Comscore Tracker

5 Penyebab Seseorang Gagal Konsisten dalam Berusaha, Yuk Hindari!

Gagak konsisten, ya gagal sukses

Siapa pun pasti tahu, bahwa salah satu kunci sukses adalah dengan konsisten. Apa pun yang sedang ditekuni, maka kamu wajib untuk konsisten dalam hal tersebut.

Gak ada batas waktunya, itulah yang terkadang membuat konsisten cukup sulit untuk dilakukan. Ditambah lagi, memang ada banyak tantangan yang membuat seseorang cukup sulit menerapkan konsistensi ketika sedang berusaha. Berikut lima penyebab mengapa akhirnya seseorang gagal konsisten dalam berusaha.

1. Niat dan tujuan yang keliru sedari awal

5 Penyebab Seseorang Gagal Konsisten dalam Berusaha, Yuk Hindari!ilustrasi goals (pexels.com/DS stories)

Konsisten akan sulit diterapkan ketika sedari awal niat dan tujuanmu sudah keliru. Misalnya, ketika ingin berhasil menjadi juara kelas, tapi ternyata tujuanmu hanyalah agar membuat orang lain merasa iri. Ini sudah menunjukkan kekeliruan yang menyebabkan usaha untuk mewujudkannya jadi gak maksimal dan gak sepenuh hati. 

Jangankan untuk konsisten, untuk memulai usaha dari awal pun pasti jadi setengah-setengah. Sebab, tujuan yang gak benar akan mendatangkan usaha yang juga gak seberapa kuat. 

2. Gak siap dengan komentar negatif

5 Penyebab Seseorang Gagal Konsisten dalam Berusaha, Yuk Hindari!ilustrasi menutup telinga (pexels.com/Yan Krukov)

Ketika mulai berusaha menekuni sesuatu, apa pun itu bentuknya, akan selalu ada cibiran negatif di awal. Entah itu datangnya dari orang yang gak dikenal atau juga dari mereka yang dekat denganmu, seperti teman atau keluarga.

Jika gak pandai mengelola hati dan pikiran, ini bisa bikin mental kamu down dan akhirnya menyerah. Tekad yang kuat pun bisa roboh akibat komentar negatif. Gak mempersiapkan diri dari awal akan membuat kamu gagal konsisten dalam berjuang. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Konsisten dengan Pembicaraanmu

3. Gampang bosan dan fokusmu mudah teralihkan dengan hal lain

5 Penyebab Seseorang Gagal Konsisten dalam Berusaha, Yuk Hindari!ilustrasi orang mengambil foto (pexels.com/SHVETS production

Meskipun tahu bahwa konsisten adalah kunci sukses, gak sedikit juga yang gagal menerapkannya karena terlalu mudah teralihkan dengan hal lain. Orang semacam ini adalah tipikal yang gampang bosan dan juga gampang terpengaruh omongan orang lain.

Ketika ada yang bilang bahwa bisnis Z lebih menguntungkan, misalnya, mereka segera pindah haluan tanpa pikir panjang. Terus menerus begitu dan gak menyelesaikan satu usaha yang sedang ditekuni hanya menyebabkan keberhasilan semakin jauh dari kenyataan. Justru, kamu  akan merasa sering gagal karena gak pernah sukses dalam satu bidang tertentu. 

4. Gak mengatur waktu dengan baik

5 Penyebab Seseorang Gagal Konsisten dalam Berusaha, Yuk Hindari!ilustrasi belajar dengan giat (pexels.com/Andrea Piacquado)

Gak memiliki kemampuan dalam mengatur waktu dengan baik juga bikin konsisten gagal diterapkan. Padahal, waktu adalah sesuatu yang harus bisa kamu gunakan sebaik mungkin.

Mengatur waktu dengan tepat akan membuat apa pun yang direncanakan jadi bisa terwujud. Sementara, ketika kamu gak bisa mengatur waktu, sering melakukan hal yang gak berguna, atau malas-malasan, bisa dipastikan kesuksesan jadi susah menghampiri. Jadi, teruslah berusaha untuk mengatur waktu sebaik mungkin agar bisa berhasil dalam kehidupan. 

5. Ingin mengharapkan hasil yang instan

5 Penyebab Seseorang Gagal Konsisten dalam Berusaha, Yuk Hindari!ilustrasi orang membeli barang (Pexels.com/Tim Samuel)

Konsisten sulit diterapkan jika mindset kamu hanya fokus untuk mengharapkan hasil sesegera mungkin. Padahal, yang namanya sukses tentu butuh proses ya gak sebentar. Apalagi jika keberhasilan yang diinginkan adalah hal yang cukup besar. 
Mengharapkan hasil yang instan dan langsung terlihat begitu mulai berusaha, membuat semangat cepat surut. Alhasil, lama-kelamaan kamu gak lagi punya semangat sekuat itu ketika hasilnya gak kunjung terlihat. 

Gagal konsisten gak hanya memberi pengaruh buruk pada proses kamu menuju kesuksesan. Namun juga membuat mentalmu jadi gak tangguh dan perjuangan yang dilakukan terasa sia-sia. Padahal, konsisten sangat berperan penting dalam mengantarkanmu menuju tujuan yang diimpi-impikan. Tetap konsisten terus, ya. 

Baca Juga: 5 Risiko jika Gak Konsisten ketika Memutuskan untuk Membuka Usaha

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya