Comscore Tracker

5 Cara Menegur Orang Toxic agar Mereka Segera Sadar, Yuk Dicoba!

Jangan diam aja, guys

Berhadapan dengan orang toxic memang menjengkelkan banget, ya. Kita terus menerus merasa gak nyaman dan kesehatan mental pun terancam. Sementara, orang yang bersangkutan amat sangat mungkin gak merasa bersalah sedikit pun atas apa yang sudah dia atau mereka lakukan.

Daripada diam aja dan terus memendam semuanya sendirian, ada baiknya kamu mulai bertindak nih, guys. Coba deh lakukan lima cara berikut saat menghadapi orang toxic. Biar kamu gak terus menerus merasa tersiksa secara batin.

1. Gunakan teguran halus yang sopan, katakan bahwa kamu terganggu

5 Cara Menegur Orang Toxic agar Mereka Segera Sadar, Yuk Dicoba!hancinema.net

Seseorang seringkali bersikap toxic tanpa benar-benar dia sadari. Jadi, gak ada salahnya jika kamu menegur orang tersebut. Katakan bahwa kamu terganggu dengan apa yang dia lakukan. Jika dia memang bersikap begitu tanpa disengaja, dia pasti akan memperbaiki sikapnya padamu.

2. Gunakan kalimat perumpamaan dan pengandaian jika dia masih belum memahami maksudmu

5 Cara Menegur Orang Toxic agar Mereka Segera Sadar, Yuk Dicoba!unsplash/Eliott Reyna

Saat teguran halus belum berhasil, kamu bisa mencoba untuk menggunakan perumpamaan atas apa yang dia lakukan. Berikan contoh-contoh yang relate dengan apa yang kamu rasakan saat ini akibat sikap toxic-nya. Berharap lah dengan begitu dia lebih mengerti kondisi kamu dan akan bersikap lebih baik ke depannya.

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Mudah Mengkritik Hidup Seseorang, Bisa Jadi Toxic!

3. Perlakukan mereka dengan cara serupa, lalu tanyakan bagaimana pendapat mereka setelah itu

5 Cara Menegur Orang Toxic agar Mereka Segera Sadar, Yuk Dicoba!unsplash/NeONBRAND

Dua cara di atas belum berhasil juga? Kamu bisa mencoba cara satu ini nih. Perlakukan mereka seperti mereka memperlakukan kamu. Untuk bisa membuat orang beracun mengerti, terkadang kamu juga harus mencoba jadi racun bagi mereka. Setelah itu, kamu bisa menanyakan perasaan mereka ketika diperlakukan demikian.

4. Jalani kehidupanmu seperti biasa dan jelaskan bahwa kamu gak terpengaruh sikap toxic mereka

5 Cara Menegur Orang Toxic agar Mereka Segera Sadar, Yuk Dicoba!unsplash/Christoper Burns

Cara lain yang juga ampuh adalah dengan gak menggubris orang toxic itu. Tetap jalani harimu seperti biasa tanpa peduli mereka mau berkomentar seperti apa. Gak cuma dengan sikap, tapi katakan juga secara langsung bahwa kamu gak akan terpengaruh dengan sikap toxic mereka. Pasti, deh mereka akan merasa tertampar kalau sudah begini.

5. Jika masih belum sadar juga, bersikaplah tegas dan ungkapkan perasaanmu yang sesungguhnya

5 Cara Menegur Orang Toxic agar Mereka Segera Sadar, Yuk Dicoba!unsplash/Mimi Thian

Ketika semua cara sudah kamu coba dan orang toxic ini gak juga berubah sementara kamu gak punya pilihan untuk menghindar, maka ada baiknya untuk langsung bersikap tegas. Ungkapkan perasaanmu seperti sedih, kecewa, marah, dan lain sebagainya atas sikap mereka yang begitu mengganggu. Selanjutnya, kamu tinggal memilih untuk tetap berada di lingkungan tersebut, atau pergi menjauh. 

Orang toxic akan menghambat kita untuk meraih kesuksesan. Gak mudah memang menghadapi orang dan lingkungan seperti ini. Tapi, jangan mau terus-terusan diam aja, ya. Kamu perlu membela diri dan menunjukkan perasaanmu atas apa yang mereka lakukan. Mau mencobanya, kan?

Baca Juga: Jangan Lakukan 7 Hal Ini Kalau Kamu Gak Mau Dikategorikan Toxic People

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya