Comscore Tracker

5 Hal Kecil yang Bikin Kamu Menghargai Diri secara Utuh

Karena kamu berharga!

Coba deh sesekali kita merenungkan fakta bahwa seseorang akan sangat senang saat kita menghargai keberadaannya. Entah dengan bentuk apresiasi yang kecil aja seperti ucapan maaf dan terima kasih, atau bahkan hingga yang berbentuk barang mahal dan lain sebagainya. Begitu pun jika kita mampu menghargai diri sendiri seutuhnya. Pasti aura kebahagiaan akan terpancar dari diri kita.

Gak ada lagi orang yang bisa merendahkan dan menyepelekan kita sesuka hati mereka. Sehingga hidup kita akan terasa lebih indah dan menyenangkan. Karena, bagaimana kita memandang diri sendiri akan sangat memberi pengaruh pada bagaimana orang lain memperlakukan kita nantinya.

Ada lima kebiasaan kecil nih yang bisa diterapkan sebagai bentuk menghargai diri sendiri. Yuk dicoba mulai sekarang!

1. Gak membiarkan orang lain membuat kamu merasa gak pantas bahagia

5 Hal Kecil yang Bikin Kamu Menghargai Diri secara Utuhilustrasi orang merenung (Pexels.com/Paulina Zimmerman)

Saat mendapatkan sebuah kebahagiaan, akan ada aja orang yang berusaha membuat kita merasa gak pantas bahagia. Nah, orang-orang semacam ini perlu banget untuk kita abaikan. Mereka akan melakukan berbagai cara untuk membuat dirimu merasa kecil dan kerdil dan membuatmu berpikir bahwa apa yang kamu dapatkan bukanlah hal yang luar biasa.

Tapi ingat, semuanya tergantung sudut pandangmu sendiri dan gak ditentukan oleh bagaimana pendapat orang lain di luar sana. Jadi, tetaplah percaya bahwa kamu pantas untuk bahagia meski hanya karena suatu hal yang disepelekan orang lain.

2. Biasakan menyaring kalimat menyakitkan yang datang dari orang lain

5 Hal Kecil yang Bikin Kamu Menghargai Diri secara Utuhilustrasi orang merenung (pexels.com/RF._.studio)

Kritik dan komentar pedas juga akan selalu mewarnai kehidupan kita. Gak peduli seberapa sempurnanya hidup yang kita jalani, akan ada kritik yang datang. Kabar buruknya, gak semua kritik tersebut bertujuan baik. Seringkali, kritik yang datang justru bertujuan untuk menjatuhkan dan membuat kita kehilangan semangat. 

Jadilah orang yang pandai menyaring kritik yang datang. Jangan menelan mentah-mentah semua hal yang kamu dengar karena ini bisa berakibat buruk pada kesehatan mentalmu. 

Baca Juga: 5 Cara Menerima Diri Sendiri atas Kesalahan yang Pernah Kamu Perbuat

3. Penuhi dirimu dengan sikap optimis dan percaya diri

5 Hal Kecil yang Bikin Kamu Menghargai Diri secara Utuhilustrasi orang sederhana (Pexels.com/Daniel Xavier)

Cara berikutnya untuk menghargai diri sendiri adalah dengan memenuhi pikiranmu dengan sikap optimis dan penuh percaya diri. Kamu harus tetap bisa bersinar dengan caramu sendiri meskipun banyak orang yang merendahkanmu.

Ingatlah bahwa kamu adalah apa yang dirimu pikirkan dan ini gak ada hubungannya dengan pandangan orang lain.

4. Seringlah mengucapkan kalimat positif untuk diri sendiri

5 Hal Kecil yang Bikin Kamu Menghargai Diri secara Utuhilustrasi orang tersenyum (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Seperti halnya fisik yang memerlukan vitamin dan nutrisi yang cukup, psikis kita juga demikian. Cukupilah kebutuhan mental kita dengan selalu memberikan kalimat-kalimat positif penuh motivasi kepada diri sendiri setiap harinya.

Meski terasa membuang waktu, nyatanya kebiasaan satu ini akan membentuk kita jadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari, lho.

5. Yakinlah bahwa dirimu berharga 

5 Hal Kecil yang Bikin Kamu Menghargai Diri secara Utuhilustrasi orang sukses (Pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Kamu lah yang bisa mengendalikan pemikiranmu sendiri. Jangan lelah untuk menyemangati diri dan meyakinkan dirimu bahwa kamu berharga. Seberapa jahat pun kehidupan ini mempermainkanmu, kamu harus selalu menyadari bahwa gak ada yang bisa merendahkanmu. 

Menghargai diri sendiri penting untuk membuat kita tetap bisa melangkah menuju kesuksesan yang ingin kita wujudkan. Meski terasa berat, kita bisa kok terus berjuang jika mampu mengendalikan pola pikir dan gak gampang terhasut oleh ucapan dan komentar negatif yang datang. Sudahkah kamu menghargai diri sendiri?

Baca Juga: 5 Ciri Orang yang Tidak Bisa Menghargai Diri Sendiri, Apa Itu Kamu?

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya