Comscore Tracker

Ini 5 Cara Bijaksana Hadapi Sahabat yang Menusukmu dari Belakang

Gak usah marah!

Yang namanya manusia tentu pernah berbuat salah dan jauh dari kesempurnaan. Jadi, bukan gak mungkin kamu akan mengalami satu masa dalam hidupmu di mana sahabatmu menusuk dari belakang.

Mendapat pengkhianatan besar dari sahabat bukanlah hal yang menyenangkan. Kita juga mungkin akan merasa marah, kecewa, dan sedih. Nah, biar kamu gak bingung lagi, ada 5 cara bijak nih untuk menghadapi sahabat ini. Yuk dicoba!

1. Tanyakan secara langsung alasan dia melakukan hal tersebut

Ini 5 Cara Bijaksana Hadapi Sahabat yang Menusukmu dari Belakangpexels/Elojah O'Donnell

Daripada kamu memendam kebencian seorang diri dan memilih menghindar dari sahabatmu ini, sangat lebih bijak jika kamu mengajaknya bertemu dan menanyakan alasannya melakukan hal tersebut. Dengan begini, kamu akan merasa lebih lega karena tau apa alasannya, dan mungkin saja kamu bisa memaafkannya suatu saat nanti.

2. Katakan betapa selama ini kamu sangat mempercayai dirinya

Ini 5 Cara Bijaksana Hadapi Sahabat yang Menusukmu dari Belakangpexels/fauxels

Jika kamu ingin menimbulkan efek jera dalam diri sahabatmu karena sudah berkhianat, marah-marah dan memakinya adalah tindakan yang keliru. Lebih baik jika kamu mengatakan betapa selama ini kamu mempercayai dirinya dan betapa kecewanya kamu pada perbuatannya tersebut. Jika dia masih menganggapmu sebagai sahabat, ungkapan kekecewaan ini justru lebih menusuknya lho.

Baca Juga: 4 Zodiak yang Dikenal Bermuka Dua, Suka Menusuk dari Belakang!

3. Gak usah ragu untuk mengucapkan terima kasih karena sudah menunjukkan sifat aslinya padamu

Ini 5 Cara Bijaksana Hadapi Sahabat yang Menusukmu dari Belakangpexels/Duong Nhan

Untuk menambah efek dramatis dari kebijakan hatimu dalam menghadapi sahabat yang berkhianat, kamu bisa mengucapkan terima kasih padanya karena sudah menunjukkan sifat aslinya padamu. Ungkapan terima kasih ini tentu akan menohok dia dan membuatnya berpikir dua kali sebelum melakukan hal yang sama dengan orang lain.

4. Pastikan dia tahu bahwa kamu gak terpengaruh dengan tindakannya yang menyakitkan tersebut

Ini 5 Cara Bijaksana Hadapi Sahabat yang Menusukmu dari Belakangpexels/Retha Ferguson

Sahabat yang menusukmu dari belakang, sama sekali gak perlu kamu buat lebih bahagia dengan menunjukkan betapa menderitanya kamu. Justru, kamu harus bisa membuat dia menyadari bahwa kamu gak terpengaruh sedikit pun dengan tindakannya yang sudah menyakitimu. Meskipun kamu kecewa, kamu gak akan membiarkan hal itu membuatmu jatuh terpuruk.

5. Balas dendam paling ampuh adalah dengan menunjukkan bahwa kamu tetap bisa bahagia

Ini 5 Cara Bijaksana Hadapi Sahabat yang Menusukmu dari Belakangpexels/Andrea Piacquadio

Cara balas dendam yang terbaik bukanlah dengan menunjukkan betapa hancurnya kamu atas perbuatannya, justru dengan menunjukkan bahwa kamu tetap bahagia maka kamu akan membuat dia kesal setengah mati. Tetaplah tersenyum dan nikmati hari-hari yang kamu jalani tanpa harus mempedulikan perbuatannya padamu.

Memang, kekecewaan pasti akan kita rasakan ketika seorang sahabat mengkhianati kepercayaan kita. Tapi, itu bukan alasan bagi kita untuk terus berduka dan gak lagi menaruh percaya pada orang lain. Karena, masih banyak kok orang baik yang bisa kita jadikan sahabat. Setuju gak?

Baca Juga: 5 Alasan Lebih Baik Mengkritik Langsung daripada Menyindir di Belakang

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya