpa beban berat di pikiran kita sendiri.

2. Akan lebih mengerti makna memaafkan yang sesungguhnya

5 Alasan Kenapa Kita Perlu Belajar Memaafkan Diri Sendiri Sedari Awalpexels.com/Tiago Lino

Memaafkan diri sendiri memang teori yang mudah dikatakan namun agak sulit untuk diwujudkan. Penyesalan dan rasa kesal akan apa yang sudah lewat bisa muncul kapan saja dan menyerang diri kita sendiri. Makanya, belajar memaafkan apa yang sudah kita lakukan, akan membuat kita lebih mengerti makna memaafkan yang sesungguhnya. 

Baca Juga: 5 Alasan di Balik Sulitnya Memaafkan Diri Sendiri saat Berbuat Salah 

3. Gak ada dendam yang mungkin muncul dan merugikan diri sendiri nantinya

5 Alasan Kenapa Kita Perlu Belajar Memaafkan Diri Sendiri Sedari Awalunsplash/Ethan Hoover

Dengan memaafkan diri sendiri, kita jadi terbebas dari rasa dendam yang mungkin muncul nantinya. Gak ada lagi deh yang namanya merutuk dan menyesal jika kita sudah mampu berbaikan dengan diri sendiri. Hidup kita pun jadi lebih tenang dan gak dipenuhi bayang-bayang masa lalu.

4. Energi positif akan memancar dari kepribadian kita yang sudah ikhlas menerima segalanya

5 Alasan Kenapa Kita Perlu Belajar Memaafkan Diri Sendiri Sedari Awalunsplash/Eric Ayon

Kesalahan masa lalu yang sudah berhasil kita maafkan akan membuat kita jadi sosok yang lebih positif. Saat orang lain mengungkit hal itu, kita juga jadi bisa memberikan senyum tulus karena penerimaan itu sudah bisa kita dapatkan. Apa pun yang sudah terjadi menjadi pembelajaran bagi kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jangan heran kalau orang seperti ini juga bisa lebih bersinar dibanding kebanyakan orang lainnya.

5. Ini juga melatih kita untuk memaafkan orang lain ke depannya

5 Alasan Kenapa Kita Perlu Belajar Memaafkan Diri Sendiri Sedari Awalunsplash/Priscilla Du Preez

Belajar memaafkan diri sendiri secara otomatis akan membuat kita juga belajar cara memaafkan kesalahan orang lain dengan lebih baik. Jika sebagian orang hanya memaafkan orang lain dengan sekadarnya dan kemungkinan nantinya masih diungkit kembali, berbeda dengan kamu yang sudah belajar memaafkan diri sendiri. Kamu akan lebih menghargai orang lain yang bersedia meminta maaf, dan kamu pun lebih mudah menerima permintaan maaf itu karena tau bahwa semua orang pernah berbuat salah.

Maaf yang kita berikan pada orang lain, sudah seharusnya juga kita berikan pada diri sendiri. Kesalahan yang telah kita lakukan di masa lalu, semestinya juga menjadi cerminan diri untuk terus belajar menjadi sosok yang semakin baik setiap harinya. Sudahkah kamu berbaikan dan memaafkan dirimu sendiri?

Baca Juga: 7 Cara Tepat Supaya Lebih Mudah Memaafkan Diri Sendiri

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya