Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Mempertanyakan Pikiran Negatif yang Muncul

Jangan dipelihara dan dibiasakan!

Ketika berada dalam situasi tertentu, terkadang pikiran kita seolah bekerja dengan sendirinya dan memunculkan skenario-skenario buruk yang sebelumnya gak pernah kita pikirkan. Seringkali, pikiran seperti ini hanya berusaha untuk kita hilangkan agar gak benar-benar terjadi. Padahal, ada cara lain yang lebih bijak dalam mengatasinya lho, guys.

Salah satunya adalah dengan menganalisis pikiran negatif tersebut secara lebih dalam. Banyak orang yang enggan melakukan hal ini karena takut pikiran negatif tersebut jadi kenyataan. Faktanya, dengan menelaah dan mempertanyakan pikiran negatif itu, kita akan mendapat lima manfaat berikut nih.

1. Mengasah kemampuan analisis diri

5 Alasan Pentingnya Mempertanyakan Pikiran Negatif yang MunculPexels.com/IvanObolensky

Pertama, kamu secara gak langsung akan mengasah kemampuan analisis diri ketika mempertanyakan pikiran negatif yang muncul. Kamu lebih bisa melihat apa yang dirimu butuhkan dan kenapa pikiran itu bisa datang tiba-tiba. Hal-hal apa yang kamu takuti dan kenapa. Selanjutnya, kamu jadi bisa lebih memahami situasi macam apa yang sebaiknya kamu hindari. 

2. Mempermudah kamu untuk memberikan afirmasi positif pada diri

5 Alasan Pentingnya Mempertanyakan Pikiran Negatif yang Munculunsplash/Justin Luebke

Dengan mempertanyakan pikiran negatif yang kamu miliki, kamu jadi lebih mudah dalam memberi afirmasi positif yang sesuai pada dirimu sendiri. Misal, karena kamu takut dalam melakukan hal baru, kamu jadi bisa mengatakan "gak masalah untuk merasa takut, tapi tetaplah melangkah!" pada diri sendiri dengan tegas dan penuh keyakinan.

Ini penting banget untuk memberi semangat dan menambah rasa optimis dalam diri, lho. Coba aja kalau gak percaya!

Baca Juga: 5 Cara Ampuh untuk Menghentikan Pikiran Negatif 

3. Membuat kamu lebih menerima diri sendiri

5 Alasan Pentingnya Mempertanyakan Pikiran Negatif yang Munculpexels/Sam Lion

Pikiran negatif yang muncul seringkali membuat kita kehilangan kepercayaan diri. Kita jadi cenderung meragukan kemampuan kita dalam banyak hal. Jika gak dikendalikan dan dicari tau sumbernya, pikiran semacam ini bisa menjatuhkan dan membuat kita semakin jauh dari kesuksesan, lho.

Makanya, gak masalah untuk mempertanyakan pikiran negatif yang ada agar kita lebih belajar untuk menerima diri sendiri seutuhnya. 

4. Ini juga bisa membantu kamu mencari solusi dari permasalahan yang ada

5 Alasan Pentingnya Mempertanyakan Pikiran Negatif yang Munculunsplash/Tran Mau Tri Tam

Pikiran negatif juga bisa datang karena alasan yang tepat. Sebagai contoh ketika masih duduk di bangku sekolah, kamu mungkin pernah takut ketahuan karena terlalu sering menyalin tugas teman. Berarti, sumber masalahnya adalah dirimu yang gak bisa dan gak mau mengerjakan tugas sendiri. Maka, pemecahannya tentu lebih kepada dirimu sendiri, kan?

Ini juga berlaku dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan mempertanyakan kenapa pikiran negatif itu bisa muncul, kita pun jadi bisa mencari solusi dari masalah yang ada. 

5. Membuat kita lebih menyadari kekurangan diri dan memperbaikinya

5 Alasan Pentingnya Mempertanyakan Pikiran Negatif yang Munculunsplash/Campaign Creators

Adanya kekurangan diri juga memunculkan pikiran negatif tanpa kita sadari, lho. Mempertanyakan hal ini akan bikin kita lebih tau bagaimana kekurangan kita yang sesungguhnya. Menggali lebih dalam tentang hal ini juga akan membuat kita menyadari sisi negatif dalam diri kita dan kemudian memperbaikinya.

Ketika pikiran negatif datang, jangan segera menepisnya begitu aja. Lakukanlah analisis terlebih dahulu agar kamu bisa memperoleh lima keuntungan yang sudah disebutkan di atas. Mau mencoba dari sekarang?

Baca Juga: Ingin Mengusir Kecemasan dan Pikiran Negatif? Coba Teknik Grounding 

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya