Comscore Tracker

Merasa Lelah, Ini 5 Kesulitan yang Sering Dialami Orang Perfeksionis

Gak selamanya sifat perfeksionis itu mendatangkan kebaikan

Sifat perfeksionis biasanya dimiliki oleh orang-orang yang penuh perencanaan dan hidupnya seolah harus selalu berjalan sempurna. Sebenarnya, kita semua perlu tahu bahwa gak semua hal akan bisa sesempurna yang kita rencanakan, lho. Kejutan-kejutan kecil selalu ada untuk mewarnai hari-hari kita.

Sayangnya, bagi seorang perfeksionis, kejutan dalam hidup adalah sesuatu yang sangat tidak diinginkan kehadirannya karena akan mengganggu dan merusak semua rencana yang sudah dipersiapkan dengan matang. Makanya, seorang perfeksionis sering banget nih mengalami beberapa kesulitan ini. 

1. Kamu sering kelelahan dengan beban tugas yang rasanya berat sekali

Merasa Lelah, Ini 5 Kesulitan yang Sering Dialami Orang Perfeksionisunsplash/@meganlewis

Ketika mendapat sebuah tugas di kampus, atau saat memasuki dunia kerja, seorang yang perfeksionis akan merasa semua beban terasa begitu berat. Sebenarnya, bukan karena pekerjaan tersebut berat, seringkali hal ini terjadi karena si perfeksionis terlalu ingin menghasilkan sesuatu yang sempurna. Padahal, sedikit kesalahan kecil akan membuat kita bisa belajar di kemudian hari.

2. Kamu hampir tidak punya waktu untuk bersantai

Merasa Lelah, Ini 5 Kesulitan yang Sering Dialami Orang Perfeksionisunsplash/@rawpixel

Jika kamu adalah si perfeksionis sejati, "bersantai" hampir tidak ada dalam kamusmu. Setiap waktu dalam hidupmu adalah sesuatu yang berharga dan gak akan terganti. Sehingga, kamu selalu memaksimalkan itu untuk bekerja dan melakukan sesuatu yang bermanfaat. 

Meskipun ini adalah tindakan yang bijak, tapi lebih bijak lagi jika kita bisa membagi waktu dengan baik. Bersantai dan beristirahat juga diperlukan, lho. Terutama jika kinerja kita sudah menurun karena terus menerus diforsir.

Baca Juga: Tak Hanya Perfeksionis, Ini 6 Sifat Scorpio yang Perlu Kamu Ketahui!

3. Mau berangkat ke manapun dan melakukan apapun, kamu kerepotan sendiri

Merasa Lelah, Ini 5 Kesulitan yang Sering Dialami Orang Perfeksionisdramabeans.com

Seorang perfeksionis sangat menyukai berada di tempat yang merupakan zona nyamannya. Sehingga, ketika harus berpindah tempat atau melakukan sesuatu yang baru, si perfeksionis akan kerepotan melakukan segala hal.

Berbeda dengan orang yang cenderung santai dalam menjalani hidup, orang perfeksionis akan kelimpungan dan merasa khawatir jika tempat barunya tidak sesuai yang diharapkan. Sehingga akhirnya dia menyiapkan segala hal dengan teliti dan cenderung berlebihan.

4. Saat yang lain bisa menikmati suasana, kamu seringkali merasa tegang dan banyak pikiran

Merasa Lelah, Ini 5 Kesulitan yang Sering Dialami Orang Perfeksionisunsplash/Studio Republic

Bahkan di saat teman-teman atau keluarga atau rekan kerjamu bisa menikmati suasana libur, kamu selalu merasa tegang dan penuh kegundahan. Bukan karena pemandangan di depan mata gak bisa menyita perhatianmu, hanya saja otakmu sudah dipenuhi dengan berbagai rencana dan perhitungan waktu. 

Semua yang terlalu terencana ujung-ujungnya bisa jadi gak menyenangkan, lho. Lebih rileks lagi ya, guys.

5. Kamu merasa stress jika sesuatu berjalan tidak sesuai dengan rencanamu

Merasa Lelah, Ini 5 Kesulitan yang Sering Dialami Orang Perfeksionisunsplash.com/Laurenz Kleinheider

Kesulitan utama yang dihadapi si perfeksionis adalah saat sesuatu terjadi di luar rencananya. Perencanaan matang yang sudah dibuat berhari-hari sebelumnya bisa tiba-tiba buyar gara-gara hal sepele. Saat situasi ini terjadi, si perfeksionis akan gugup bukan main dan merasa stress. 

Ingat guys, kita hanya manusia. Makanya gak ada yang namanya sempurna seratus persen. Sebaik apapun persiapan yang kita lakukan, apa saja bisa terjadi sehingga merusak semuanya. 

Gak masalah kok untuk menjadi gak sempurna, selama kita sudah melakukan yang terbaik yang bisa kita lakukan. Terus semangat ya.

Baca Juga: 5 Tanda yang Menggambarkan Pribadi Perfeksionis, Kamu Termasuk?

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You