Comscore Tracker

Senang Mengungkit Masa Lalu Orang Lain, 5 Kerugian Ini akan Kamu Alami

Kenapa mesti mengungkit masa lalu?

Tipe orang memang ada bermacam ragam. Dari yang cuek, peduli, hingga "terlalu" peduli. Kamu mungkin mengenal orang yang "terlalu" peduli ini sebagai mereka yang suka membicarakan kehidupanmu. Gak cuma peduli dalam hal wajar, orang-orang jenis ini biasanya sangat mengetahui detail hidupmu hingga ke cerita masa lalumu.

Jika ternyata kamu sendiri adalah jenis orang yang seperti ini, maka kebiasaan membahas dan mengungkit masa lalu adalah sesuatu yang harus kamu hentikan. Pasalnya, 5 kerugian berikut akan menghampiri hidupmu. Apa sajakah itu?

1. Dianggap sebagai pembongkar aib

Senang Mengungkit Masa Lalu Orang Lain, 5 Kerugian Ini akan Kamu Alamiunsplash/Ben White

Mengungkit masa lalu orang lain, merupakan sesuatu yang gak baik. Karena, banyak hal dari masa lalu tersebut sangat ingin dilupakan oleh orang yang bersangkutan. Mungkin kamu gak tau, tapi ada serpihan-serpihan pahit yang pasti sangat ingin dihilangkan orang itu dari ingatannya.

Jika kamu terus mengungkitnya, maka kamu adalah pembongkar aib yang bisa menyakiti hati orang lain. Mau gak dianggap begini?

2. Dihindari orang-orang

Senang Mengungkit Masa Lalu Orang Lain, 5 Kerugian Ini akan Kamu Alamiunsplash/Eutah Mizushima

Gak banyak orang-orang yang suka ketika masa lalunya diungkit. Sehingga, gak ada juga yang suka dengan orang yang selalu menceritakan kembali kisah pahitnya di masa lalu. Alhasil, kamu pasti akan dijauhi jika terus menerus menjadi orang yang menceritakan kisah yang ingin mereka lupakan.

Baca Juga: 5 Cara Melewati Masa Lalu, Agar Kembali Move On untuk Masa Depan

3. Hidup di masa lalu dan gak menikmati masa kini

Senang Mengungkit Masa Lalu Orang Lain, 5 Kerugian Ini akan Kamu Alamiunsplash/Kristina Tripkovic

Orang yang selalu mengingat kisah masa lalu gak pernah benar-benar hidup di masa kini. Dia sibuk mengingat kejadian apa yang bisa dia ceritakan kembali dari pengalaman pahit atau memalukan seseorang. Entah kenapa, baginya hidup di dunia masa kini terasa sulit sekali untuk dijalani.

4. Setiap ada kejadian, kamu hanya fokus pada hal-hal yang memalukan bagi orang lain

Senang Mengungkit Masa Lalu Orang Lain, 5 Kerugian Ini akan Kamu Alamiunsplash/NeONBRAND

Menikmati momen merupakan hal yang sulit bagi orang yang senang mengungkit masa lalu orang lain. Baginya, mencari kesalahan dan hal-hal memalukan bagi orang lain justru terasa lebih menyenangkan dibanding apa pun. Jika terus begini, kamu mungkin akan membuat kerugian pada dirimu sendiri, lho.

5. Gak memperhatikan bagaimana cara memperbaiki diri sendiri

Senang Mengungkit Masa Lalu Orang Lain, 5 Kerugian Ini akan Kamu Alamiunsplash/Nine Kopfer

Masa lalu orang lain bukanlah konsumsi publik yang bisa dengan mudahnya kamu sebar ke mana-mana. Menyibukkan diri dengan kegiatan kurang berfaedah ini juga akan membuat kamu gak fokus pada diri sendiri. Padahal, sudah pasti masa lalu mu sendiri bukanlah hal yang luar biasa dan bebas dari kesalahan.

Bagaimanapun juga, kisah masa lalu siapa pun gak berhak kamu ceritakan pada siapa-siapa. Siapa tahu, kamu akan mengalami hal yang serupa karena karma pasti berlaku, gengs. Hentikan kebiasaan menceritakan kisah masa lalu orang lain, oke?

Baca Juga: 6 Langkah Hidup Mandiri agar Berhenti untuk Bergantung pada Orang Lain

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You