Comscore Tracker

Stop Menghakimi, Ini 5 Hal yang Harus Kita Maklumi dari Orang Lain!

Jangan gampang menyudutkan, ya

Di dunia yang serba mudah seperti sekarang, kita juga jadi mudah menghakimi dan menyalahkan orang lain. Hidup yang kita jalani seolah terasa paling sempurna sehingga gampang banget menganggap apa yang dilakukan orang lain sebagai sebuah kekeliruan. Apalagi jika orang tersebut gak menjalani hidup dengan aturan dan kebiasaan yang kita miliki. 

Padahal, semua orang punya pemikiran dan sudut pandangnya masing-masing soal cara terbaik menjalani hidup bagi mereka. Karena, apa yang kita lakukan pun sebenarnya belum tentu seratus persen benar, iya kan?

Jadi, buat kalian yang masih suka menghakimi dan menyalahkan orang lain, ada lima hal nih yang harus kita maklumi dan anggap wajar dari orang lain. Yuk, simak. 

1. Wajar, kok ketika seseorang meminta bantuan orang lain

Stop Menghakimi, Ini 5 Hal yang Harus Kita Maklumi dari Orang Lain!pexels.com/Matthias Zomer

Ketika ada orang yang meminta bantuan, entah itu bantuan kita ataupun kepada orang lainnya, kita jangan langsung melihat hal itu sebagai sebuah kesalahan. 'Aku aja bisa, kok melakukan itu sendiri' adalah kalimat yang gak seharusnya kita katakan. Pasalnya, setiap orang punya tingkat kemampuan yang berbeda-beda. Ketika kamu mampu melakukan sesuatu seorang diri, belum tentu orang lain juga sama.

2. Manusiawi banget jika seseorang membutuhkan privasi

Stop Menghakimi, Ini 5 Hal yang Harus Kita Maklumi dari Orang Lain!pexels.com/Alexander Suhorucov

Saat ada teman atau sahabat yang tiba-tiba menarik diri dan mengatakan bahwa mereka perlu waktu untuk sendiri, jangan langsung menghakimi ya. Semua orang butuh privasi dan hal ini manusiawi banget. Kita gak tau persis apa yang sudah dia alami sehingga dia merasa lelah dan ingin menyendiri. 

Baca Juga: 5 Cara Membalas Kebaikan Orang, Bukan Cuma Berterima Kasih

3. Normal juga jika ada yang berkata bahwa mereka ingin fokus pada dirinya sendiri

Stop Menghakimi, Ini 5 Hal yang Harus Kita Maklumi dari Orang Lain!unsplash/Andrew Neel

Banyak orang yang takut dianggap egois karena ingin mendahulukan kepentingan pribadinya. Padahal, memikirkan diri sendiri bukan termasuk sifat egois jika kita bisa menentukan prioritas dengan baik. Jadi, jangan menghakimi mereka yang ingin fokus pada diri sendiri, ya. Mereka pasti punya alasan yang tepat untuk itu. 

4. Melakukan kesalahan dan mengalami kegagalan juga biasa terjadi

Stop Menghakimi, Ini 5 Hal yang Harus Kita Maklumi dari Orang Lain!pexels.com/jim jackson

Hanya karena seseorang melakukan satu kesalahan dan kemudian jatuh dalam lubang kegagalan, lalu kemudian kita merasa berhak untuk memberi label gak baik pada orang tersebut. Ini adalah pemikiran yang salah besar. Harusnya, kita lebih bisa memaklumi hal itu karena gak selamanya, kok seseorang itu terpuruk. Suatu saat dia pasti akan bangkit dan bisa belajar dari kesalahan yang pernah dilakukannya. 

5. Semua orang berhak menentukan pilihan dan menjalani hidup sesuai yang mereka inginkan

Stop Menghakimi, Ini 5 Hal yang Harus Kita Maklumi dari Orang Lain!pexels.com/rawpixel.com

Semua orang punya standar yang berbeda-beda soal kehidupan yang ingin mereka jalani. Pilihan hidup juga merupakan hal masing-masing individu yang gak semestinya kita campuri. Memberi saran dan masukan sih boleh-boleh aja. Tapi, ketika mereka gak mengikuti saran kita, jangan langsung menyalahkan dan menghakimi ya. 

Lima hal di atas merupakan hal yang wajar dan perlu kita maklumi dari semua orang. Karena, kitapun pasti ingin orang sekitar gak terlalu ikut campur urusan kita kan? Apalagi jika sudah menyangkut privasi dan pilihan hidup. Setuju gak, Guys?

Baca Juga: 5 Penyebab Orang-orang Cenderung Menjauhi Kamu, Perlu Evaluasi Diri

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya