Comscore Tracker

Mencemaskan Masa Depan Itu Ternyata Gak Baik, Begini Penjelasannya!

Gak perlu dicemaskan, lebih baik ditata dari sekarang!

Masa depan merupakan sebuah misteri. Bahkan hari esok pun masih berupa tanda tanya yang gak bisa kita ketahui kepastiannya. Ada banyak cara bijak untuk merencanakan masa depan, namun sayangnya banyak orang yang memilih untuk mencemaskannya.

Padahal, mencemaskan masa depan adalah tindakan yang gak perlu kita lakukan bahkan harusnya kita hindari. Kenapa? Begini nih penjelasannya. 

1. Cemas berarti kamu dipenuhi kekhawatiran yang gak benar-benar akan terjadi

Mencemaskan Masa Depan Itu Ternyata Gak Baik, Begini Penjelasannya!unsplash/Kristina Tripkovic

Mencemaskan masa depan sangat membuang energi dan waktumu karena gak ada yang tau apakah semua itu benar-benar akan terjadi atau gak. Bahkan, sangat kecil kemungkinannya untuk benar-benar terjadi di dunia nyata. Mencemaskan masa depan juga hanya akan membuat kamu khawatir berlebihan dan hidupmu jadi gak tenang.

2. Cemas pada masa depan juga membuat kemungkinan buruk malah betul-betul terjadi

Mencemaskan Masa Depan Itu Ternyata Gak Baik, Begini Penjelasannya!unsplash/Randy Jacob

Semakin kita memikirkan hal buruk yang mungkin akan terjadi, semakin besar kemungkinan hal buruk itu menjadi kenyataan. Bahkan, meski gak benar-benar terjadi, kamu bisa saja mengarang skenario terburuk untuk membuat dirimu seolah mengalami kejadian gak menyenangkan.

Baca Juga: 5 Perbedaan Nyata Rasa Khawatir dan Cemas, Sudah Tahu?

3. Mencemaskan masa depan bisa saja membuat kamu takut melakukan perubahan dalam hidup

Mencemaskan Masa Depan Itu Ternyata Gak Baik, Begini Penjelasannya!unsplash/JESHOOTS.COM

Kecemasan yang kamu pelihara dalam diri akan berdampak pada rasa takutmu untuk melakukan perubahan. Kamu jadi enggan keluar dari zona nyaman dan berusaha menjadi lebih baik. Awas lho, ini adalah jebakan yang bisa membuat kamu terlena tanpa sadar.

4. Hasilnya, kecemasanmu ini justru menahanmu dari kesuksesan

Mencemaskan Masa Depan Itu Ternyata Gak Baik, Begini Penjelasannya!unsplash/Priscilla Du Preez

Jika kamu sudah membiarkan dirimu larut dalam rasa cemas yang semakin menjadi-jadi, maka ini bisa menahanmu dari kesuksesan. Pasalnya, berbagai kecemasan itu menahanmu untuk mencoba hal-hal baru dan penuh tantangan. Tantangan memang terdengar menakutkan, tapi itulah yang justru bisa menjadi batu lompatan untukmu dalam meraih kesuksesan.

5. Ingat ya, cemas itu berbeda dengan memikirkan. So, pikirkan dan rancang masa depanmu sebaik mungkin!

Mencemaskan Masa Depan Itu Ternyata Gak Baik, Begini Penjelasannya!unsplash/Rachael Crowe

Larangan untuk mencemaskan masa depan, bukan berarti kamu dilarang juga untuk memikirkan masa depan. Memikirkan dan merancang semuanya agar menjadi lebih tertata, tentu tetap perlu untuk kamu lakukan. Dengan begini, kamu punya gambaran yang lebih jelas soal bagaimana masa depanmu nantinya. 

Terlalu cemas dan overthinking soal hal-hal yang belum terjadi adalah kegiatan yang gak cuma membuang waktu, tapi juga membuang energimu, guys. Siap kan menghilangkan kecemasan yang ada?

Baca Juga: 6 Cara Atasi Rasa Cemas Berlebihan, Baik untuk Kesehatan Mentalmu Lho

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya