Comscore Tracker

5 Cara Ampuh Menolak Permintaan Bagi Kamu yang Gampang Gak Enakan

Mulai dengan kata 'maaf'!

Gak bisa dibantah lagi, yang namanya menolak permintaan adalah sebuah PR yang susah banget untuk dilakukan oleh orang yang gampang gak enakan. Rasanya, kalau harus menolak permintaan orang lain itu ibarat kita secara sadar menyakiti perasaan orang lain dan membuat mereka kecewa.

Sementara, kita terbiasa menjadi seseorang yang selalu ada untuk orang lain dan berusaha membahagiakan siapa saja. Ini nih mindset orang yang gampang gak enakan yang wajib banget untuk kita ubah. Karena bagaimanapun juga, sebenarnya kita gak bisa membahagiakan semua orang. Bahkan, di waktu-waktu tertentu, ada saatnya kita juga perlu mengutamakan diri sendiri.

Nah, buat kalian yang gampang merasa gak enakan ada beberapa tips nih untuk menolak permintaan yang bisa kalian coba. Yuk simak poinnya berikut ini.

1. Pastikan kamu punya persiapan kalimat untuk menolak orang lain

5 Cara Ampuh Menolak Permintaan Bagi Kamu yang Gampang Gak Enakanpexels.com/Ketut Subiyanto

Gampang merasa gak enak seringkali membuat kita otomatis mengiyakan permintaan orang lain meski sedang punya kesibukan sendiri. Nah, ada baiknya jika kita selalu menyiapkan kalimat yang tepat untuk menolak orang lain ketika secara tiba-tiba diminta melakukan sesuatu. Dengan punya kalimat persiapan seperti ini, kita jadi gak terbata-bata deh saat harus bicara.

2. Mulai kalimat penolakan dengan kata 'maaf'

5 Cara Ampuh Menolak Permintaan Bagi Kamu yang Gampang Gak Enakanpexels/Huy ProShoot

Gak enakan biasanya berasal dari perasaan kita sendiri yang susah banget untuk melihat kekecewaan di mata orang lain. Jadi, untuk mengurangi perasaan bersalah yang mungkin muncul, ada baiknya kita memulai kalimat penolakan itu dengan kata 'maaf'. Paling gak, dengan kata 'maaf' itu kita bisa berharap bahwa orang yang bersangkutan akan mengerti situasi kita.

Baca Juga: Bangunlah 5 Pola Pikir Ini agar Kamu Dijauhkan dari Sikap Gak Enakan

3. Tolaklah dengan menawarkan pilihan bantuan yang lain

5 Cara Ampuh Menolak Permintaan Bagi Kamu yang Gampang Gak Enakanpexels/Andrea Piacquadio

Jika memang kamu masih merasa bersalah, gak ada salahnya untuk menawarkan opsi bantuan yang lain atau mungkin di waktu yang lain. Karena, kita pasti punya alasan tertentu kenapa sampai gak bisa menolong di waktu tersebut. Dengan cara ini, kita juga menunjukkan bahwa kita masih peduli dan berusaha menolong semampu kita dan bukannya berlepas tangan begitu aja sama orang yang bersangkutan.

4. Tolak dengan alasan yang sebenarnya, jangan berbohong

5 Cara Ampuh Menolak Permintaan Bagi Kamu yang Gampang Gak Enakanpexels/Chalotte May

Biar gak semakin merasa bersalah, ungkapkan alasan yang sebenarnya kenapa kamu menolak permintaan tersebut. Hindari mengarang alasan yang mengandung kebohongan. Ini cuma akan bikin kamu semakin gak enak sama orang yang bersangkutan. Masalah nanti dia bisa menerima alasanmu atau gak, itu sih bisa dipikirkan belakangan aja. Iya kan?

5. Hindari memikirkan kembali penolakanmu

5 Cara Ampuh Menolak Permintaan Bagi Kamu yang Gampang Gak Enakanunsplash/Priscilla Du Preez

Kamu bakal terus-terusan merasa gak enak jika selalu memikirkan kembali penolakan yang baru saja kamu katakan. Jadi, alihkan pikiranmu dan gak usah berlarut-larut dalam mengingatnya. Berusahalah bersikap biasa aja dan jauhkan perasaan gak enak saat kamu bertemu kembali dengan orang tersebut.

Gampang gak enakan sebenarnya terbentuk dari kebiasaan kita yang selalu mengiyakan apa pun yang diminta orang lain. Dampaknya, kita jadi pribadi yang susah menolak dan selalu berusaha memenuhi permintaan orang lain meski sebenarnya kita juga sedang kesusahan.

Latih dirimu dengan lima cara di atas agar bisa menolak permintaan orang lain yang memang gak bisa kita penuhi ya. Siap mencoba?

Baca Juga: 5 Kerugian yang Kamu Alami Jika Sulit Menolak Permintaan Orang

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya