Comscore Tracker

Kurang Mengenal Diri, 5 Penyebab Seseorang Merasa Gak Layak Dicintai

#IDNTimesHype Cintai diri sendiri dulu, deh!

Pernah gak sih kamu mengalami perasaan di mana rasanya dirimu begitu gak layak dan gak pantas mendapatkan cinta oleh orang lain? Kemudian, ketika ada seseorang yang mendekatimu dengan modus percintaan, kamu malah insecure dan menarik diri dari orang tersebut? Kalau begini, yakin nih gak ada yang salah denganmu?

Padahal kenyataannya, gak ada satupun manusia di dunia ini yang gak pantas dicintai. Karena semuanya juga sama-sama berhak untuk merasakan perasaan indah ini dan meraih kebahagiaan. Jadi, kenapa sih rasa gak layak dicintai itu bisa muncul? Ini nih lima penjelasan singkatnya.

1. Pengalaman pahit masa lalu

Kurang Mengenal Diri, 5 Penyebab Seseorang Merasa Gak Layak Dicintaiunsplash.com/Nijwam Swargiary

Gak bisa disangkal, masa lalu yang kita alami, pasti akan memberi pengaruh pada masa kini yang sedang kita hadapi. Bagaimanapun juga, yang namanya pengalaman di masa lalu, sedikit banyak akan berkontribusi pada cara kita memandang dunia. Pengalaman pahit masa lalu bisa jadi penyebab kenapa seseorang merasa gak layak mendapatkan cinta dari siapa-siapa.

2. Kurang mencintai dan masih belum berdamai dengan diri sendiri

Kurang Mengenal Diri, 5 Penyebab Seseorang Merasa Gak Layak Dicintaiunsplash.com/Jeremy Yap

Masih berkaitan dengan masa lalu, jika ingin perasaan gak layak dicintai itu hilang, maka yang harus kita lakukan adalah dengan berbaikan dan berdamai dengan semua itu. Termasuk dengan semua yang ada pada diri kita.

Memori buruk, perasaan bahwa diri ini gak sempurna, dan keyakinan bahwa kamu hanyalah sosok yang gak layak, harus bisa dilenyapkan dengan menumbuhkan rasa cinta pada diri sendiri. 

3. Keliru dalam mengartikan cinta itu sendiri

Kurang Mengenal Diri, 5 Penyebab Seseorang Merasa Gak Layak Dicintaiunsplash.com/Caleb Jones

Keliru dalam mengartikan cinta juga bisa jadi penyebab kamu merasa gak layak. Mungkin, definisi soal cinta dalam benakmu adalah sesuatu yang begitu penuh ekspektasi. Mungkin juga kamu merasa bahwa cinta hanyalah milik mereka yang sempurna secara fisik aja. Kalau begini sih, sudut pandangmu lah yang harus dibenahi. 

Baca Juga: 10 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Coba Untuk Menerapkan Self-Love

4. Menyimpan terlalu banyak emosi dan pikiran negatif

Kurang Mengenal Diri, 5 Penyebab Seseorang Merasa Gak Layak Dicintaipexels.com/mikoto.raw

Seseorang yang penuh dendam, kebencian, dan berbagai emosi negatif dalam benaknya, pasti akan merasa cinta itu adalah sesuatu yang jauh banget darinya. Mencintai dan dicintai adalah dua kata yang gak akan terpikirkan olehnya karena semua emosi negatif telah memenuhi ruang hatinya. Duh, jangan sampai kita jadi orang yang begini ya. 

5. Belum bisa meraih kebahagiaan seutuhnya

Kurang Mengenal Diri, 5 Penyebab Seseorang Merasa Gak Layak Dicintaiunsplash.com/Fuu J

Cinta dan kebahagiaan adalah dua kata yang sulit dipisahkan. Keduanya saling berkaitan dan saling memberi pengaruh satu sama lain. Jadi, bagi mereka yang merasa hidupnya selalu menderita dan jauh dari kebahagiaan, maka akan sangat sulit pula untuk merasakan apa itu cinta. Sehingga, pemikiran bahwa mereka gak layak untuk dicintai pun bisa muncul. 

Cinta adalah perasaan yang gak bisa kita lihat namun bisa dirasakan dengan sangat jelas. Gak ada satupun orang yang gak layak untuk dicintai. Hilangkan pemikiran tersebut dari dirimu jika sampai saat ini kamu masih meyakininya. Temukan penyebab munculnya anggapan negatif tersebut dan segera benahi sudut pandangmu. Siap mencoba?

Baca Juga: 5 Hal dalam Hidup Sehari-hari Ini Ternyata Bagian dari Self-Love

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya